Media

Begini caranya agar tak dimata-matai di Facebook
By Widyanto Gunadi - 26 May 2018
16 Views

Dengan Facebook, banyak orang dapat terhubung ke teman, sahabat, sanak saudara ataupun orang-orang yang belum kita kenal. Namun tahukah Anda, di saat kita menggunakan Facebook, ternyata kita juga ikut dimata-matai? Sebagai pengguna awal Facebook, Anda tentu boleh mengeksplorasi medsos tersebut secara bebas. Meski demikian, Anda harus ingat, ada beberapa rambu yang harus diperhatikan. Tidak semua orang di Facebook memiliki niat baik. Jadi, ikuti langkah-langkah di bawah ini agar Anda bisa Facebook-an dengan aman.

 

Atur settingan privasi

Gaul di media sosial boleh-boleh saja kok, tapi Anda sebaiknya mengatur settingan privasi agar tidak sembarangan orang dapat melihat profil dan konten Facebook Anda. Selain itu, jangan sembarangan approve teman. Approve teman yang Anda kenal saja.

 

Jangan posting informasi data diri terlalu lengkap

Facebook memang punya kebijakan agar semua orang yang memakai layanannya, mencantumkan nama asli agar kita selalu tahu dengan siapa kita terhubung. Meski demikian, jangan memajang nomor ponsel atau data diri lainnya terlalu lengkap pada profil Anda. 

Jika ini dilakukan, hacker nantinya bisa menggunakan informasi tersebut untuk menyebarkan spam. Yang lebih parah, orang lain yang dendam pada Anda bisa saja menggunakan info itu untuk mem-bully Anda. Semakin sedikit informasi pribadi di Facebook akan semakin baik.

Jangan memposting lokasi atau status Anda di rumah sendirian

Penjahat dan predator bisa menggunakan informasi lokasi untuk melacak Anda. Jangan pernah berpikiran bahwa hanya teman yang Anda approve saja yang dapat melihat informasi ini. Bagaimana jika teman Anda lupa log out saat ia menggunakan komputer publik atau akun mereka diretas? Orang asing jadi tahu informasi lokasi Anda dan berniat merampok karena tahu Anda sedang sendirian di rumah.

 

Laporkan aksi pelecehan atau postingan yang kasar

Jika Anda pernah merasa terancam, atau ada seseorang yang melecehkan Anda dengan mengirimkan pesan Facebook yang tidak diinginkan, atau Anda melihat postingan sesuatu yang kasar di wall publik, segera laporkan dengan mengklik "report abuse" pada postingan tersebut. Jika ada akun yang mem-posting gambar yang tidak Anda sukai, Anda punya hak untuk meng-untag diri Anda.

 

Pakai password yang kuat

Jika password Anda terlalu sederhana, orang lain bisa menebak dan masuk ke akun Anda. Anda juga tidak boleh memberi tahu password Anda kepada orang lain. Pastikan Anda selalu logout dari Facebook setelah selesai menggunakannya, terutama saat menggunakan komputer umum di perpustakaan, sekolah, atau tempat publik lainnya.

 

Think before posting

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda posting di Facebook, termasuk aib orang lain, dan masalah pribadi. Saat memposting sesuatu, ingatlah bahwa postingan itu dapat mempengaruhi orang lain. Karena itu jadilah pengguna Facebook yang bijak, think before posting.

Meski Anda bisa menghapus postingan Anda dari Facebook, bukan berarti tidak ada orang lain yang mengambil screenshot postingan itu sebelum Anda menghapusnya.

Sudah berapa lama Anda memiliki akun Facebook? Segera lakukan langkah-langkah di atas agar keamanan Anda terjaga di Facebook.

 

Rekomendasi bacaan:
Saat QR code dan Bitcoin dipakai untuk sedekah
5 profesi ini tawarkan gaji miliaran tanpa ngantor
Bekerja dan belajar, daya tarik di startup

 

Sumber:
cnbcindonesia.com
liputan6.com
jalantikus.com
detik.com 

Tags:

  • medsos
  • media sosial
  • Facebook
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang