Media

Jangan stres! Kamu masih bisa berdamai menghadapi atasan super nyebelin
By Nelson Simbolon - 18 December 2018
5 min read 126 Views
Atasan yang nyebelin itu emang udah biasa tapi harus dihadapi dengan cara yang luar biasa ya!
Atasan yang nyebelin itu emang udah biasa tapi harus dihadapi dengan cara yang luar biasa ya!

Tak hanya oleh rekan kerja, idealnya kita juga mendapatkan dukungan dari atasan ketika bekerja di kantor. Sayangnya, tak semua atasan memiliki sikap yang suportif terhadap anggota timnya. Ada saja atasan-atasan yang sulit untuk diajak bertukar pikiran, memiliki kesulitan mengendalikan amarah, hanya bersikap baik pada orang tertentu, atau tidak kompeten dalam bidangnya. Untuk berdamai dengan karakter-karakter para atasan yang menyebalkan tersebut, ada beberapa cara di bawah ini yang dapat kamu terapkan.

 

Cari tahu alasannya

Semakin baik kamu mengenal atasanmu, semakin baik kamu bisa mengukur hasil kerjamu dari sudut pandang atasanmu. Cobalah untuk memahami bagaimana cara atasanmu memandang sesuatu, apa yang ia suka, apa yang ia tidak suka, apa ketakutannya, bagaimana ia berinteraksi, dan lain sebagainya.

 

Dukung atasan yang menyebalkan

Tips ini mungkin terdengar sedikit aneh, namun apa untungnya terus membicarakan kekurangan atasanmu? Sebaliknya, carilah kekurangan-kekurangan atasanmu yang bisa kamu lengkapi. Misalnya, atasanmu adalah orang yang sering terlambat. Bila begitu, kamu bisa membantunya dengan menyiapkan satu sesi rapat khusus bersama atasanmu. Bila atasanmu sering lama membalas pesan, cobalah untuk mengerjakan hal-hal lain terlebih dahulu sembari menunggu atasanmu merespon. Dengan membantu atasanmu seperti demikian, kamu telah membangun pondasi untuk kesuksesan dirimu karena membantu orang lain merupakan sebuah pekerjaan yang besar maknanya.

 

Tetap fokus pada diri sendiri

Sebenarnya, mudah saja bagimu untuk keluar dari pekerjaan. Namun, dengan begitu, kamu tak akan mendapatkan pelajaran apa pun untuk masa depanmu. Cobalah untuk bertahan dengan atasanmu dan belajar untuk mengendalikan diri. Jadikanlah dirimu sebagai orang yang ingin kamu jadikan sebagai panutan.

Bila atasanmu merupakan seseorang yang emosional, belajarlah untuk menahan diri dan tidak merespons balik dengan emosional. Bila apa yang dilakukan atasanmu sudah cukup keterlaluan, sampaikan keluhanmu melalui bagian personalia. Jangan pernah kamu kebablasan sampai menjelek-jelekkan atasanmu di depan banyak orang karena hal tersebut akan menurunkan reputasimu sendiri.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags:

  • atasan
  • perusahaan
  • karyawan
  • pekerjaan
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang