Media

Begini cara menciptakan strategi pemasaran yang efektif
By Tsalis Annisa - 23 March 2019
5 min read 104 Views

Digital marketing adalah sebuah strategi untuk mempromosikan sebuah merek atau produk dengan memanfaatkan platform atau media digital. Agar dapat berjalan efektif, kau perlu tahu bagaimana cara menciptakan strategi pemasaran yang tepat.

Untuk mengetahui seperti apa strategi pemasaran digital yang jitu, mari simak penjelasan di bawah ini.

1. Tentukan tujuanmu dan pahami target pasarmu

Sebelum menyusun strategi, ketahui dulu tujuan yang ingin kamu capai. Dengan tujuan yang jelas, strategi pemasaran yang kamu susun akan lebih tertata. Kamu pun bisa memperkirakan perhitungan angka untuk mengukur hasil akhir yang ingin dicapai.

Kamu juga perlu memikirkan siapa yang menjadi target dari teknik pemasaranmu agar tepat sasaran. Teknik pemasaran untuk calon pengguna berusia 30 tahun ke atas tentu akan berbeda dengan calon pengguna di usia remaja.

Ketahuilah apa yang diinginkan oleh mereka. Misalnya dengan melakukan penelitian mengenai tren maupun hal-hal yang sekiranya menjadi perhatian mereka. Untuk mempermudah kamu dalam menentukan target pasar, kamu perlu mengetahui informasi selengkapnya seputar cara mudah menentukan niche market.

2. Gunakan bantuan seo

SEO atau search engine optimization adalah proses sistematis untuk meningkatkan visibilitas dari sebuah situs dalam mesin pencarian internet. SEO memanfaatkan alogaritme mesin pencari agar volume dan kualitas trafik situs tersebut bisa meningkat.

Dengan SEO, kamu bisa mengetahui keyword atau kata kunci yang paling banyak dicari orang di mesin pencari seperti Google. Setelah itu, kamu bisa menggunakan keyword tersebut untuk membangun konten agar dapat menggaet pembaca.

Baca juga: 7 SEO tools terbaik untuk memantau pergerakan kompetitor

strategi pemasaran - EKRUT
Konten yang menarik dapat menjadi salah satu strategi pemasaran

3. Bangun konten yang menarik

Bila konten dalam situsmu menarik, persentase pengunjung pun akan turut meningkat. Bagaimana caranya?
Pertama, buatlah konten yang sekiranya bisa bertahan lama atau selalu dibahas di internet. Kamu dapat memanfaatkan SEO untuk membantumu dalam proses ini.

Bila diperlukan, kamu juga bisa menggandeng para influencer untuk bekerja sama. Contohnya, blogger populer atau youtuber. Influencer umumnya telah memliki audiens sendiri sehingga bisa mempromosikan merek secara lebih luas.

Namun ingatlah bahwa semakin populer seorang influencer, biaya yang harus kamu keluarkan juga akan semakin tinggi.

Kedua, pastikan kontenmu mobile-friendly. Di era digital ini, sebagian besar orang melakukan aktivitas melalui telepon genggam. Oleh sebab itu, kamu perlu menyesuaikan konten yang kamu kerjakan dengan platform tersebut.

strategi marketing - EKRUT
Saat membuat strategi pemasaran, kamu perlu mengetahui social media mana yang akan kamu gunakan - EKRUT

4. Tentukan kanal online yang akan digunakan

Strategi pemasaran secara digital dapat dilakukan melalui berbagai kanal online. Kamu perlu menentukan kanal mana yang sekiranya efektif untuk mencapai tujuan sekaligus cocok dengan anggaran biaya pemasaran yang kamu miliki. Jangan sampai biaya yang kamu keluarkan malah berlebihan dan menjadi beban.

Jika kamu ingin memakai teknik promosi berbayar (seperti, platform sponsor Facebook dan Instagram), perhitungkan apakah biayanya sepadan dengan hasil atau trafik ke situs yang akan kamu dapat.

Apabila anggaran tidak mendukung, kamu mungkin bisa memanfaatkan strategi pemasaran yang menggunakan email. Misalnya dengan membangun fitur newsletter atau pendaftaran pada situs, kemudian mengirimkan email promosi ke mailing list yang telah kamu peroleh.

Itulah beberapa strategi pemasan yang bisa kamu lakukan agar produkmu lebih dikenal, dan mampu mencapai target.

Baca juga: 7 social media tools terpercaya dan cocok untuk marketing konten

Dalam menerapkan teknik pemasaran, kamu juga harus fleksibel dan tidak takut untuk beradaptasi. Menemukan strategi yang tepat tentu membutuhkan percobaan yang terkadang tidak efektif.

Jangan menyerah dan terus lakukan pengawasan dan belajar dari kesalahan yang ada. Mulai dari mengubah pola SEO, melakukan penelitian mengenai tren pasar, serta berdiskusi dengan tim.

Selain melakukan beberapa cara di atas, kamu juga bisa terus meningkatkan ilmu dan pengetahuanmu dengan bergabung di komunitas di digital marketing. Dengan begini, kamu juga akan mendapatkan jaringan profesional yang dapat membantumu terus mengembangkan karier. Menarik, bukan?

startegi pemasaran - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: tips, marketing, digital marketing, startegi pemasaran

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang