Published on

Careers

Benci pekerjaanmu saat ini? Lakukan 9 hal berikut!

Maria Yuniar

woman-1733891__340.jpg

Tak semua karyawan di perusahaan menjalani pekerjaan impian mereka. Ada yang harus bergelut dengan profesi yang sebenarnya kurang disuka. Setelah terbiasa, sebagian karyawan berhasil menemukan keasyikan dan memutuskan untuk bertahan.

Sayangnya, hal tersebut tidak dialami semua karyawan. Bahkan tak jarang yang akhirnya memutuskan untuk resign saja. Apakah kamu pernah merasakannya? Jika demikian, kamu bisa memikirkan hal-hal ini supaya kebencianmu tak berkelanjutan.

Cari persoalan dalam pekerjaan

benci kerja - EKRUT
Cari tahu alasan kamu membenci pekerjaan yang sekarang - EKRUT

Sudahkah kamu mencari tahu faktor penyebab kebencian pada pekerjaan yang dijalani saat ini? Jangan-jangan, kamu cuma merasa tidak nyaman dalam lingkungan baru. Cobalah berikan waktu pada dirimu untuk menyesuaikan beradaptasi sebelum mengambil keputusan lebih jauh. Kamu mungkin perlu untuk menyesuaikan diri dengan prosedur, rekan kerja, dan budaya perusahaan yang baru.

Jika sudah mencari tahu faktor yang membuat kamu benci pada pekerjaan tetapi masih belum mendapat solusi, cobalah mengidentifikasi masalah inti yang dihadapi. Tulis masalah sejelas mungkin dan spesifik. Jika atasan baru lah yang menjadi sumber masalah, maka kamu perlu membuat perincian penyebab ketidakcocokanmu dengan pekerjaan saat ini. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan solusi untuk persoalan yang sedang kamu hadapi sekarang.

Ubah perilaku

benci kerja - EKRUT
Mulai benci pekerjaan, mungkin ini saatnya cari pekerjaan baru - EKRUT

Mungkin bukan atasan atau rekan kerja yang menjadikan kamu benci pada pekerjaan saat ini. Bisa saja yang menjadi masalah adalah sikapmu sendiri atau pengalaman buruk yang pernah kamu alami. Cobalah bersikap positif dan fokuslah pada hal-hal yang membuatmu menikmati pekerjaan sekarang. Jika tak ada satu hal pun yang bisa membuat perasaanmu senang, maka ini waktunya untuk mencari peluang di perusahaan lain. 

Bergabunglah dengan talent marketplace EKRUT. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk membuat CV baru dan mengirimkannya satu per satu ke setiap perusahaan incaranmu. Cukup dengan akun LinkedIn, kamu bisa sign up ke EKRUT dan membuka peluang bagi ratusan perusahaan serta startup yang mencari kandidat seperti kamu!

Fokus mengembangkan kemampuan 

benci kerja - EKRUT
Fokuslah untuk mengasah skill - EKRUT

Ketika kamu membenci pekerjaan, strategi selanjutnya adalah fokus pada pengembangan skill yang akan membuat kamu lebih berharga pada posisi atau pekerjaan yang baru berikutnya. 

Jika kamu fokus pada pengembangan keterampilan, maka waktu dalam pekerjaan yang kamu benci pun berjalan jauh lebih cepat. 

Bersikap profesional

benci kerja - EKRUT
Jagalah agar profesionalitas tetap terjaga - EKRUT

Jika kamu berencana untuk berhenti dari perusahaan saat ini, tetap lakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Jika atmosfer di kantor ternyata jadi kondusif, kamu tentu saja bisa mempertimbangkan untuk tetap bekerja di sana. Yang penting, selalu tunjukkan sikap profesional.

Ingat tujuan karier

benci kerja - EKRUT
Ingat apa tujuan karier kamu di awal - EKRUT

Ketika merasa suntuk dan benci untuk menjalani pekerjaan saat ini, coba ingat-ingat kembali tujuan karier yang kamu cita-citakan. Tanyakan pada dirimu sendiri, apakah profesimu saat ini bisa mendukungmu mencapai cita-cita dalam karier? Saat mengetahui target kariermu, maka kamu mampu menilai pekerjaan dari berbagai sudut pandang.

Baca juga: Tentukan tujuan karier dari sekarang! Begini caranya

Manfaatkan peluang 

benci kerja - EKRUT
Cari tantangan dengan terlibat pada banyak proyek - EKRUT

Saat tak menyukai pekerjaan yang tengah dilakoni, ada baiknya kamu melihat berbagai peluang. Peluang tersebut bisa berupa proyek atau kegiatan baru. Terlibat dalam proyek yang membuatmu bahagia akan menghasilkan pengalaman kerja yang menyenangkan. Menarik untuk dicoba, bukan?

Jangan lampiaskan kekesalan

benci kerja - EKRUT
Hindari bergosip meski benci dengan pekerjaan - EKRUT

Saat merasa tak suka dengan pekerjaan, bukan berarti kamu bisa memperlakukan orang lain seenaknya. Hindari bergosip di kantor tentang pekerjaan. Tak masalah mendiskusikan perbedaan pendapat dengan rekan kerja. Namun hati-hati, jangan sampai kamu menyulut pertengkaran.

Pindah divisi

benci kerja - EKRUT
Pertimbangkan untuk cari pengalaman di divisi lain - EKRUT

Pernah berpikir untuk mengganti pekerjaan tetapi tetap berada di perusahaan yang sama? Mengubah arah karier merupakan bagian dari seni bekerja. Kamu mungkin bisa melakukan hal yang lebih baik jika bekerja dengan tugas yang tepat. Berganti pekerjaan di divisi lain yang lebih cocok, tak harus membuat kamu resign, lho!

Perluas koneksi

benci kerja  - EKRUT
Networking penting bagi kesukesan karier - EKRUT

Banyak yang mengatakan bahwa 60 persen pekerjaan ditemukan melalui networking. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk memperluas koneksi. Bisa melalui orang tua, kolega, dosen, hingga teman masa kecil. Kamu tidak pernah tahu siapa yang akan menjadi perantara dari pekerjaanmu di masa depan. 

Baca juga: 12 Cara membangun networking untuk menunjang karier

Nah, bagaimana? Langkah mana yang akan kamu coba ketika merasa benci dengan pekerjaan saat ini? Yang penting, jangan tergesa-gesa mengambil keputusan dalam pekerjaan. Cobalah mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya terlebih dahulu.

benci kerja - EKRUT
Last update: 15 November 2020

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • forbes.com
     

Tags

Share