Published on

Lainnya

10 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula dan Relevan yang Bisa Dicoba di Tahun 2022

Detty Risetya

cover_(1).jpg

Butuh ide bisnis modal kecil atau bahkan tanpa modal? Beberapa inspirasi usaha kali ini akan menjadi titik awal yang baik bagi para pemula UMKM. Berlawanan dari stigma yang beredar di masyarakat bahwa membuka bisnis butuh modal besar dan rumit. Padahal, ada banyak ide bisnis modal kecil yang mudah dijalankan.

Yang perlu kamu lakukan adalah ulet, pantang menyerah, siap berupaya keras dalam pemasaran, serta memberikan layanan profesional kepada para pelanggan. Bagaimana? Sudah tak sabar ingin membuka usaha sendiri? Untuk itu, mari simak ide bisnis modal kecil untuk pemula berikut ini!

Baca juga: Apa itu model bisnis? Berikut pengertian, manfaat, dan tujuannya

Mindset untuk memulai bisnis modal kecil


Sebelum memulai ide bisnis modal kecil, mindset sangat penting. (sumber: freepik)

Simak mindset yang akan membuatmu menjadi semakin semangat memulai bisnis berikut ini.

1. Percaya pada diri sendiri dan bisnismu

Sebelum memulai bisnis, mindset adalah hal yang sangat penting. Kamu perlu percaya bahwa kamu layak untuk bisa sukses. Kamu harus percaya pada bisnis, produk, atau layanan yang sedang dijalankan. Tidak ada gunanya membuat bisnis dan mencurahkan waktu jika kamu tidak 100% berdedikasi. Terus bangun kepercayaan meskipun berat di awal, inilah mengapa fondasi sangat penting.

2. Belajar dari kesalahan bisnis

Tak semua pebisnis itu selalu mulus dan lancar dalam mencapai keberhasilan usaha. Terkadang, ada juga yang harus jatuh bangun terlebih dahulu, sehingga mereka lebih berpengalaman menghadapi berbagai tantangan usaha. Semua pebisnis pasti pernah membuat banyak kesalahan, tetapi dari kesalahan itulah kamu dapat belajar dan membentuk karakteristik pelaku UMKM yang sukses. Bangkit dan pikirkan apa yang bisa diperbaiki atau ditingkatkan lagi agar usahamu bisa terus maju dan berkembang.

3. Lihat dan pelajari bisnis orang lain

Beberapa pakar di bidang bisnis menyatakan bahwa seseorang selalu bisa belajar dari orang lain untuk menetapkan tujuan sendiri. Lihat dan pelajari, pikirkan dan berinovasi dengan bisnis milikmu sendiri. Visualisasikan secara detail, rencanakan, lalu eksekusi bisnis tersebut. Kamu juga bisa belajar banyak dengan melihat bisnis atau dari pengalaman pengusaha sukses lainnya.

Baca juga: Apa itu Etika Bisnis? Berikut Pengertian, Prinsip, Manfaat

10 Ide bisnis modal kecil untuk pemula


Kamu perlu merancang suasana kedai kopi agar menarik pelanggan. (sumber: freepik)

Setelah memahami mindset pelaku usaha sukses, mari teliti satu per satu beberapa ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba jalankan.

1. Food truck

Pernah melihat bisnis berupa warung di atas mobil atau truk pick-up? Inilah salah satu usaha kuliner yang sedang naik daun. Kamu bisa menjajakan camilan, makanan, atau minuman di atas kendaraan. Tak perlu repot menyewa tempat usaha, kamu bahkan bisa menjangkau pelanggan secara on the spot.

Contohnya, menjual burger, martabak, kopi, pizza, dan sebagainya. Datangi tempat keramaian seperti event, kampus, sekolah, atau perkantoran di jam istirahat. Kamu hanya perlu modal untuk membeli mobil bekas agar harganya lebih murah. Selanjutnya, kamu bisa memulai bisnis ini di mana pun sesuai lokasi konsumen yang ditargetkan.

2. Kedai kopi

Industri kopi berkembang sangat pesat. Jika sebelumnya orang pergi ke kafe untuk menghabiskan waktu berkualitas, sekarang kedai kopi berubah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Ubah gaya hidup generasi masa kini menjadi peluang bisnis kedai kopi tematik. Kamu perlu merancang suasana kedai kopi agar menarik pelanggan. Minta bantuan desainer untuk merancang tema interior, cangkir, serta desain menu agar kedai kopimu tampil beda dari yang lain.

3. Toko roti

Ide bisnis modal kecil selanjutnya, yaitu toko roti. Bisnis ini bisa menjadi alternatif usaha rumahan yang mudah dijalankan. Jika kamu termasuk orang yang senang membuat kue atau baking, ini adalah usaha sampingan yang sangat cocok. Saat menjalankan bisnis ini, ada satu hal yang perlu kamu ingat, yaitu rencanakan bisnis toko roti secara detail, termasuk dari segi rasa dan tampilan visualnya. Sama seperti bisnis lainnya, bisnis roti rumahan juga membutuhkan rencana yang tepat.

4. Kelas memasak

Mengapa kelas memasak tak pernah mati? Karena hampir semua orang suka makanan dan kuliner. Ditambah lagi, usaha kuliner akan selalu dibutuhkan masyarakat. Jika kamu suka memasak dan pintar mengolah makanan, ini artinya kamu adalah seorang juru masak yang hebat.

Buka bisnis dengan kelas memasak offline maupun online. Sama seperti restoran cepat saji, bisnis ini cepat populer. Yang terpenting, selalu berikan sertifikat legal dan ambil testimoni positif dari para peserta kelas memasak untuk meningkatkan social proof.

5. Stan es krim

Jika kamu sedang mencari ide bisnis modal kecil, maka jualan es krim bisa menjadi pilihan tepat. Stan es krim atau kios es krim bisa memberikan keuntungan besar. Apalagi, jika lokasi tempat tinggal dekat dengan sekolah, kampus, atau perempatan jalan. Kamu bisa membuka stan es krim yang bisa diorder secara online maupun dibeli langsung.

Biasanya, para pembeli sangat suka varian es krim rasa baru. Sebarkan berita di halaman media sosial tentang varian es krim terbaru setiap hari. Buatlah audiens penasaran untuk menciptakan kreasi es krim versi mereka sendiri atau berikan penawaran promo spesial, dll.

6. Jasa pembukuan

Bicara soal pembukuan, angka-angka, dan keuangan, membutuhkan keahlian dan ketelitian dari tenaga profesional. Tetapi, jika kamu pintar dalam akuntansi dasar, kamu bisa membuka bisnis berupa jasa pembukuan atau outsourcing pembukuan. Tugas jasa pembukuan umumnya mengolah tugas akuntansi dengan software akuntansi agar bisa menghasilkan laporan keuangan secara rutin. Termasuk memproses penggajian pegawai, membuat neraca, laporan perubahan modal, laporan laba-rugi, dan sebagainya.

7. Layanan pemasaran digital

Bagi kamu yang mempunyai pengalaman di bidang marketing, layanan pemasaran digital saat ini sangat diminati. Termasuk dalam hal Facebook Ads, Google Ads, TikTok Ads, Instagram Ads, dan masih banyak lagi. Kamu bahkan bisa mengikuti kursus online atau kelas online yang mengedukasi tentang pemasaran digital untuk mengembangkan keterampilan.

Salah satu hal terbaik namun menantang dalam bidang marketing adalah teknologinya yang sangat cepat berubah. Oleh karena itu, jika kamu memiliki bakat belajar dan bercerita, usaha pemasaran digital adalah bisnis yang dapat kamu mulai dengan cepat dan murah.

8. Pemasaran afiliasi

Pemasaran afiliasi mudah dan murah untuk memulai. Namun, dibutuhkan dedikasi dan visi jangka panjang agar bisa sukses. Pada dasarnya, pemasaran afiliasi melibatkan kamu sebagai influencer produk dan layanan perusahaan lain. Kamu akan mendapatkan komisi dari pelanggan yang membeli atau membayar.

Yang kamu butuhkan adalah blog, vlog, atau website untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu. Namun, untuk menjadi sukses dalam pemasaran afiliasi, kamu harus menarik banyak pengunjung ke website tersebut dan membuat mereka membeli produk atau layanan dari mitra afiliasi.

9. Katering

Ide bisnis modal kecil berikutnya yang bisa kamu coba adalah katering, baik untuk rumah tangga, makan siang kantor, atau masyarakat umum. Saat ini, jadwal padat membuat banyak orang mengandalkan jasa katering. Setelah memesan makanan secara online dan berlangganan bulanan, pelanggan tinggal menunggu makanan diantar ke tempat. Jika ingin memulai bisnis di industri makanan, maka ini adalah ide yang bagus. Pada tahap awal, kamu bisa memulai dengan menu sederhana yang praktis dibuat. Setelah bisnis mulai berkembang, kamu bisa menambah varian menu yang lebih banyak.

10. Desain website

Di industri digital saat ini, kamu hampir tidak akan menemukan perusahaan yang belum mempunyai website sendiri. Bahkan, meski hanya satu halaman website, sangat penting bagi reputasi bisnis. Agar terlihat mengesankan, perusahaan perlu terus membenahi tampilan dan desain website-nya. Di sinilah kamu bisa membuka bisnis, yaitu usaha desain website. Kamu bisa mendapatkan banyak klien atau perusahaan yang ingin dibuatkan desain website.

Baca juga: Bootstrapping startup tanpa modal ventura? Mengapa tidak?

Itulah ide bisnis modal kecil untuk pemula yang bisa kamu coba. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • shopify.co.id
  • businessnewsdaily.com
  • designhill.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_(1).jpg

    Lainnya

    Ingin Punya Event Organizer? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menjalankannya!

    Gloria Renatha

    05 July 2022
    5 min read
    H1_Customer_Engagement_Pengertian__Fungsi_dan_Cara_Untuk_Mengukurnya.jpg

    Careers

    Customer Engagement: Pengertian, Fungsi, dan Cara untuk Mengukurnya

    Sartika Nuralifah

    05 July 2022
    5 min read
    H1-Bedanya_Sanering__Redenominasi_dan_Devaluasi_dan_Contohnya.jpg

    Lainnya

    Bedanya Sanering, Redenominasi, dan Devaluasi, beserta Contohnya

    Lita Lia

    05 July 2022
    5 min read

    Video