Published on

Careers

Network engineer: Pengertian, Tugas, Tanggung jawab dan Skills

Nur Lella Junaedi

network-engineer-adalah-EKRUT.jpg

Jika kamu ingin mengembangkan karier di bidang IT, maka bekerja sebagai network engineer bisa jadi pilihan untuk kamu pertimbangkan. 

Biasanya perusahaan membutuhkan posisi tersebut untuk mengelola dan memastikan jaringan di dalam perusahaan tetap stabil. Jika kamu ingin mengenal lebih jauh mengenai tugas dan peran seorang network engineer, ulasan berikut penting untuk kamu perhatikan. 

Seperti apa pekerjaan Network Engineer

network engineer adalah EKRUT 
Dengan menjadi network engineer kamu bertanggung jawab dengan jaringan di dalam perusahaan - EKRUT

Network engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, membangun hingga mengelola jaringan untuk memastikan jaringan di perusahaan bisa bekerja dengan baik. 

Bila perusahaan kamu menggunakan jaringan yang tersambung satu sama lain ketika bekerja, kemungkinan perusahaan akan membutuhkan network engineer ketika terjadi masalah dalam jaringan tersebut. 

Meski begitu kebutuhan akan profesi ini tergantung dari cakupan bisnisnya. Pada bisnis yang terbilang kecil dan tidak menggunakan banyak jaringan  biasanya peran network engineer akan disatukan dengan jabatan IT support. 

Lingkup kerja IT Support sendiri biasanya berhubungan langsung dengan end user, seperti membantu mengurusi printer yang error, komputer yang mengalami hang, komputer yang terkena virus, menginstal perangkat keras, perangkat lunak, jaringan dan sebagainya.

Sementara, pada perusahaan dengan cakupan bisnis yang lebih besar profesi IT Support dan network engineer itu dibedakan. 

Berbeda dengan IT Support, network engineer adalah profesi yang lebih khusus. Tugasnya mengurusi berbagai hal tentang jaringan, contohnya server, router, switch dan firewall. 

Baca juga: Mengenal peran dan tugas Senior Software Engineer Tokopedia

Tugas dan tanggung jawab Network Engineer

network engineer adalah EKRUT
 
Tugas network engineer salah satunya adalah menyelidiki adanya kesalahan dalam jaringan - EKRUT

Selain kerap disamakan dengan IT Support, pekerjaan network engineer juga sering dianggap sama juga dengan network administrator. 

Nah, agar tidak salah mengerti, coba perhatikan uraian tugas dan tanggung jawab network engineer berikut ini.  

  • Memasang, mengkonfigurasi dan mendukung peralatan jaringan termasuk akselerator WAN, server proxy, router, DHCP, DNS dan router. 
  • Menyelidiki apabila ada kesalahan dalam jaringan. 
  • Melaporkan status jaringan kepada pemangku kebijakan. 
  • Merancang dan mengimplementasi solusi jaringan baru atau memperbaiki jaringan yang ada. 
  • Pengadaan peralatan jaringan atau sub kontraktor yang terlibat dalam instalasi jaringan. 
  • Memaksimalkan kinerja jaringan melalui pemantauan dan pemecahan masalah berkelanjutan. 
  • Memperbaharui peralatan jaringan ke rilis firmware yang lebih baru. 

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi Network Engineer

network engineer adalah EKRUT 
Hard skill yang dibutuhkan network engineer adalah pemahaman tentang firewall dan keamanannya - EKRUT

Jika kamu ingin mengembangkan karier sebagai network engineer, pastikan kamu menguasai beberapa hard skills dan soft skills berikut ini.

Hard skills Network Engineer 

Beberapa daftar hard skills yang dibutuhkan oleh seorang network engineer adalah: 

  • Memiliki pemahaman tentang firewall dan keamanannya

Faktor keamanan jaringan dalam suatu perusahaan sangat penting, apalagi jika jaringan tersebut menangani data yang diatur. 

Dengan banyaknya kasus pencuri data pelanggan, tentu kebutuhan akan keamanan ini sangat penting bagi perusahaan. 

  • Pengetahuan tentang IoT 

Hard skills selanjutnya yang sebaiknya diketahui oleh network engineer adalah pengetahuan tentang Internet of thing (IoT). 

IoT diperkirakan akan berdampak besar pada lalu lintas jaringan, keamanan dan infrastruktur karena semakin banyak bisnis yang tergantung pada perangkat IoT. 

  • Memiliki pemahaman tentang bahasa pemrograman

Akan sangat berguna ketika network engineer memiliki pemahaman tentang bahasa pemrograman, terutama bahasa automation friendly seperti Ansible, Terraform dan JAVA karena akan lebih banyak fungsi jaringan yang otomatis. 

Selain itu, pemahaman tentang Linux juga sangat dibutuhkan karena banyak jaringan yang menggunakan open source networking. 

  • Mengerti tentang konsep bandwidth management

Bila koneksi internet di kantormu lemot biasanya hal itu dipengaruhi oleh bandwith

Sebagai Network Engineer kamu harus mengerti tentang konsep manajemen bandwith ini karena kamu harus memaksimalkan kapasitas bandwith agar mencukupi bagi karyawan.

  • Memiliki pengetahuan tentang routing

Selain beberapa hard skills di atas, penting juga bagi seorang network engineer untuk memiliki pengetahuan tentang routing. Pasalnya dengan routing ini kamu bisa melakukan sharing printer atau file antar user dalam jaringan. 

  • Memiliki pemahaman terhadap DNS

DNS atau domain name system adalah pengetahuan dasar tentang internet dan sangat penting dalam pengoperasian jaringan yang terhubung ke internet. Bila DNS mati, maka kamu sebagai network engineer perlu memikirkan tentang network penggantinya.

Baca juga: Kenapa sih harus ubah pengaturan DNS?

Soft skills Network engineer 

Selain memiliki technical skills di atas, seorang network engineer juga sebaiknya  memiliki beberapa soft skill seperti: 

  • Perhatian terhadap detail terutama ketika menghadapi masalah jaringan yang sulit diselesaikan.
  • Problem solving. 
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik. 
  • Keterampilan perencanaan dan organisasi 
  • Kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi baru yang terus mengalami perkembangan.

Bila kamu berminat untuk bekerja sebagai network engineer biasanya kualifikasi yang dicari oleh perusahaan merupakan lulusan dari latar belakang pendidikan ilmu komputer, jaringan atau network management security. 

Akan menjadi nilai plus pula di mata perekrut, apabila kamu telah memiliki sertifikasi MTCNA (Mikrotik) untuk level staf pemula hingga sertifikasi CCNA (Cisco). 

Selain mengambil sertifikasi, akan lebih baik juga bila kamu bisa terus mempelajari networking baik melalui online course atau secara otodidak sehingga kamu pun bisa menjadi network engineer yang andal. 

network engineer adalah EKRUT

Sumber: 

  • newhorizons
  • medium
  • searchnetworking.techtarget
  • roberthalf
  • sdxcentral
  • jobdescriptionandresumeexamples

Tags

Share