Media

Berani coba 3 metode wawancara ini untuk kandidatmu?
By Maria Yuniar - 30 August 2018
3 min read 209 Views

Setelah melakukan beberapa wawancara kerja, kamu akan menemukan jawaban dari kandidat yang terkesan biasa-biasa saja. Padahal, dalam wawancara, kamu sebagai perwakilan dari perusahaan harus bisa menggali potensi dari setiap kandidat.

Karena itu, kamu bisa mencoba metode interview kerja baru yang lebih menarik. Cara-cara baru ini juga bisa meningkatkan kemampuanmu dalam mencari tahu potensi para kandidat. Berikut ini tiga metode wawancara kerja baru yang bisa kamu coba.

 

Restoran

Sebagai perekrut, kamu bisa mencoba melakukan wawancara kerja di restoran dengan suasana kerja yang lebih kasual dan tidak tegang bagi kandidat. Meski terkesan santai, kamu juga bisa memperhatikan cara kandidat berinteraksi dengan para waiters di sana, untuk melihat kesopanannya.

Selain itu, kamu bisa melakukan penilaian berdasarkan pilihan makanan kandidat. Tentu saja, untuk wawancara kerja, kamu tidak akan memesan burger yang akan membuat mulutmu dipenuhi saus, bukan?

Kamu juga bisa melihat bagaimana kemawasan diri calon karyawanmu dari pilihan makanannya. Tentu saja, untuk wawancara kerja, kamu tak akan memesan burger yang akan membuat mulutmu penuh dengan saus, kan?

 

Walking meeting

Ide di balik walking meeting atau rapat berjalan adalah untuk membebaskan pikiranmu dan kandidat, agar mendapatkan energi yang lebih kreatif. Dengan kata lain, metode ini memungkinkan kamu dan kandidat untuk menjalani sesi wawancara yang lebih santai.

Bila kandidatmu merasa gugup, tawarkanlah kopi tanpa kafein atau minuman kalian. Sebab, memegang minuman di tangan saat berjalan-jalan akan memberinya bantuan untuk memfokuskan pikiran ketika sedang gugup. Dengan metode ini, kamu juga bisa melihat cara kandidat bersosialisasi.

 

Wawancara bersama tim

Metode wawancara ini mungkin akan terasa sedikit berlebihan. Namun, bisa menjadi peluang besar bagi kandidatmu untuk merasakan budaya perusahaan yang sesungguhnya. Kamu bisa mengajak kandidatmu untuk menghadiri pertemuan rutin, berkontribusi pada proyek, atau bergabung dalam rapat di tim tertentu.

Dengan metode ini, kamu bisa melihat wawasan kandidat ketika berhadapan dengan masalah-masalah yang nyata. Ingat, kunci dari metode wawancara ini adalah untuk melihat besarnya minat kandidat untuk bekerja bersama orang-orang yang ada di perusahaan.

Di samping tiga metode wawancara kerja di atas, perlu kamu ingat bahwa ada aturan-aturan tak tertulis dalam wawancara kerja yang masih berlaku. Perhatikan apakah kandidatmu datang tepat waktu, berpakaian dengan sesuai, dan menyiapkan pertanyaan dengan baik.

 

Rekomendasi bacaan:
22 kalimat pembuka email yang tidak membosankan
7 tips untuk meminta kenaikan gaji
Jepang memanfaatkan blockchain untuk promosi manga dan anime

 

Sumber:
themuse.com
idntimes.com

Tags:

  • interview
  • interview kerja
  • wawancara kerja
  • wawancara
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang