Media

Bagaimana cara ngobrol dengan atasan tanpa canggung?
By Maria Yuniar - 18 September 2018
5 min read 680 Views

Memulai diskusi yang terbuka dan jujur dengan atasan mungkin sedikit membuatmu canggung. Apalagi bila kamu tak terlalu dekat dengannya. Meski begitu, dalam pekerjaan, kamu tetap membutuhkan masukan dan saran darinya. (Baca juga: Ajukan 3 pertanyaan ini jika atasan terus tolak idemu)

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa mulai menunjukkan keinginanmu untuk berkembang. Hal ini akan membuat nilai dirimu berkembang di mata atasan karena kamu adalah orang yang terbuka dengan segala masukan. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih percaya diri untuk membuka obrolan dengan atasanmu. Selain itu, kamu juga bisa gunakan enam tips berikut untuk tak terlihat canggung ketika mengobrol dengan atasan.


Sumber: careeraddict.com

 

PIlih topik sederhana untuk atasan

Untuk mencairkan suasana, kamu bisa mengajak atasanmu berdiskusi soal presentasi di kantor atau sekadar meminta masukan darinya. Tak ada salahnya bagimu untuk memberikan atasanmu beberapa pertanyaan, seperti “Bagaimana presentasi tentang X tadi?” atau “Saya masih bingung dengan ini, apakah ada masukan dari Anda?” (Baca juga: 6 tipe atasan dan cara menghadapinya)

 

Awali obrolan

Dengan membuka obrolan bersama atasan, kamu bisa membuat atasanmu merasa bahwa kamu mulai terbuka dengannya. Ungkapkan saja hal-hal sederhana. Misalnya, “Saya merasa rapat tadi asik sekali, namun sepertinya bagian X harus sedikit diubah. Bagaimana menurut Anda?” (Baca juga: Ini pertanda atasan jatuh hati padamu)

 

Jadwalkan waktu dengan atasan

Bila one-on-one merupakan rutinitas di kantormu, kamu bisa menjadwalkan waktu dengan atasan untuk meminta masukan. Karena lewat kegiatan seperti ini, kamu bisa belajar untuk semakin terbuka dengan atasanmu dan begitu juga sebaliknya.

Selain itu, ketika kamu sudah mengetahui waktu untukmengobrol dengan atasanmu, kamu pun memiliki kesempatan lebih untuk menyiapkan apa yang akan kamu katakan.

 

Ajukan pertanyaan lebih lanjut

Bila atasanmu memberikan masukan atau saran atas performamu di kantor, tak ada salahnya bagimu untuk bertanya lebih lanjut bila ada hal yang kurang jelas. Kamu bisa mengajukan pertanyaan seperti, “Ketika Anda meminta saya untuk bekerja lebih efektif, saya belum terbayang. Bisa kah Anda memberikan contoh kasusnya?”

Karena semakin rinci jawaban atasan terhadapmu, semakin besar pula rasa nyaman mereka untuk berbicara terbuka di depanmu. Hal ini pun secara tak langsung akan meningkatkan rasa keterbukaan atasanmu.

 

Hindari kata kasar

Ketika berbicara dengan atasan, tentu kamu tak boleh menggunakan kata-kata yang terkesan kasar, apalagi menyuruh atasanmu. Misalnya, atasanmu baru saja memberimu masukan terkait suatu pekerjaan. 

Untuk meminta penjelasan lebih lanjut, kamu bisa membalas dengan, “Saya memahami mengapa Anda memberi masukan untuk hal ini. Saya akan sangat senang bila bisa mendengar masukan diri sisi Anda lebih lanjut. Namun, saya akan lebih senang lagi bila Anda bisa memahami terlebih dahulu bagaimana strategi yang akan saya terapkan.”

Ternyata, berbincang dengan atasan tak semenyeramkan yang kamu kira, bukan? Cobalah mulai terbuka dengannya.

 

Rekomendasi bacaan:
5 tanda kariermu sedang berkembang
4 cara untuk memotivasi karyawan agar rajin bekerja
Alasan baik dan buruk untuk tidak masuk kerja

 

Sumber:
themuse.com
liputan6.com

Tags:

  • kantor
  • pekerjaan
  • karyawan
  • atasan
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang