Published on

Technology

Pengetahuan Bandwidth, Jenis, Contoh, dan 4 Tips Mengoptimalkanya

Sartika Nuralifah

H1_Pengetahuan_Bandwidth__Jenis__Contoh__dan_4_Tips_Mengoptimalkanya.jpg

Bandwidth adalah sebuah komponen penting yang berfungsi untuk melancarkan sebuah jaringan. Beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah bandwidth adalah perangkat, jumlah pengguna, data yang ditransfer, spesifikasi komputer server serta pengguna dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui informasi seputar bandwidth, simak terus artikel ini!

Apa itu bandwidth Internet?


Nilai konsumsi transfer data antara server dan klien dalam waktu tertentu disebut bandwidth internet. Sumber: Pexels

Bandwidth internet adalah kapasitas transfer data suatu jaringan komputer dalam bit per second (Bps). Selain itu, bandwidth internet dapat diartikan pula sebagai volume dari informasi yang dapat dikirim dari satu titik ke titik lainnya melalui suatu koneksi atau sambungan dalam waktu tertentu. Bandwidth internet akan ada jika terdapat dua buah perangkat saling terhubung. Satu perangkat sebagai host dan satu perangkat lainnya sebagai klien.

Bagaimana cara kerja bandwidth internet?


Untuk mendapatkan jaringan yang cepat, diperlukan bandwidth internet yang besar. Sumber: Pexels

Bandwidth biasanya dihitung dalam hitungan bit per second, hal ini berbeda dengan byte dalam ukuran sebuah file. Bit pada bandwidth internet adalah ukuran data dalam transfer data. Maka, jumlah bit akan berbanding lurus dengan besaran bandwidth internet yang dimiliki.

Karena sebuah bandwidth internet adalah sebuah data yang dapat diterima atau dikirim dalam waktu tertentu, maka semakin besar bandwidth internet yang kamu miliki, semakin cepat pula jaringan yang dapat digunakan untuk mengirim serta menerima banyak data dalam satu waktu. Bandwidth internet berperan sebagai pembatas seberapa besar data yang bisa untuk diterima.

Baca juga: Routing: Pengertian, cara kerja, macam-macam, dan jenis algoritma routing

Fungsi bandwidth Internet


Bandwidth internet berfungsi sebagai media pengirim data. Sumber: Pexels

Berikut penjelasan mengenai fungsi-fungsi dari bandwidth internet.

1. Pembagi kecepatan transfer data

Bandwidth internet berfungsi sebagai pembagi kecepatan transfer data. Kecepatan yang terdapat di dalamnya akan dengan adil disebarkan kepada seluruh penggunanya. Biasanya, pembagian kecepatan transfer data akan dibatasi agar pengguna lainnya tidak berebut bandwidth internet. Jika kecepatan transfer data tidak dibagi, maka seluruh bandwidth internet memungkinkan untuk dialokasikan kepada jaringan yang hanya digunakan oleh satu pengguna dan pengguna lain tidak akan mendapatkan bandwidth internet.

2. Mengatur besaran data yang akan ditransfer

Selain sebagai pembagi kecepatan transfer data, bandwidth internet juga berfungsi untuk mengatur besaran data yang akan di transfer. Biasanya, administrator jaringan melakukan pembatasan pada data yang dapat diakses serta diunduh di internet,  sebuah trafik yang tinggi dengan waktu yang lama juga dapat mengganggu stabilitas sebuah jaringan. Maka dari itu, hal tersebut dapat mempengaruhi ketersediaan dari bandwidth internet.

3. Sebagai media pengiriman data

Bandwidth juga berfungsi sebagai media untuk pengiriman data. Bandwidth internet akan bermanfaat bagi jaringan yang berkaitan dengan distribusi jaringan pada komputer. Ukuran bandwidth internet akan dijadikan sebagai acuan untuk penyedia layanan terkait dengan koneksi internet. Pelayanan yang dinilai baik biasanya pelayanan dengan bandwidth internet yang jumlahnya besar.

Baca juga: 8 Fungsi mikrotik, jenis, dan cara pengaturannya yang tepat

Jenis-jenis bandwidth


Bandwidth analog dan bandwidth digital adalah bandwidth yang umumnya digunakan. Sumber: Pexels

Bandwidth internet memiliki dua jenis, diantaranya adalah bandwidth analog dan bandwidth digital. Berikut penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis bandwidth internet.

1. Bandwidth analog

Bandwidth analog merupakan jenis bandwidth internet dengan rentang frekuensi satuan Hertz. Dengan satuan tersebut, sinyal akan didapatkan dengan akurat. Bandwidth internet ini juga mempunyai ukuran yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis bandwidth digital.

2. Bandwidth digital

Bandwidth digital merupakan jumlah pulsa per detik yang diukur dalam bit per second. Bandwidth digital akan menggunakan sinyal digital dalam transmisinya. Bandwidth internet ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih lebar dibandingkan dengan bandwidth analog.

Baca juga: Network engineer: Pengertian, Tugas, Tanggung jawab dan Skills

Contoh bandwidth


Bandwidth pada komputer. Sumber: Pexels

Bandwidth internet biasanya digunakan pada komputer dan juga hosting. Berikut contoh dari bandwidth internet.

1. Contoh bandwidth pada komputer

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bandwidth internet adalah kecepatan jaringan untuk melakukan transfer yang dihitung per detik. Salah satu contoh bandwidth internet pada komputer adalah jika kamu menggunakan koneksi LAN atau Local Area Network, kecepatan data yang akan kamu dapatkan adalah 100 mbps. Hal tersebut dikarenakan semakin besar bandwidth internet pada sebuah jaringan maka data yang ditransfer akan semakin cepat.

2. Contoh bandwidth pada hosting

Selain pada komputer, kamu juga akan menemui bandwidth internet pada hosting. Bandwidth internet pada hosting umumnya berfungsi sebagai penentu berapa banyak pertukaran data yang akan terjadi pada sebuah akun hosting.

Baca juga: Mengintip 7 tren teknologi 2022 yang makin canggih

4 Tips mengoptimalkan bandwidth


Salah satu cara untuk optimalkan bandwidth internet  adalah melakukan update backup. Sumber: Pexels

Tips berikut ini dapat kamu lakukan sebagai usaha untuk mengoptimalkan bandwidth internet.

1. Optimalkan menggunakan Cloud

Upaya untuk mengoptimalkan bandwidth internet dapat kamu lakukan dengan menggunakan Cloud. Kamu dapat mengalihkan beberapa traffic kedalam jaringan pribadi. Cloud juga akan membantu kamu untuk mengurangi tekanan pada jaringan, sehingga kinerja aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan akan semakin baik.

2. Lakukan update backup

Melakukan update backup dapat mengurangi kinerja jaringan. Supaya tidak mengganggu trafik jaringan, kamu dapat melakukan update backup pada saat jam kerja. Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat mengoptimalkan bandwidth internet.

3. Menggunakan QoS

QoS ternyata bisa kami gunakan untuk mengoptimalkan bandwidth internet. Qos dapat kamu gunakan untuk memerintahkan trafik ponsel untuk mengutamakan membuka aplikasi tertentu, sehingga aplikasi yang tidak kamu gunakan dapat ditutup terlebih dahulu.

4. Menghilangkan aktivitas internet yang tidak penting

Aktivitas internet yang tidak penting ternyata dapat mempengaruhi kinerja dari fungsi bandwidth internet. Akan lebih baik jika kamu menghilangkan aktivitas internet yang tidak penting. Salah satu contohnya adalah untuk mengoptimalkan bandwidth internet dalam sebuah perusahaan, hal yang bisa dilakukan adalah memblokir lalu lintas jaringan pada situs tertentu agar bandwith internet lebih efisien.

Baca juga: 5 Cara Mempercepat Jaringan Wifi agar WFH Tetap Aman

Demikian informasi mengenai bandwidth beserta jenis bandwidth, contoh, dan cara mengoptimalkannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari seputar bandwidth internet. Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • lifeware.com
  • jagohosting.com
  • investopedia.com
  • exabytes.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Microsoft_Azure.jpg

    Technology

    Mengenal Microsoft Azure, Cara Kerja, dan Manfaatnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    cover_(1).jpg

    Technology

    10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022

    Detty Risetya

    06 July 2022
    6 min read
    Apa_itu_Database-Berikut_Pengertian__Manfaat__Jenis_Serta_Fungsinya.jpg

    Technology

    Apa Itu Database? Berikut Pengertian, Manfaat, Jenis, serta Fungsinya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    06 July 2022
    6 min read

    Video