Register

careers

7 Tips jitu ngobrol dengan atasan tanpa canggung

Maria Yuniar

17 April 2020

cara-ngobrol-dengan-atasan-EKRUT.jpg

Memulai diskusi yang terbuka dan jujur dengan atasan mungkin sedikit membuatmu canggung. Apalagi bila kamu tak terlalu dekat dengannya. Meski begitu, dalam pekerjaan, kamu tetap membutuhkan masukan dan saran darinya. 

Guna menyiasati hal ini, kamu bisa mulai menunjukkan keinginanmu untuk berkembang. Hal ini akan membuat nilai dirimu berkembang di mata atasan karena kamu adalah orang yang terbuka dengan segala masukan. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih percaya diri untuk membuka obrolan dengan atasanmu.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan 7 tips ngobrol dengan atasan agar tak terlihat canggung berikut.

1. PIlih topik sederhana untuk atasan

atasan - EKRUT
Carilah topik sederhana untuk memulai obrolan dengan atasan - EKRUT

Untuk mencairkan suasana, kamu bisa mengajak atasanmu berdiskusi soal presentasi di kantor atau sekadar meminta masukan darinya. Tak ada salahnya bagimu untuk memberikan atasanmu beberapa pertanyaan, seperti “Bagaimana presentasi tentang X tadi?” atau “Saya masih bingung dengan ini, apakah ada masukan dari Anda?"

Baca juga: Jangan stres! Kamu masih bisa berdamai menghadapi atasan super nyebelin

2. Awali obrolan

atasan - EKRUT
Jangan selalu tunggu atasan memulai percakapan - EKRUT

Dengan membuka obrolan bersama atasan, kamu bisa membuat atasanmu merasa bahwa kamu mulai terbuka dengannya. Ungkapkan saja hal-hal sederhana. Misalnya, “Saya merasa rapat tadi asik sekali, namun sepertinya bagian X harus sedikit diubah. Bagaimana menurut Anda?” 

3. Jadwalkan waktu dengan atasan

atasan - EKRUT
Manfaatkan sesi one-one untuk ngobrol santai dengan atasan - EKRUT

Bila one-on-one merupakan rutinitas di kantormu, kamu bisa menjadwalkan waktu dengan atasan untuk meminta masukan. Karena lewat kegiatan seperti ini, kamu bisa belajar untuk semakin terbuka dengan atasanmu dan begitu juga sebaliknya.

Selain itu, ketika kamu sudah mengetahui waktu untuk mengobrol dengan atasanmu, kamu pun memiliki kesempatan lebih untuk menyiapkan apa yang akan kamu katakan.

4. Ajukan pertanyaan lebih lanjut

atasan - EKRUT
Tips ngobrol dengan atasan tanpa canggung adalah dengan tidak ragu mengajukan pertanyaan - EKRUT

Bila atasanmu memberikan masukan atau saran atas performamu di kantor, tak ada salahnya bagimu untuk bertanya lebih lanjut bila ada hal yang kurang jelas. Kamu bisa mengajukan pertanyaan seperti, “Ketika Anda meminta saya untuk bekerja lebih efektif, saya belum terbayang. Bisa kah Anda memberikan contoh kasusnya?”

Karena semakin rinci jawaban atasan terhadapmu, semakin besar pula rasa nyaman mereka untuk berbicara terbuka di depanmu. Hal ini pun secara tak langsung akan meningkatkan rasa keterbukaan atasanmu.

5. Hindari kata kasar

atasan - EKRUT
Hindari penggunaan kata-kata yang terkesan kasar - EKRUT

Tips ngobrol dengan atasan lainnya adalah memperhatikan penggunaan kata. Ketika berbicara dengan atasan, tentu kamu tak boleh menggunakan kata-kata yang terkesan kasar, apalagi menyuruh atasanmu. Misalnya, atasanmu baru saja memberimu masukan terkait suatu pekerjaan

Untuk meminta penjelasan lebih lanjut, kamu bisa membalas dengan, “Saya memahami mengapa Anda memberi masukan untuk hal ini. Saya akan sangat senang bila bisa mendengar masukan diri sisi Anda lebih lanjut. Namun, saya akan lebih senang lagi bila Anda bisa memahami terlebih dahulu bagaimana strategi yang akan saya terapkan.”

Baca juga: Cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita

6. Bicaralah tentang sesuatu yang kamu gemari

atasan - EKRUT
Tips ngobrol dengan atasan tanpa canggung adalah dengan membicarakan topik yang digemari seperti hobi - EKRUT

Jika kamu ragu ingin ngobrol dengan atasan secara santai, cobalah mulai membicarakan tentang hal-hal yang kamu sukai seperti buku yang kamu baca atau proyek yang baru saja kamu selesaikan. 

Biasanya orang cenderung malu untuk mulai membagikan pandangan, ide atau passion mereka karena takut dihakimi, tapi tidak halnya dengan atasan. Bos kamu justru ingin melihat bahwa setiap karyawannya menikmati apa yang mereka lakukan. Tips ngobrol dengan atasan ini juga adalah salah satu tips yang bisa kamu lakukan bila arah pembicaraan terkesan terlalu formal.

Lagipula membagikan kegembiraan itu menural. Jadi tak usah ragu membagikan cerita tentang hal-hal yang kamu gemari ke atasan kamu. 

7. Ingatlah bahwa atasanmu juga manusia 

atasan - EKRUT
Berpikir terlalu berlebihan justru membuat kamu semakin canggung di hadapan atasan - EKRUT

Apakah nada bicaranya terdengar kesal? Apakah pertanyaan saya justru merusak moodnya? Apakah bos sebenarnya tidak menyukaiku? Kenapa jawabannya selalu singkat, apakah ada yang salah dengan saya? 

Pernahkah kamu berpikir seperti ini saat sedang ngobrol dengan atasan? Hentikan kebiasaan ini. Menganalisa secara berlebiihan atas setiap respon yang diberikan oleh atasan dalam percakapan justru dapat membuat percakapan dan interaksi kamu dengan atasan semakin terasa canggung dari waktu  ke waktu. 

Itu sebabnya hindari kecenderungan ini dengan selalu mengingat bahwa atasan kamu juga manusia. Dengan begitu kamu akan lebih santai dan tidak terlalu mengkhawatirkan hal-hal di luar konteks. 

Meski nampak menyeramkan, sebenarnya berbicara dengan atasan bukanlah hal yang mudah jika kamu tahu bagaimana cara yang tepat. Cobalah mulai terbuka dengan atasanmu dengan beberapa tips ngobrol di atas, ya!

 

cara ngobrol dengan atasan - EKRUT

Last update: 17 April 2020

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share