Published on

Careers

5 Metode wawancara unik untuk gali potensi kandidat

Maria Yuniar

metode-wawancara-kandidat-unik---EKRUT.jpg

Setelah melakukan beberapa wawancara kerja, kamu akan menemukan jawaban dari kandidat yang terkesan biasa-biasa saja. Padahal, dalam wawancara, kamu sebagai perwakilan dari perusahaan harus bisa menggali potensi dari setiap kandidat.

Karena itu, kamu bisa mencoba metode interview kerja yang lebih menarik. Alih-alih melakukan wawancara di kantor, ada beberapa cara dan lokasi wawancara kerja yang lebih menarik dan membantumu menggali informasi lebih dalam dari kandidatmu dan mencari tahu potensi mereka. Misalnya seperti beberapa metode wawancara kerja unik berikut ini.

1. Restoran

metode wawancara kandidat unik - EKRUT
Metode ini juga cocok dilakukan bila kandidat tidak memiliki waktu luang untuk wawancara di luar jam kerja - EKRUT

Sebagai perekrut, kamu bisa mencoba melakukan wawancara kerja di restoran dengan suasana kerja yang lebih kasual dan tidak tegang bagi kandidat. Meski terkesan santai, kamu juga bisa memerhatikan cara kandidat berinteraksi dengan para waiters di sana, untuk melihat kesopanannya.

Selain itu, kamu bisa melakukan penilaian berdasarkan pilihan makanan kandidat. Tentu saja, untuk wawancara kerja kamu tidak akan memesan burger yang akan membuat mulutmu dipenuhi saus, bukan?

Baca juga: Kenapa perekrut susah dapatkan kandidat?

2. Walking meeting

metode wawancara kandidat unik - EKRUT
Metode ini bisa jadi alternatif caramu melihat kandidat bersosialisasi - EKRUT

Ide di balik walking meeting atau rapat berjalan adalah untuk membebaskan pikiranmu dan kandidat, agar mendapatkan energi yang lebih kreatif. Dengan kata lain, metode ini memungkinkan kamu dan kandidat untuk menjalani sesi wawancara yang lebih santai.

Bila kandidatmu merasa gugup, tawarkanlah kopi tanpa kafein atau minuman kalian. Sebab, memegang minuman di tangan saat berjalan-jalan akan memberinya bantuan untuk memfokuskan pikiran ketika sedang gugup. Dengan metode ini, kamu juga bisa melihat cara kandidat bersosialisasi.

3. Wawancara bersama tim

metode wawancara kandidat unik - EKRUT
Metode ini memberi peluang kandidat melihat langsung budaya perusahaan - EKRUT

Metode wawancara ini mungkin akan terasa sedikit berlebihan. Namun, bisa menjadi peluang besar bagi kandidatmu untuk merasakan budaya perusahaan yang sesungguhnya. Kamu bisa mengajak kandidatmu untuk menghadiri pertemuan rutin, berkontribusi pada proyek, atau bergabung dalam rapat di tim tertentu.

Dengan metode ini, kamu bisa melihat wawasan kandidat ketika berhadapan dengan masalah-masalah yang nyata. Ingat, kunci dari metode wawancara ini adalah untuk melihat besarnya minat kandidat untuk bekerja bersama orang-orang yang ada di perusahaan.

Baca juga: 5 Tips rekrutmen ini bantu kamu dapatkan kandidat terbaik

4. Ferries wheel 

metode wawancara kandidat unik - EKRUT
Perekrut dapat melihat kepribadian kandidat di suasana yang tak biasa - EKRUT

Meski metode wawancara ini tidak biasa, namun pilihan tempat yang unik dapat menjadi cara untuk membuat kandidat menurunkan pertahanannya. Dalam arti mereka bisa lebih lepas dan tidak lagi merasa gugup menghadapi wawancara. Salah satunya seperti metode wawancara yang dilakukan agensi iklan besar yakni Havas.

Havas mengadakan wawancara di dalam ferris wheel. Pemilihan tempat wawancara ini tidak hanya ditujukan untuk membuat kandidat lebih santai, namun juga sebagai pendekatan untuk menunjukkan budaya kerja perusahaan mereka yang menyenangkan.

Perusahaan ini membatasi setiap wawancara hingga dua kali putaran, yakni selama 15 menit. Beberapa keunggulan dari metode wawancara ini adalah perekrut bisa melihat kepribadian dan keterampilan para kandidat dalam suasana yang tidak konvensional. 

5. Carpool recruiting 

metode wawancara kandidat unik - EKRUT
Tempatkan kandidat pada suasana yang santai agar percakapan lebih mengalir - EKRUT

Metode wawancara lain dengan setting tempat yang unik adalah mengadakannya di dalam mobil.  Perekrut dapat melakukan wawancara sambil mengendarai mobil bersama kandidat.

Tujuan pemilihan tempat wawancara ini adalah agar kandidat bisa lebih santai dan percakapan bisa lebih mengalir. Selain itu perekrut juga dapat mengamati soft skills dan kepribadian kandidat dalam konteks baru

Metode ini pernah dilakukan oleh perusahaan Mercedes-Benz. Selain agar kandidat lebih santai, Mercedes-Benz memilih metode ini agar kandidat juga dapat melihat dari dekat produk perusahaan. Perusahaan pun dapat melakukan wawancara sambil menunjukkan keunggulan dari produk dan teknologi yang mereka ciptakan untuk menambah ketertarikan kandidat untuk memulai berkarier di Mercedes.

Dari kelima metode wawancara kerja di atas, kamu dapat memilih metode yang kamu anggap sesuai dan efektif bagi perusahaan kamu. Namun, perlu kamu ingat bahwa ada aturan-aturan tak tertulis dalam wawancara kerja yang masih berlaku. Perhatikan apakah kandidatmu datang tepat waktu, berpakaian dengan sesuai, dan menyiapkan pertanyaan dengan baik. 

metode wawancara unik - EKRUT

Last update: 7 Juni 2020

Sumber:

  • themuse.com
  • linkedin.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    5.Bagaimana_cara_Anda_untuk_menciptakan_lingkungan_kerja_yang_kondusif__(1).jpg

    Careers

    8 Pertanyaan Tentang Kepemimpinan Saat Interview Kerja beserta Jawaban Terbaiknya

    Gloria Renatha

    08 June 2022
    4 min read
    pexels-alex-green-5699475.jpg

    Expert's Corner

    Human Resources: Tugas, Tanggung Jawab, dan 5 Skill yang Wajib Dimiliki

    Chrissila Jessica

    06 June 2022
    5 min read
    H1_Human_Capital.jpg

    Careers

    Apa itu Human Capital? Inilah Pengaruhnya Bagi Ekonomi dan Pembangunan Sumber Daya Manusia

    Algonz D.B. Raharja

    29 April 2022
    5 min read

    Video