Register

careers

12 Cara membangun networking untuk menunjang karier

Tsalis Annisa

15 June 2020

cara-membangun-networking-EKRUT.jpg

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjang karier. Salah satunya adalah dengan membangun networking atau memperluas pertemanan dengan orang-orang di sekitar kamu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperluas pergaulan yang baik dan profesional yang kemudian dapat menunjang kariermu. Berikut beberapa cara membangun networking yang baik untuk menunjang kariermu.

5 Cara membangun networking 

cara membangun networking - EKRUT
Bergabung di komunitas menjadi salah satu cara membangun networking - EKRUT

Mulailah membangun networking dengan melakukan beberapa hal berikut ini: 

1. Prioritaskan apa tujuanmu

Tentukan apa yang menjadi kebutuhanmu, seperti tawaran pekerjaan, bimbingan, dan nasihat dalam karier. Dengan menentukan apa yang menjadi prioritas, kamu akan tahu siapa dan seperti apa orang yang akan membantu kamu dalam karier.

Mungkin mencari orang yang tepat tidak mudah di industri yang luas saat ini. Namun, apabila sudah tahu seperti apa orang yang penting untukmu, kamu bisa dengan mudah menemukannya.

2. Bergabung dengan komunitas alumni perguruan tinggi

Bergabung dengan komunitas alumni merupakan salah satu langkah yang baik untuk membangun networking. Dengan berbagai macam background pekerjaan yang berbeda, kamu akan menemukan banyak orang baru sekaligus memperluas jangkauan pertemanan. 

Cara termudah untuk menemukan beberapa komunitas tersebut adalah dengan menghubungi perguruan tinggimu atau melihatnya di media sosial professional seperti Linkedin.

3. Tempatkan dirimu pada pola pikir pencari kerja

Kebanyakan orang baru melakukan upaya untuk membangun networking ketika mereka sedang aktif mencari pekerjaan. Jika saat ini kamu sedang tidak mencari pekerjaan, cobalah mengadopsi pola pikir para pencari kerja dapat membantu untuk memperluas networking.

Sediakan waktu setidaknya 15 menit setiap harinya untuk menambah koneksi. Hal ini bisa dilakukan di LinkedIn. Perbanyaklah koneksi dan bertanyalah tentang pekerjaan mereka. Ini dapat membantu kamu untuk terhubung dengan sekelompok orang besar yang bisa membantu dikemudian hari.

Baca juga: 6 Manfaat networking bagi perkembangan karier

4. Meminta pertolongan

Jangan takut untuk meminta seseorang di lingkup pergaulanmu untuk memperkenalkan kepada seseorang yang mereka kenal. 

Di dalam bisnis, kebanyakan orang akan senang jika dapat menghubungkan seseorang dengan yang lainnya. Hal ini juga akan memperluas pertemananmu. 

5. Menjaga hubungan baik

Networking bukanlah bertemu atau hanya berbicara ketika kamu sedang membutuhkan sesuatu. Jika ingin memiliki koneksi yang luas, kamu harus menjaga hubungan tersebut. 

Hal ini penting karena jika sudah memiliki network yang cukup luas, tidak ada artinya jika kamu tidak menjaga hubungan tersebut secara berkelanjutan.

Cara membangun online networking

cara membangun networking - EKRUT
Manfaatkan LinkedIn untuk membangun online networking selama pandemi - EKRUT

Membangun networking tidak hanya dapat dilakukan dengan cara tatap muka langsung. Kamu pun dapat memanfaatkan platform media sosial untuk membangun online networking.

Dengan online networking,  kamu bahkan dapat menjangkau jejaring yang lebih luas dibanding tatap muka secara langsung. Mulai dari kelompok profesional dengan beragam latar belakang industri hingga dari berbagai kota dan negara. Lantas, bagaimana cara membangun online networking? Simak tips berikut 

1. Mulailah dari LinkedIn 

LinkedIn sudah dikenal sebagai salah satu situs yang digunakan oleh para profesional untuk membangun jejaring dalam karier. Manfaatkanlah platform ini untuk membuka koneksi dengan mantan rekan kerja, rekan kerja hingga orang-orang baru. 

Meski begitu pastikan sebelum membangun jejaring dari LinkedIn, kamu sudah memperbarui profil LinkedIn kamu secara profesional ya. 

2. Perluas platform media sosial yang digunakan 

Meski LinkedIn kerap dianggap salah satu platform yang tepat untuk membuka networking bagi profesional saat ini, namun tidak berarti kamu hanya dapat membangun online networking di sini saja. Jangan batasi diri hanya pada satu akun jejaring sosial. 

Kamu juga dapat membangun online networking misalnya dengan menggunakan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter, atau Pinterest dan Instagram  bila pekerjaanmu melibatkan komponen visual.  

Akan lebih baik lagi bila kamu dapat membangun situs pribadi sendiri. Selain berguna bagi personal branding, cara ini juga membuka peluang agar kamu dapat terhubung dengan orang-orang yang ingin mengenal dan mempelajari latar belakang profesional kamu. 

3. Pertimbangkan jaringan yang ada 

Sebelum membangun online networking dengan orang-orang baru, cobalah menjangkau koneksi yang sudah ada terlebih dahulu. Ini adalah cara yang bagus untuk mulai membangun online networking kamu. Sebab memulai membangun jejaring dari kontak yang kamu miliki saat ini dapat menawarkan rasa dukungan dan koneksi yang lebih besar.

Karena itu cobalah memulainya dengan menanyakan kabar terhadap mantan rekan kerja dan rekan kerja. Dari menjaga hubungan dengan jaringan yang ada, kamu tetap dapat memperluas networking dengan meminta mereka untuk memperkenalkan kamu ke orang-orang dalam koneksi  mereka. 

Baca juga: 6 Cara membangun personal branding di LinkedIn

4. Bergabung dalam grup di media sosial 

Cari dan bergabunglah dengan grup di media sosial yang memiliki bidang minat yang kamu cari. Ini bisa jadi di LinkedIn, Twitter atau Facebook. Kamu dapat menemukan diskusi-diskusi di grup tersebut yang dapat menghubungkanmu dengan orang-orang yang tepat dan dari latar belakang profesi yang sama dengan kamu.  

5. Jangan ragu tawarkan bantuan  

Saat membangun online networking tidak ada salahnya kamu menawarkan bantuan pada jejaring. Misalnya jangkau mereka dan tawarkan dirimu untuk menjadi referensi mereka. Mereka akan cenderung mengingatmu dan tidak ragu untuk membalas budi meski hanya dengan cara sederhana. Sebab networking bersifat timbal balik. 

6. Coba terhubung ke kehidupan nyata 

Meski kamu tetap dapat membangun networking secara online, namun tidak ada salahnya kamu membawa online networking tersebut ke kehidupan nyata.

Misalnya jika ada seseorang yang terhubung dengan kamu secara online dan ingin mengenalmu lebih baik atau berdiskusi, sarankan untuk bertemu secara langsung misalnya sekedar minum kopi atau makan siang. 

7. Bersabar 

Membangun online networking butuh waktu agar hubungan tetap berkembang. Ketika kamu terus membangun hubungan dengan konsisten,  kamu dapat menyelami lebih banyak detail dalam hubungan profesional kamu dan jejaring lainnya. Tidak menutup kemungkinan ini akan membukamu pada peluang menemukan potensi pekerjaan baru yang cocok untuk karier kamu. 

Meski begitu jangan terlalu memaksa, terutama bila tujuanmu adalah ingin mencari kerja dari jejaring yang ada. Hindari meminta pekerjaan secara langsung saat melakukan online networking. Cara ini justru akan merusak potensi keberhasilanmu di kemudian hari.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun networking yang baik demi menunjang kariermu. Dengan luasnya koneksi yang kamu miliki, kariermu akan lebih mudah dan baik ke depannya.

cara membangun networking - EKRUT
Last update: 15 Juni 2020

Sumber:

Tags

Share