Careers

Berani keluar dari comfort zone demi karier?

Published on
Min read
4 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

to-reach-2697951__340.jpg

Ingin sukses dalam pengembangan karier tapi terjebak oleh comfort zone? Memang betul, comfort zone atau zona nyaman merupakan daerah yang sangat menjebak Anda. Sebab, cenderung “main aman” di tengah-tengah ketidakpastian memang sangat menguntungkan. Tapi, jika Anda ingin sukses dalam karier, maka doronglah diri Anda untuk segera keluar dari zona tersebut. Tidak mau kan hanya menjadi karyawan biasa di perusahaan? Nah, untuk membantu Anda keluar dari comfort zone Anda, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan pada diri Anda.

 

Bangun keyakinan

Niat dan keyakinan menjadi hal pertama dalam pengembangan karier. Bagaimana tidak? Tanpa adanya niat dan keyakinan, Anda akan berada di titik keraguan dan kebingungan dalam mengarahkan karier Anda. Tak hanya itu, Anda juga harus meyakini alasan Anda keluar dari comfort zone demi kebaikan diri Anda. Karena sampai saat ini masih banyak orang yang terjebak di zona nyaman. Mereka hanya memiliki keinginan tanpa keyakinan. Untuk itu jika Anda ingin keluar dari jebakan ini, maka Anda harus membangun sebuah keyakinan kuat bisa menjalaninya. Hal ini akan membantu Anda untuk bergerak keluar dari zona nyaman.

 

Tentukan tujuan karier

Selain yakin, Anda juga harus tahu tujuan karier Anda. Saat Anda sudah memiliki tujuan yang harus dicapai, maka hal ini akan menuntun Anda untuk memikirkan semua persiapan yang dibutuhkan. Satu hal yang harus Anda ingat, setiap pilihan itu memiliki risiko masing-masing. Jika tidak memiliki tujuan, maka Anda hanya akan semakin tenggelam.

 

Bangun jaringan

Membangun jaringan atau networking juga diperlukan untuk mengembangkan karir Anda. Mulai saat ini, perbaiki hubungan dengan atasan dan rekan kerja. Anda bisa menyampaikan update mengenai setiap proyek yang sedang berjalan. Selain itu, Anda bisa memberikan masukan agar kinerja bisa meningkat. Jagalah hubungan dengan rekan kerja. Sebab, mereka akan memberikan informasi serta dukungan dalam peningkatan karier.

 

Perluas sudut pandang

Sebaiknya, perluas sudut pandang Anda. Jangan menganggap masalah sebagai kendala.Namun, jadikan hal tersebut sebagai tantangan yang harus Anda taklukkan. Jangan ragu untuk melakukannya selangkah demi selangkah. Yang paling penting, jangan takut gagal. Sama halnya ketika keluar dari zona nyaman. Jadikan itu sebagai tantangan agar diri Anda semakin yakin dan meraih kesuksesan.

Sekarang, sudah tentukan karier Anda di masa depan? Bulatkan tekad dan tentukan tujuan Anda, agar karier semakin berkembang. 

 

Sumber:
fastcompany.com
cermati.com
segiempat.com
ikhtisar.com
jobstreet.co.id

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Cara_Menulis_Artikel_yang_Baik_Untuk_Pemula.jpg

    Careers

    10 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

    Anisa Sekarningrum

    19 December 2022
    5 min read
    ucapan_perpisahan_kerja_-_EKRUT.jpg

    Careers

    Tips Menyampaikan Kata-kata Perpisahan Kerja yang Berkesan beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    19 December 2022
    7 min read
    5.Bagaimana_cara_Anda_untuk_menciptakan_lingkungan_kerja_yang_kondusif__(1).jpg

    Careers

    8 Pertanyaan Tentang Kepemimpinan Saat Interview Kerja beserta Jawaban Terbaiknya

    Gloria Renatha

    16 December 2022
    5 min read

    Video