Media

Sudah sebulan lulus tapi belum dapat kerja juga?
By Widyanto Gunadi - 29 June 2018
4 min read 252 Views

Setelah lulus kuliah, para fresh graduates banyak yang ingin langsung bisa bekerja. Apakah Anda termasuk salah satunya? Akan tetapi, kenyataannya mencari kerja tak semudah itu. Banyak fresh grads yang sudah sebulan lulus, tapi belum juga dapat kerja. Bagaimana caranya agar bisa cepat mendapat kerja? Berikut ini beberapa tips yang patut Anda coba.

 

Buat perencanaan karier

Untuk dapat mencari pekerjaan yang sesuai, Anda perlu memiliki rencana yang matang. Setelah beberapa kali gagal diterima kerja, pastikan Anda memeriksa kembali rencana karier yang ingin diraih. Perusahaan besar biasanya, mencari kandidat dengan kualifikasi mumpuni. Jika Anda masih minim pengalaman, cobalah melamar ke perusahaan yang masih kecil, atau startup. Perusahaan seperti ini biasanya lebih terbuka, untuk menerima bekerja seorang lulusan baru.  

 

 

Hubungi teman yang sudah kerja 

Selama kuliah, pastilah Anda memiliki koneksi. Nah, sekarang saatnya manfaatkan koneksi tersebut. Hubungi teman-teman Anda yang telah mendapat kerja. Dengan rekomendasi orang dalam, biasanya perusahaan akan lebih mudah menerima Anda bekerja.

 

 

 

Bekerja freelance/part time 

Sembari menunggu kesempatan wawancara, tak ada salahnya Anda mengisi waktu dengan bekerja paruh waktu. Gunakan kesempatan ini untuk menambah pengalaman. Tak masalah jika pekerjaan itu kecil. Ini juga merupakan kesempatan bagus, untuk memperluas koneksi Anda. Anggaplah ini sebagai jembatan Anda, untuk mendapat karier yang lebih besar di masa mendatang. 

 

 

Konsultasi dengan kampus 

Mulailah berkonsultasi dengan pusat karier di kampus Anda. Para konselor akan dapat memberi arahan dan saran yang baik untuk Anda. Mereka juga dapat memberikan dukungan dan koneksi ke perusahaan yang mungkin akan menerima Anda bekerja. 

 

 

Latihan wawancara 

Jika Anda sudah berusaha dan tetap gagal diterima kerja, hentikan sejenak pencarian Anda. Saatnya Anda berlatih untuk wawancara. Perbaiki cara Anda berbicara dengan mempraktikannya di depan cermin. Anda juga bisa meminta bantuan pelatih wawancara, atau teman Anda untuk berlatih bersama. Hal ini berguna supaya ketika wawancara, Anda tak lagi gugup menghadapinya. 

 

 

Rekomendasi bacaan:
5 super skill incaran perusahaan di masa depan
Cara punya rumah dengan gaji di bawah Rp 10 juta
Anda dapat job offer? Lakukan 5 langkah ini

 

Sumber:
fastcompany.com
monster.com
forbes.com

Tags:

  • pekerjaan
  • kerja
  • lulusan baru
  • fresh grads
  • fresh graduate
  • fresh graduates
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang