Published on

Careers

9 Tips lolos interview user dan contoh pertanyaan yang sering diajukan

Tsalis Annisa

interview-user-EKRUT.jpg

Setelah lolos dari tahap interview pertama, selanjutnya kamu akan menghadapi interview user. Interview user adalah bagian wawancara terakhir yang  menjadi kesempatan emas untuk menunjukkan kesan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat dan potensial.

Perekrut membutuhkan kandidat yang memiliki antusiasme besar. Maka dari itu, mereka biasanya juga mengajukan beberapa pertanyaan terkait motivasi kamu dalam melamar. Pertanyaan tersebut mungkin sederhana, tapi diperlukan strategi untuk menjawabnya.

Agar persiapanmu semakin matang, berikut adalah tips menjelang interview user dan pertanyaan yang akan kamu hadapi.

Hal yang perlu kamu antisipasi saat interview user

persiapan interview user
Membuat list pertanyaan yang mungkin diajukan sangat efektif untuk dilakukan sebelum interview user. (Sumber: Pexels)

Sebelum interview user, kamu perlu mengetahui apa saja yang harus kamu antisipasi. Hal tersebut juga terkait dengan posisi apa yang kamu lamar, dilansir dari thebalancecareers.com, setiap posisi atau level pastinya memiliki standarnya masing-masing. Interview user dapat dilakukan oleh salah satu senior team leader atau langsung dengan founder untuk perusahaan yang lebih kecil. Wajar saja kalau kamu merasa gugup pada saat melakukan proses ini karena biasanya menjadi tahapan terakhir untuk menentukan diterima atau tidaknya kamu menjadi karyawan.

Jika kamu sampai pada tahap interview user, recruiter atau HR Department sudah mengetahui bahwa kamu memiliki skill untuk posisi yang kamu inginkan. Interview user ini biasanya digunakan untuk melihat kecocokanmu dengan culture perusahaan atau membandingkan dengan kandidat terbaik lainnya. 

Mengingat pentingnya tahapan ini, kamu harus menyiapkan diri dengan sebaik mungkin. Pelajari berbagai macam tips dan contoh pertanyaan interview user yang banyak dilontarkan oleh recruiter, sehingga kamu bisa menjawabnya dengan lebih lancar.

9 Tips lolos interview user

9 Tips lolos interview user
Interview user biasanya menjadi jaminan proses rekrutmen kamu berhasil atau tidak. (Sumber: Pexels)

Sebelum melakukan interview user, tentunya kamu perlu melakukan banyak persiapan. Yuk, simak beberapa tips interview user berikut ini yang bisa memperlancar proses rekrutmenmu.

1. Mempersiapkan diri seperti saat interview pertama

interview user - EKRUT 
Meski ini bukan interview yang pertama, cobalah untuk tetap mengumpulkan informasi mengenai perusahaan sebelum bertemu user - EKRUT

Kamu mungkin telah menunjukkan performa yang baik saat interview bersama HR. Namun, user yang akan kamu temui saat ini belum mengetahui potensi yang kamu miliki. Jadi, persiapkan dirimu dengan antusiasme yang besar seperti saat interview pertama kali. Jangan sampai kepercayaan diri berlebih membuatmu kurang persiapan. Cobalah mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan mengejutkan, seperti, “Jika kamu bisa mulai bekerja besok, apa yang akan kamu lakukan untuk 3 bulan ke depan?

Baca juga: Jawaban terbaik untuk "ceritakan tentang diri Anda” saat interview

2. Mengumpulkan informasi mengenai perusahaan

interview user EKRUT 
Bekali dirimu dengan informasi mengenai perusahaan yang dilamar-EKRUT

Seperti saat interview pertama, bekali dirimu dengan informasi mengenai perusahaan yang kamu lamar. Ini akan memberikan kesan yang baik bagi user dan menunjukkan bahwa kamu memiliki motivasi kuat. Selain itu, pengetahuan dasar mengenai perusahaan juga bisa membantumu menjawab pertanyaan tertentu. Misalnya apa yang kamu ketahui tentang perusahaan tersebut dan mengapa kamu tertarik bekerja di dalamnya.

3. Menjabarkan pencapaian yang spesifik

interview user EKRUT 
Terkadang perekrut mencari keunggulan kandidat yang spesifik dari pelamar lainnya-EKRUT

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan seseorang saat interview adalah memberikan jawaban umum untuk pertanyaan yang spesifik. Padahal, perekrut mencari kandidat yang memiliki keunggulan dibandingkan pelamar lainnya. Hindari jawaban umum seperti, “Saya adalah pekerja keras.” Justru, buktikanlah dengan data, misalnya berapa total penjualan yang telah kamu capai atau proyek apa saja yang kamu jalani saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

4. Mengantisipasi pertanyaan mengenai gaji

interview user - EKRUT
Pastikan kamu tetap membawa resume, cv, dan dokumen yang diperlukan lainnya saat interview dengan user - EKRUT

Pembahasan mengenai gaji bisa dilakukan kapan saja. Baik saat interview bersama HR, user, atau dengan CEO. User bahkan bisa mengajukan kembali pertanyaan tersebut walaupun kamu telah menjawabnya pada interview sebelumnya. Kamu perlu mempertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan nilai yang spesifik. Pikirkan rentang yang masuk akal berdasarkan posisi yang kamu lamar. Sertakan tunjangan kesehatan, uang makan, serta kompensasi lain yang menjadi hakmu.

5. Membawa resume, CV, dan dokumen yang diperlukan

interview user EKRUT
 
Kamu juga perlu menyiapkan resume dan cv saat interview bersama user-EKRUT

Beberapa orang beranggapan bahwa interview user hanyalah formalitas sehingga mereka tidak membawa dokumen lamaran yang diperlukan. Mereka berpikir bahwa para user sudah mendapatkan salinan resume dari HR. Padahal, tidak demikian. Bawalah resume, CV, dan dokumen yang kamu gunakan saat melamar. Bila perlu, bawalah portofolio yang menunjukkan hasil kerjamu. Ini bisa membantumu menunjukkan keunggulan yang tidak tercantum pada resume atau belum sempat kamu sampaikan.

Baca juga: Fresh Grads, ayo buat CV pertama Anda!

6. Mengajukan pertanyaan mengenai perusahan dan posisi tersebut

interview user EKRUT 
Jangan lupa ajukan pertanyaan pula terkait perusahaan kepada user-EKRUT

Perekrut biasanya memberikan kesempatan bagi kandidat untuk mengajukan pertanyaan. Tanyakanlah apa pun yang ingin kamu ketahui mengenai perusahaan dan posisi yang kamu lamar karena ini menunjukkan besarnya antusiasme yang kamu miliki. Ajukan pertanyaan yang berkesan bagi perekrut, misalnya apa tujuan jangka panjang atau tantangan yang dihadapi perusahaan tersebut. Pertanyaan yang kamu berikan harus spesifik dan bukan jenis pertanyaan yang jawabannya bisa ditemukan di internet.

7. Bersikap jujur dan terbuka

interview user EKRUT 
Kamu juga perlu bersikap jujur dan terbuka pada user-EKRUT

Selain menunjukkan semangat yang tinggi, kamu juga perlu bersikap jujur dan terbuka saat interview user. Jawablah semua pertanyaan dengan padat dan jelas tanpa perlu menambahkan hal lain yang tidak sesuai dengan kondisimu. Para user tidak hanya menilai kemampuan, tapi juga kepribadianmu. Mereka ingin memahami bagaimana kamu bersikap secara profesional. Jadi, tunjukkanlah keunggulanmu sambil tetap bersikap apa adanya. Ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dapat dipercaya.

8. Berpakaian sesuai dengan kultur perusahaan

 interview user EKRUT
 Pakaian yang kamu kenakan bisa menentukan tingkat profesionalisme - EKRUT

Apa yang kamu kenakan saat melakukan interview user akan membantu mereka menilai profesionalisme kamu dalam bekerja. Oleh karena itu, untuk membentuk penilaian yang positif, maka kenakanlah pakaian interview yang profesional dan nyaman yang akan membuat kamu lebih percaya. 

Bila perlu, sebelum melakukan interview user kamu telah mengetahui lebih dulu budaya berpakaian perusahaan. Apakah memiliki kode etik berpakaian formal atau kasual. 

9. Jangan pernah menjelekkan atasan atau bos di kantor lama

interview user EKRUT 
Ada baiknya kamu juga tak perlu menjelekkan rekan kerjamu atau bos lama mu-EKRUT

Saat kamu dihadapkan dalam situasi interview dengan user, ada baiknya kamu tidak menjelekkan atasan atau rekan kerja di kantor lama lantaran hal itu bisa membuat citramu terlihat buruk. User justru  akan terus mengulik dan mencari tahu apakah dari ceritamu tersebut kamu yang menjadi masalahnya atau bukan. Tidak etis pula menjelekkan lembaga kerjamu di saat tersebut, meski mungkin kekesalanmu terhadap mantan atasan tak dapat dibendung. 

Baca juga: 6 pertanyaan kunci dalam interview kerja yang perlu kamu tahu

10 Contoh pertanyaan interview user

INTERVIEW USER ekrut 
Ada beberapa hal yang kerap ditanyakan oleh user kepadamu - EKRUT

Interview user umumnya menjadi penentu apakah kamu akan diterima bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Proses ini diketahui saat kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan interview yang diberikan.

Berbeda dengan pertanyaan interview HRD, biasanya user akan memberikan pertanyaan yang lebih teknikal tentang pengalamanmu bekerja selama ini. Berikut beberapa contoh pertanyaan interview user yang kerap kali ditanyakan.

1. Ceritakan tentang diri kamu!

Walaupun sudah ditanyakan pada wawancara sebelumnya, kemungkinan besar kamu juga akan diminta untuk menceritakan dirimu saat proses interview user. Terutama jika interview dilakukan dengan CEO atau direksi eksekutif lainnya. Saat inilah waktu yang tepat buat kamu untuk memberikan kesan yang baik dengan menjawab pertanyaan secara jelas. Tidak hanya menunjukkan latar belakangmu tetapi juga kemampuan berkomunikasi yang baik.

Menurut careersidekick.com, kamu bisa menjawab dalam waktu 60 detik untuk pertanyaan ini dan lebih fokus kepada karir terbarumu, seperti pencapaian yang diraih. Setelah itu, dapat kamu akhiri dengan alasan kenapa kamu melamar pekerjaan di posisi dan perusahaan tersebut.

2. Apa yang memotivasi kamu dalam bekerja?

Apa yang memotivasi kamu dalam bekerja?
Motivasi saat bekerja juga merupakan pertanyaan yang kerap ditanyakan saat interview user - Pexels

Jika kamu diberikan pertanyaan ini pada saat interview user, recruiter ingin mengetahui apa hal yang memotivasimu dalam bekerja selain dari uang. Karyawan yang menikmati pekerjaan karena alasan lain cenderung lebih fleksibel dan lebih mudah dalam menghadapi masalah.

Nah, pertanyaan ini kerap ditanyakan untuk oleh recruiter sehingga kamu perlu mempersiapkan jawaban yang dirasa tepat. Kamu bisa menjawab dengan berbagai hal, seperti kamu menyukai tantangan baru dan ingin memberikan dampak positif pada kantor atau kamu sangat menikmati bekerja dan berkontribusi dalam tim. 

3. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan kami?

Pertanyaan ini mungkin tidak selalu muncul dalam interview user, tapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan jawaban yang tepat, bukan?Biasanya mereka tidak bertanya secara gamblang, melainkan menggunakan pertanyaan secara tersirat atau tidak langsung. Seperti, "Apa hal yang sudah kamu pelajari dari perusahaan sejauh ini?" atau "Apa pendapat kamu mengenai pekerjaan di kantor ini?".

Untuk menyiapkannya kamu harus melakukan research terhadap perusahaan dimana kamu sedang melamar pekerjaan. Sehingga kamu bisa meyakinkan mereka bahwa kamu benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

4. Dimana kamu melihat dirimu 5 tahun ke depan?

Dimana kamu melihat dirimu 5 tahun ke depan?
Saat interview user pertanyaan ini biasanya akan ditanyakan untuk melihat pandangan kedepanmu -  Pixabay

Pada saat interview user, "Dimana kamu melihat dirimu 5 tahun kedepan?" adalah pertanyaan yang sangat umum dilontarkan oleh recruiter. Hal ini karena mereka ingin meyakinkan bahwa posisi yang kamu inginkan sesuai dengan tujuan karir jangka panjangmu.

Pastinya perusahaan menginginkan karyawan yang akan bekerja untuk periode waktu yang lama, juga sebagai investasi yang baik. Kamu bisa menjawabnya dengan realistis tetapi sedikit ambisius. Hal lain yang perlu diingat adalah berikan goal yang ingin kamu capai dari pekerjaan yang kamu inginkan. Kamu harus menunjukkan bahwa posisi tersebut sejalan dengan career goal yang kamu miliki. 

5. Apakah kamu sedang melamar pekerjaan lainnya saat ini?

Apakah kamu sedang melamar pekerjaan lainnya saat ini?
Kamu juga perlu menyiapkan resume dan cv saat interview user. (Sumber: Pixabay)

Pertanyaan mengenai apakah kamu sedang melamar pekerjaan lain juga umum ditanyakan saat interview user. Jika kamu tertarik pada perusahaan tersebut tetapi memiliki offering dari pihak lainnya, kamu bisa menjawab dengan jujur. Dengan begitu mereka bisa segera memproses dengan cepat proses lamaranmu. Jika tidak, kamu juga harus mengatakan yang sejujurnya. Pertanyaan ini juga dapat menjadi tanda bahwa proses interview user berjalan dengan baik.

6. Ceritakan proyek yang berhasil kamu lakukan

Tujuan dari user menanyakan ini adalah untuk melihat kompetensimu selama bekerja dan memberikan penilaian tentang proyek yang sukses kamu lakukan. Di saat inilah kamu harus bisa menggambarkan sebaik mungkin proyek yang sukses kamu kerjakan mulai dari masalah, solusi dan peran apa yang bisa kamu lakukan di proyek tersebut.

7. Ceritakan skills yang kamu miliki untuk melamar dalam pekerjaan ini 

Ada baiknya sebelum mendatangi tempat interview, kamu sudah mencocokkan deskripsi lengkap skills yang dibutuhkan perusahaan dengan skills yang kamu miliki. Sebab bila dalam beberapa skills kamu merasa kuat atau unggul itu bisa menjadi pertimbangan user menerima lamaranmu. Selain itu, manfaatkan pula momen ini untuk melakukan promosi diri saat interview agar kamu semakin dipertimbangkan untuk diterima bekerja.

8. Mengapa kamu ingin meninggalkan pekerjaanmu saat ini?

Biasanya user memiliki rasa ingin tahu yang lebih dari HRD, mereka ingin melihat bahwa rekam jejak kandidat bisa menjadi karyawan yang dapat diandalkan di perusahaan. Tak heran bila mereka penasaran untuk mengetahui alasan kamu resign. Nah, yang perlu kamu ingat adalah untuk tidak menceritakan tentang keburukan bos di kantor lamamu bila itu yang membuatmu resign atau pengalaman buruk dengan rekan kerja. 

Fokuslah pada hal-hal positif yang ingin kamu bangun dengan melamar pekerjaan baru sehingga user juga akan mendapat pengaruh positif dari jawaban itu. 

9. Berapa gaji yang kamu inginkan?

Pertanyaan tentang gaji memang selalu datang umumnya dari user sebab mereka yang bisa menilai seberapa sulit pekerjaan yang kamu hadapi di tempat yang baru serta skills yang kamu miliki. Biasanya perusahaan telah memiliki standar gaji tersendiri tentang profesi-profesi tersebut. Bila gaji yang kamu inginkan terlalu besar bisa jadi kamu tidak akan direkrut. Jadi sebelum melakukan nego gaji ada baiknya ketahui dulu gaji standar di profesimu. 

10. Apa yang ingin kamu tanyakan dalam interview ini?

Apa yang ingin kamu tanyakan dalam interview ini?
Kamu juga perlu mengajukan pertanyaan mengenai pekerjaan saat interview user. (Sumber: Pexels)

Banyak yang akan menanyakan pertanyaan tersebut mendekati akhir dari interview user. Akan sangat membantu jika kamu sudah menyiapkan beberapa pertanyaan yang sangat relevan dengan posisi yang kamu inginkan. Dengan memberikan pertanyaan kamu juga lebih mengetahui tentang posisi dan perusahaan tersebut. Langkah ini juga menunjukkan bahwa kamu mempersiapkan dan mempertimbangkan untuk melamar di posisi yang diinginkan dengan hati-hati.

Beberapa pertanyaan yang bisa kamu berikan saat interview user seperti: "Apa tantangan terbesar yang sedang dihadapi perusahaan?", "Dengan siapa saya akan bekerja?", "Bagaimana cara Anda mengevaluasi kinerja karyawan untuk posisi ini?", "Bisakah Anda memberikan contoh proyek apa yang sekiranya akan saya kerjakan?", dan lainnya.

Terdapat beberapa proses yang harus dilewati pada saat melamar pekerjaan, dari mulai mengirimkan CV hingga interview user. Nah, untuk mempersingkat proses tersebut kamu bisa mendaftarkan diri kamu di EKRUT. Selain lebih cepat kamu juga bisa mendapatkan karir yang lebih baik.

Baca juga: 12 Pertanyaan interview tersulit dan cara menjawabnya

Itulah beberapa contoh pertanyaan interview user yang kerap kali muncul dalam proses perekrutan. Setelah kamu menjalani proses ini, sekarang saatnya untuk menunggu hasil. Selama menunggu, kamu dapat mengirimkan ucapan terima kasih melalui email. Sebutkan hal spesifik yang berkesan bagimu dari interview tersebut.

Baca juga: 5 Alasan kamu tidak dipanggil interview kedua kalinya

Jika perusahaan belum memberikan kabar mengenai kelanjutan proses rekrutmen, kamu tidak perlu panik. Tunggulah selama beberapa hari, kemudian kamu bisa mengirimkan email kepada perusahaan untuk menanyakan hasilnya. Semoga berhasil!

interview user EKRUT
 Last update 8 Juni 2021

Sumber:

  • careersidekick.com
  • thebalancecareers.com
  • brightermonday.co.ke
  • inc.com
  • indeed.com
 

Tags

Share