Published on

Careers

Berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user? Ini jawabannya

Nur Lella Junaedi

Berapa-lama-menunggu-panggilan-kerja-setelah-interview-user---EKRUT.jpg

Banyak dari kandidat yang sering merasa cemas mengetahui berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user. 

Pasalnya di beberapa perusahaan, interview user menjadi penentu tahapan selanjutnya dalam proses rekrutmen. Jika kamu pun demikian, maka kamu perlu tahu berapa lama waktu tunggu yang diperlukan. 

Berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user?

Berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user - EKRUT
 Umumnya perekrut meminta waktu tunggu hingga 2 Minggu - EKRUT

Dalam beberapa kesempatan, perekrut kerap mengatakan untuk meminta waktu tunggu selama 2 Minggu. Akan tetapi lewat dari waktu tersebut, perekrut kerap tidak memberitahu. 

Bila melihat dari hasil riset lamanya waktu rekrutmen  berbeda-beda tergantung dari industri dan perusahaanya. Meski begitu, rata-rata proses perekrutan membutuhkan waktu sekitar 23 hari untuk menemukan kandidat yang ideal. 

Akan tetapi, untuk industri pemerintahan bisa lebih dari itu, biasanya perekrut memerlukan waktu hingga 58 hari. Sementara untuk industri restoran bisa jadi lebih cepat hanya memerlukan waktu sekitar 10 hari saja. 

Baca juga: 9 Tips lolos interview user dan contoh pertanyaannya

Mengapa perusahaan memerlukan waktu dalam proses perekrutan?

Mengapa perusahaan memerlukan waktu dalam proses perekrutan - EKRUT 
Salah satu alasan perusahaan lama menghubungi adalah karena menghindari proses biaya perekrutan yang buruk - EKRUT

Melihat dari hasil riset di atas, kira-kira kenapa ini bisa terjadi demikian? Sebab ada beberapa faktor yang mempengaruhinya di antaranya yaitu, 

Perusahaan menghindari proses biaya perekrutan yang buruk

Maksud dari biaya perekrutan yang buruk adalah saat perusahaan merekrut pekerja yang buruk dalam perusahaan. 

Dengan melakukan ini perusahaan akan dirugikan karena telah membayar orang yang salah, mengurangi produktivitas kerja, membuat reputasi perusahaan buruk, merusak reputasi dengan klien, kerja tim menurun hingga waktu manajer yang terbuang percuma. 

Untuk itulah perekrut memerlukan waktu yang lama sebelum akhirnya memutuskan kandidat yang tepat. 

Perusahaan membuat kualifikasi yang terlalu banyak dalam merekrut kandidat

Lantaran tidak ingin merasa salah dalam merekrut karyawan, sering kali perusahaan membuat kualifikasi yang terlalu banyak. Dengan harapan satu kandidat bisa menguasai beberapa keahlian sekaligus. 

Padahal ini tidak realistis bagi manajer, namun tampaknya ini cukup diupayakan untuk mencari kandidat yang dimaksud. 

Perusahaan melibatkan banyak pihak dalam merekrut

Perekrut atau HRD sering kali merasa kesulitan dalam menentukan kandidat yang tepat. Maka dari itu, perekrut melibatkan banyak pemangku kepentingan lainnya untuk membantu memilihkan kandidat yang cocok. 

Tetapi, semakin banyak yang terlibat justru menjadi lama dan sulit dalam membuat keputusan. Apalagi jika pemangku kepentingannya terbiasa bekerja di luar kantor, tentu tidak bisa memberikan pertimbangan dengan segera. 

Adanya perubahan

Alasan lain yang membuat perusahaan membutuhkan waktu saat merekrut adalah karena segalanya berubah begitu cepat. Apalagi saat pandemi seperti ini. 

Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin perusahaan menyadari tidak adanya anggaran untuk merekrut karyawan baru, atau sedang melakukan restrukturisasi atau mempekerjakan calon dari internal perusahaan. 

Baca juga: 9 Alasan kamu tidak dipanggil interview kedua kalinya

Tindak lanjut yang perlu dilakukan saat menunggu panggilan interview

Tindak lanjut yang perlu dilakukan saat menunggu panggilan interview - EKRUT
 Bila kamu merasa cukup lama sudah menunggu tak ada salahnya untuk mengirimkan email tindak lanjut - EKRUT

Bila peristiwa ini sedang terjadi kepadamu dan kamu mulai merasa gelisah karena ketidakjelasan tersebut, maka kamu bisa mengikuti beberapa tips tindak lanjut yang bisa kamu lakukan selama menunggu panggilan interview kerja.

1. Berikan waktu 5 hari kerja 

Setelah selesai interview kerja dan kamu tidak diberitahukan waktu tunggu oleh perekrut, maka sebaiknya hubungi HRD yang bersangkutan setelah 5 hari hingga 7 hari kerja. 

Hal ini memberi waktu bagi perusahaan untuk menjawab kenapa kamu tidak diberikan informasi lebih lanjut. 

2. Hargai waktu tunggu 

Akan tetapi, bila setelah interview selesai dan perekrut meminta waktu tunggu hingga 2 Minggu, maka pastikan untuk menunggu hingga selama waktu tersebut. 

Sebaiknya selama waktu itu jangan melakukan tindak lanjut apapun. Ini sebagai tanda bahwa kamu merupakan orang yang sabar serta mematuhi instruksi yang diberikan.

3. Memahami peran perekrut 

Butuh perasaan memahami dan lapang dada saat kamu belum dihubungi untuk proses rekrutmen selanjutnya. Bisa jadi karena perekrut memiliki kesibukan lain setelah proses interview selesai. 

Di samping itu, bisa juga karena terlalu banyak kandidat yang diwawancara sehingga sulit bagi dirinya mengabari kandidat tersebut satu persatu. 

4. Kirimkan email 

Jika setelah lima hari hingga 2 Minggu tidak ada jawaban yang diberikan oleh perekrut, tidak ada salahnya untuk mengirimkan email tindak lanjut atas proses rekrutmen tersebut. 

Tentunya email ini tetap harus sopan. Di dalamnya berisi ucapan terimakasih, menunjukkan antusiasme, meminta kejelasan informasi dan akhiri dengan nama dan kontak pribadi.

Dengan begitu perekrut akan melihat kamu berbeda dari kandidat lainnya. Adapun contoh email tindak lanjut setelah proses interview bisa kamu lihat di bawah ini. 

Dear Hiring Manager Perusahaan ABC, 

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berbicara dengan saya tentang peran Digital Marketing yang dibutuhkan oleh Perusahaan ABC, pada 22 Januari 2021 kemarin. 

Bersamaan dengan itu, saya juga ingin menanyakan tentang pembaharuan timeline status untuk mengisi posisi tersebut di perusahaan Anda. 

Apabila ada perubahan atau detail tambahan yang bisa saya berikan dengan senang hati saya akan membantu proses rekrutmen tersebut dan berharap agar anda bisa mengabari saya. 

Dengan hormat, 

Ezra

5. Melanjutkan mencari pekerjaan 

Setelah semua upaya tersebut kamu lakukan termasuk mengirimkan email tindak lanjut dan kamu masih tetap belum dihubungi, maka sebaiknya kamu mulai melanjutkan proses mencari kerja kembali.

Bahkan saat kamu merasa interview tersebut berjalan dengan baik dan yakin diterima itu tidak bisa menjamin kamu akan beruntung. 

Barangkali bukan di sana tempat terbaikmu untuk bekerja, lebih baik lanjutkan dengan perusahaan lain serta jangan pikirkan lagi.

Nah, dengan mengetahui berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user tersebut, kini kamu bisa mengira-ngira waktu ideal yang dibutuhkan oleh perekrut. 

Sehingga di waktu tunggu itu kamu bisa melakukan hal positif lain seperti melengkapi portofolio atau mungkin melamar di marketplace talent seperti EKRUT yang akan menemukanmu dengan perusahaan yang tepat. 

Jangan menyerah ya!

berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user - EKRUT 
Last update 8 February 2021

Sumber: 

  • flexjobs
  • indeed
  • lucasgroup
 

Tags

Share