Media

Begini 5 cara mengoptimalkan social listening
By Tsalis Annisa - 15 February 2019
4 min read 267 Views
Pahami cara mengoptimalkan social media listening - EKRUT
Pahami cara mengoptimalkan social media listening - EKRUT

Social listening adalah proses monitoring percakapan digital untuk memahami apa yang pelanggan katakan tentang brand dan industri online. Terutama tim marketing yang menggunakannya untuk mengidentifikasi pelanggan, maupun memberikan respons konsumen langsung terhadap pertanyaan, keluhan, dan komentar.

Hal ini juga digunakan untuk memunculkan feedback yang dapat membantu membedakan brand, produk maupun layanan mereka. Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan social listening?

1. Pelajari bahasa mereka

Untuk mengubah audiens target kamu menjadi pelanggan, kamu harus berkomunikasi dalam bahasa mereka. Dengan cara ini kamu dapat memposisikan pesan kamu kepada mereka yang ingin menggunakan brand dengan cara yang relevan. Mengumpulkan data pasar target harus menjadi langkah pertama kamu.

Lakukan riset sendiri dan buatlah kata-kata yang dapat diterjemahkan ke dalam topik atau tagra yang digunakan audiens target. Kamu dapat menggunakan keyword ini untuk mengoptimalkan konten kamu untuk audiens target.

2. Buat campaign

Marketing campaign dilakukan dengan tujuan mempromosikan suatu produk melalui beragam jenis media. Dalam hal ini, social media listening diperlukan untuk memantau perilaku pengguna. Dari keyword yang kamu buat, pilih yang paling relevan dengan brand kamu. Kemudian, pantau masing-masing menggunakan social listening tools. Sebagian besar tools akan memberi kamu laporan harian tentang jumlah mentions dan engagement.

3. Libatkan influencer

Berdasarkan penelitian, influencer marketing menghasilkan ROI yang lebih tinggi. Berkolaborasi dengan influencer yang berpikiran sama akan membantu kamu memanfaatkan influencer dan audience. Ceklah hashtag dan keyword dari influencer yang dapat mengarah ke niche.

Tambahkan mereka ke monitoring tools dan terus menganalisis posting dan tweet dari influencer paling aktif.  Buatlah campaign seperti yang kamu lakukan untuk klien. Pastikan untuk berkontribusi pada percakapan social media jika perlu. Dengan melakukan ini, kamu dapat menjangkau pasar baru dan meningkatkan kesadaran di sekitar produk.

4. Follow hashtag populer

Mengawasi hashtag populer dan temukan hashtag niche yang paling banyak digunakan menggunakan berbagai tools. Setelah mengidentifikasi keyword yang paling populer, pantau mereka menggunakan social media listening tools kamu. Carilah tren yang muncul dan bagaimana mereka meresponsnya.

5. Jangan berhenti melakukan riset

Satu-satunya hal yang permanen adalah perubahan dan untuk tetap relevan kamu perlu mempelajari hal-hal baru. Gali terus informasi yang berhubungan industri produk yang kamu tangani. Misalnya, apa brand yang menginspirasi kamu, atau kompetitor, lalu periksa strategi mereka dan bagaimana mereka menerapkannya. Hal ini akan memberi kamu ide dan tren baru yang dapat berharga untuk bisnis kamu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai social listening. Dengan mengoptimalkannya, kamu juga akan meningkatkan brand awareness serta profit marketing dari perusahaan kamu.

Rekomendasi bacaang:

Sumber:

Tags:

  • tools
  • media sosial
  • digital marketing. social media
  • social media listening
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang