Published on

Technology

Big data analytics: pengertian, jenis, dan contoh penggunaannya

Nur Lella Junaedi

big-data-analytics-adalah-EKRUT.jpg

Analisis big data atau big data analytics adalah suatu proses pengujian atau pengolahan set data yang besar untuk kemudian ditemukan polanya. Dari sini kamu akan menemukan korelasi data dan banyak informasi yang berguna untuk bisnismu. 

Semakin banyaknya perusahaan yang mulai menerapkan analisis big data menjadikannya hal yang patut kamu pahami lebih lanjut. Terlebih jika kamu tertarik dengan bidang pengolahan data atau ingin menggunakannya untuk bisnismu. 

Lebih paham tentang big data analytics

big data analytics adalah EKRUT 
Sebelum memahami apa itu big data analytics sebaiknya pahami dulu tentang big data - EKRUT

Sebelum memahami apa itu big data analytics. Sebaiknya kamu mengetahui dulu tentang big data. Istilah ini mungkin sering kamu dengar, ini mengacu pada data mentah yang belum terstruktur dalam jumlah yang besar dari berbagai sumber. 

Sementara big data analytics adalah sebuah proses yang biasanya digunakan untuk mengekstrak wawasan yang bermakna untuk mengetahui tren pasar, preferensi pelanggan, korelasi yang tidak diketahui hingga pola yang tersembunyi.

Sederhananya big data seperti perpustakaan yang menyediakan banyak informasi. Sedangkan big data analytics merupakan buku yang kamu peroleh dari perpustakaan tersebut dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan mu.  

Sehingga bila dilihat dari prosesnya, big data analytics lebih fokus ketimbang proses pengolahan big data. Data-data tersebut nantinya akan dipindai dan diuraikan berdasarkan hal yang ingin dilihat oleh perusahaan. 

Dengan begini, big data analytics bisa membantu perusahaan memanfaatkan data untuk mengidentifikasi peluang baru.

 Baca juga: Ini dia 6 pekerjaan big data yang paling banyak dicari

Mengapa big data penting?

big data analytics adalah EKRUT 
Big data membantu memahami kondisi pasar - EKRUT

Dengan ada proses analisis big data yang membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang baru, tentunya profit yang dihasilkan juga berpotensi untuk menjadi lebih besar. 

Selain itu, tentu masih banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dari proses ini. Berikut beberapa di antaranya.

  • Pengambilan keputusan yang lebih cepat 

Melalui Hadoop, analytic memory dan analisis sumber data baru, membantu bisnis membuat keputusan lebih cepat lewat informasi dan data yang telah dianalisis. 

  • Meningkatkan retensi dan akuisisi pelanggan 

Penggunaan data memungkinkan bisnis untuk mengamati berbagai pola dan tren tentang pelanggan. Sehingga bisnis bisa mengenali pelanggannya dan tahu bagaimana membuat pelanggan yang loyal. 

  • Memahami kondisi pasar

Dengan melakukan analisis data akan lebih mudah bagi bisnis mengetahui kondisi pasar saat ini. 

Contoh, analisis data membantu mengetahui produk mana yang sesuai dengan tren atau produk yang laku dijual. Jadi, kamu bisa memaksimalkan produkmu agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Jenis-jenis big data analytics

big data analytics adalah EKRUT
 
Salah satu jenis big data yakni big data analytic diagnostic - EKRUT

Ada berbagai jenis big data analytics yang perlu kamu tahu di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Big data analytics diagnostic

Jenis pertama big data analytics adalah analisis diagnostik. Umumnya perusahaan melakukan proses ini untuk mencari wawasan tentang masalah tertentu. Prosesnya bisa meliputi melakukan pemulihan data, penambangan data, dan penelusuran.

Contoh kasus dari penggunaan big data analytics diagnostik yaitu ketika laporan perusahaan e-commerce menunjukkan penjualan yang turun, padahal pelanggan kerap menambahkan produk ke keranjang mereka. 

Kamu bisa mengidentifikasi kejadian ini, apakah mungkin masalahnya karena biaya pengiriman yang mahal, opsi pembayaran yang sedikit atau formulir pembelian yang tidak dimuat dengan benar. 

2. Big data analytics deskriptif 

Proses ini meringkas data dari masalalu menjadi bentuk data yang mudah dibaca. Dari data-data ini nantinya kamu bisa membuat laporan laba, penjualan, pendapatan dan sebagainya. 

3. Big data analytics preskriptif

Jenis data analis ini bekerja dengan menggunakan proses data analisis prediktif dan deskriptif untuk menentukan solusi dalam masalah tertentu. Sebagian prosesnya bergantung pada machine learning dan artificial intelligence. 

4. Big data analytics prediktif 

Jenis analisis ini menggunakan metode artificial intelligence, data mining,  dan machine learning untuk menganalisis data saat ini dan masa lalu guna bisa membuat prediksi yang tepat di masa depan. 

Dengan menggunakan jenis big data ini akan lebih mudah bagimu untuk memprediksi tren pelanggan dan tren pasar. 

Contoh penggunaan big data analytics dalam kehidupan sehari-hari

big data analytics adalah EKRUT
 Contoh penggunaan big data analytics kerap diaplikasikan dalam industri kesehatan - EKRUT

Supaya kamu bisa memiliki gambaran mengenai penerapannya, berikut beberapa contoh penggunaan big data analytics dalam kehidupan sehari-hari. 

  • Big data dalam industri kesehatan

Cara big data berfungsi dalam industri kesehatan adalah dengan membantu memprediksi wabah epidemi dalam memutuskan tindakan pencegahan untuk meminimalkan efek dari pandemi tersebut. 

Selain itu, big data juga membantu mengurangi biaya pemeriksaan. Sebab, dalam beberapa kasus pasien tidak perlu datang ke rumah sakit, karena melalui aplikasi mereka bisa melakukan diagnosa penyakitnya kepada dokter
.  
Contoh aplikasi big data dalam industri kesehatan adalah produk aplikasi Apple HealthKit, ResearchKit, dan CareKit. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengakses dan menyimpan catatan kesehatan pengguna secara realtime.

  • Big data dalam industri hiburan 

Banyaknya pengguna yang memiliki akses smartphone membuat data yang terkumpul menjadi semakin banyak, termasuk di dalamnya data-data dari aplikasi hiburan seperti media sosial, mendengarkan musik atau menonton film.

Data-data ini dapat diekstrak dan digunakan untuk berbagai keperluan seperti, memprediksi minat audiens, mengetahui insight ulasan pelanggan, hingga penargetan iklan yang lebih efektif. 

Contoh penggunaan big data analytics-nya seperti terjadi pada aplikasi Spotify yang mengumpulkan data dari user untuk merekomendasikan lagu yang tepat bagi pengguna. 

  • Big data dalam industri transportasi 

Tak hanya menyasar dua bidang di atas, secara tidak disadari big data juga berguna dalam industri transportasi. 

Melalui big data, kamu bisa memperkirakan potensi kemacetan lalu lintas secara real time, menunjukkan lokasi suatu tempat di dalam map, serta membantu merencanakan melakukan perjalanan untuk mengurangi waktu tunggu. 

Gojek menjadi contoh penggunaan big data analytics Indonesia. Melalui big data ini data dari pengemudi, lokasi, pengguna, dan jenis kendaraan dikumpulkan. Sehingga pengguna bisa mengetahui perkiraan biaya yang harus dibayar ketika memesan perjalanan.

Big data analytics tidak hanya dapat membantu perusahaan melihat peluang usaha dan meningkatkan profit, tapi juga dapat memudahkan masyarakat dalam beberapa aspek kehidupan.

Baca juga: 5 perusahaan big data dunia dan gebrakan mereka

Jika kamu tertarik dengan pengolahan big data, tidak ada salahnya untuk terus mengasah kemampuanmu dengan mengikuti kelas atau kontes yang berkaitan dengan data. 

Dengan begini, kamu bisa menjadi lebih andal dan semakin luas peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan di bidang data.

big data analytics adalah EKRUT

Sumber: 

Tags

Share