Published on

Careers

5 ide bisnis rumahan yang menguntungkan dan patut dicoba!

Nur Lella Junaedi

bisnis-rumahan-yang-menguntungkan-EKRUT.jpg

Memiliki penghasilan dari bisnis rumahan tampaknya menyenangkan bukan? Kamu dapat memiliki kebebasan waktu untuk bekerja sekaligus tetap dekat dengan keluarga melalui bisnis rumahan yang menjanjikan. 

Bila kamu tertarik, beberapa ide bisnis rumahan yang menguntungkan ini mungkin dapat menginspirasimu.

1 . Membuka usahai dropshipping

bisnis rumahan yang menguntungkan EKRUT 
Beberapa orang yang andal memancing konsumen bisa memutuskan menjadi dropshipping-EKRUT

Bagi beberapa orang yang andal dalam memancing konsumen, menjadi agen dropshipping atau distributor bisa jadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. 

Pasalnya untuk menggeluti bisnis dropshipping ini kamu tidak memerlukan banyak modal dan tidak harus memiliki gudang untuk barang. 

Untuk menjalankannya di era digital ini kamu hanya perlu memiliki banyak relasi, pintar memasarkan dan memiliki koneksi internet.  

Lantaran bisnis model dropshipping menggunakan pihak ketiga untuk memproduksi, menyimpan dan mengirim produk atas nama kamu bila ada konsumen yang tertarik dengan produk tersebut. 

Namun, bisnis ini memiliki sedikit resiko terutama bila kamu tidak memiliki supplier yang jujur. Karena itu ada baiknya sebelum memasarkan produk yang ingin kamu jual, pastikan kamu sudah tahu supplier tersebut beserta kualitas dari produknya. 

Baca juga: 7 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif

2. Menjual barang atau pakaian bekas 

bisnis rumahan yang menguntungkan EKRUT
 Ide bisnis rumahan lainnya yang menguntungkan yakni menjual barang bekas- EKRUT

Ide bisnis rumahan menguntungkan lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menjual produk-produk atau pakaian yang masih layak namun tidak terpakai. Jangan khawatir tentang siapa yang akan membeli produk kamu. 

Pasalnya di luar sana, banyak orang yang menyukai barang-barang vintage atau bekas. Beberapa platform khusus yang banyak menjual produk-produk bekas tapi layak di antaranya aplikasi OLX, Carousell, belanjabekas dan lain-lain. 

Di platform tersebut banyak menjual barang bekas mulai dari kendaraan bekas, pakaian bekas, gadget bekas dan sebagainya. 

Lagi pula dengan menjual barang bekas yang tidak terpakai, kamu bisa memperpanjang fungsi barang tersebut serta membantu lingkungan terhindar dari limbah barang bekas.

daftar EKRUT

3. Menjadi gamers

bisnis rumahan yang menguntungkan EKRUT 
Gamers juga bisa jadi salah satu ide bisnis rumahan yang menguntungkan-EKRUT

Masih banyak orang yang menganggap bermain video game buang-buang waktu, padahal di era digital seperti sekarang ini bermain video game menjadi salah satu e-sport yang dapat meraup keuntungan. 

Sebab dengan bermain game melalui handphone atau komputer kamu bisa mendapatkan penghasilan sambil menyalurkan hobi kamu.

Platform streaming video seperti Twich bisa menjadi salah satu medium yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang dari bermain game

Kamu juga bisa bermain game sambil melakukan streaming atau memberikan ulasan terhadap game lalu menyiarkannya melalui YouTube.  

Beberapa gamer terkenal di tanah air di antarnaya Moektito, Jess No Limit, Reza Oktovian dan masih banyak lagi tokoh lainnya. 

Baca juga: Malware game Fortnite palsu merajalela, jangan sampai terjebak!

4. Pet influencer 

bisnis rumahan yang menguntungkan EKRUT 
Bila kamu memiliki hewan peliharaan kamu pun bisa menjadi pet influencer-EKRUT

Ide bisnis rumahan yang menguntungkan dan unik untuk kamu coba adalah mengubah hewan peliharaan menjadi influencer seperti layaknya selebgram. Jangan heran, karena fenomena ini sudah banyak terjadi di media sosial kita lho

Kamu mungkin bisa mengunggah video atau foto lucu dari kucing, anjing, tupai, monyet dan hewan lain peliharaanmu ke Instagram. 

Para pecinta hewan akan menyukai foto-foto tersebut dan membuka peluang kamu untuk menjadi pet influencer yang memiliki banyak followers.

Contohnya saja seperti anjing peliharaan Jif Pom yang memiliki followers sebanyak 10 juta pengikut, kucing Nala The Cat memiliki followers sebanyak 3.7 juta, seekor monyet Real Diddy Kong punya 942 ribu pengikut dan lain-lain. 

Setelah kamu memiliki banyak followers, kamu pun bisa menentukan tarif sendiri untuk menghasilkan uang dari bisnis rumah online ini. 

Sebab dengan banyaknya orang yang tertarik untuk memelihara hewan seperti sekarang, membuat banyak brand memanfaatkan pet influencer untuk mengiklankan produk mereka.  

5. Menjual produk sendiri

bisnis rumahan yang menguntungkan EKRUT 
Kamu pun bisa menjual produkmu sendiri mulai dari pakaian, sepatu, rajutan dan sebagainya-EKRUT

Bila kamu cukup percaya diri dan merasa kreatif, tidak ada salahnya kamu menyalurkan bakatmu untuk membuat produk. 

Beberapa ide produk mulai dari rajutan, menjahit pakaian, souvenir atau mungkin memasak makanan atau kue. Kamu bisa menjual produk tersebut melalui marketplace yang tersedia misalnya lewat Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya. 

Dengan membuat produk sendiri, kamu pun bisa turut mengontrol kualitas produk yang kamu jual demi kepuasan pelanggan. Di samping itu kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengembangkan hobi. 

Tidak sedikit  orang yang sukses melalui bisnis rumahan seperti ini. Namun agar tetap dapat bersaing dengan bisnis rumahan sejenis ini, pastikan kamu mengutamakan kreativitas serta kepuasan pelanggan agar mereka setia. 

Kamu bisa mempertimbangkan beberapa ide bisnis rumahan di atas sebagai sebagai alternatif untuk menambah penghasilan di tengah pandemi. 

Baca juga: Begini cara menciptakan strategi pemasaran yang efektif

Sebab, tidak sedikit perusahaan yang sedang merugi hingga akhirnya harus mengurangi gaji hingga bahkan merumahkan karyawannya.

Jadi berdasarkan ide bisnis rumahan yang menguntungkan di atas, kira-kira bisnis jenis mana yang menarik untukmu? 

bisnis rumahan yang menguntungkan EKRUT
Last update: 2 May 2021

Sumber: 

Tags

Share