Published on

Technology

6 Software bitcoin mining terbaik 2021 beserta kelebihan dan kekurangannya

Elisha Nathania

6_Software_bitcoin_mining_terbaik_2021_beserta_kelebihan_dan_kekurangannya.jpg

Akhir-akhir ini, istilah bitcoin semakin santer terdengar dan banyak masyarakat. Peningkatan valuasinya yang melesat dari waktu ke waktu membuat banyak orang antusias dan memilih bitcoin sebagai salah satu instrumen investasi mereka. 

Dengan semakin melambungnya popularitas, bitcoin mining juga semakin diminati oleh investor walaupun harus melalui sistem algoritma yang rumit. Apa itu mining bitcoin dan cara kerjanya? Kamu bisa memahaminya dalam ulasan di bawah ini.

Apa itu bitcoin mining?

Apa itu bitcoin mining?
Bitcoin mining rumit namun membutuhkan ketelitian - sumber gambar: pexels.com

Bitcoin mining adalah sebuah proses saat serangkaian bitcoin yang baru memasuki sistem yang kemudian perlu dijaga, diamankan dan dicatat transaksinya. Bitcoin mining akan memerlukan komputer yang sangat canggih yang dapat menyelesaikan berbagai komputasi matematika yang rumit.

Bitcoin miner merupakan sebutan untuk mereka yang bersedia melakukan pekerjaan bitcoin mining. Walaupun bitcoin mining cenderung rumit, membutuhkan ketelitian dan biaya yang dibutuhkan pun tidak murah, namun banyak investor yang mau melakukan pekerjaan ini. Hal ini karena mereka akan mendapatkan penghargaan berupa token crypto, sehingga bitcoin miners akan mendapatkan cryptocurrency tanpa harus menginvestasikan sejumlah uang. 

Bagaimana cara kerja bitcoin mining?

Bagaimana cara kerja bitcoin mining?
Bitcoin miner akan mendapat token sebagai imbalan - sumber gambar: pexels.com 

Bitcoin mining memang menarik, namun kamu perlu memahami cara kerja sesungguhnya supaya dapat memutuskan apakah kamu cocok berperan sebagai bitcoin miner.  Bitcoin miner memiliki tugas utama sebagai auditor, yaitu membantu melegitimasi jalannya transaksi bitcoin dari seluruh pengguna bitcoin supaya transaksi tetap jujur. Selain itu, bitcoin mining juga berfungsi untuk menghindari adanya masalah double-spending. Yaitu, saat pengguna bitcoin membelanjakan bitcoin yang sama sebanyak dua kali dengan cara menduplikasi token bitcoin dan mengirimkannya kepada pihak lain sementara tetap memegang bitcoin aslinya.

Selain itu, bitcoin mining juga memiliki fungsi penting lainnya, yaitu, merupakan satu-satunya cara untuk meluncurkan bitcoin ke dalam sirkulasi bitcoin yang ada. Tanpa adanya bitcoin mining, jaringan bitcoin akan tetap berjalan, namun tidak akan ada bitcoin tambahan. Bitcoin miners juga akan memiliki peran untuk voting dan berperan pada pengambilan keputusan jika merasa perlu adanya perubahan pada protokol bitcoin.

Seperti yang sudah kamu pahami, bitcoin miners akan mendapatkan token setelah berhasil memverifikasi transaksi. Transaksi yang harus diverifikasi adalah sejumlah 1 megabyte transaksi, dimana batas ini telah ditetapkan sendiri oleh Satoshi Nakamoto, founder dari bitcoin. Namun, bitcoin mining tidak sesederhana itu. Kamu tidak akan otomatis mendapatkan token ketika berhasil memverifikasi sejumlah transaksi yang telah ditetapkan. Selain harus memverifikasi 1 megabyte transaksi, kamu juga perlu menjadi miner pertama yang memiliki jawaban benar atau mendekati. 

Baca juga: 3 Tipe trader di pasar cryptocurrency 

6 Software bitcoin mining terbaik 2021 

6 Software bitcoin mining terbaik 2021
Beberapa software ini dapat membantu kamu menjadi bitcoin miner - sumber gambar: pexels.com

Bitcoin mining terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu, untuk itu, kamu memerlukan bukan hanya komputer reguler namun komputer dengan peralatan yang canggih seperti GPU (Graphics Processing Unit) dan Application-Specific Integrated Circuit (ASIC). Selain itu, kamu juga perlu menggunakan software dengan fitur yang mumpuni seperti;

1. CGMiner

CGMiner telah diciptakan sejak tahun 2011 untuk mining cryptocurrency. Software ini sering dibicarakan sebagaibitcoin mining software terbaik karena dapat digunakan oleh berbagai komputer, bersifat open-source dan interface yang sederhana.

2. MultiMiner

MultiMiner sudah dikembangkan sejak tahun 2013 dan dibangun pada mesin BFGMiner. Keunggulan dari MultiMiner adalah kamu tidak perlu memiliki keahlian coding yang biasanya dibutuhkan oleh bitcoin mining software lainnya. Selain itu, MultiMiner memiliki fitur canggih seperti quick-start mining.

3. BFGMiner

BFGMiner merupakan software terbaik kedua setelah CGMiner dan cocok untuk digunakan oleh user yang sudah mahir. Bitcoin mining software ini dapat memonitor temperatur perangkat keras, mendeteksi threads yang stagnan dan mengelola rig dari jarak jauh. Lebih menariknya lagi, BFGMiner dapat digunakan untuk melakukan mining banyak cryptocurrency dalam waktu bersamaan.

4. Awesome Miner

Awesome Miner dikembangkan pada tahun 2014 yang ditujukan untuk pengguna Windows. Bitcoin mining software ini dapat memfasilitasi mining yang besar dan user akan dengan mudah mengelola beberapa mesin mining dalam satu software saja. Selain itu, Awesome Miner juga memiliki fitur untuk menampilkan kondisi hardware seperti temperatur dan fan speed.

5. EasyMiner

EasyMiner memiliki graphical interface yang nyaman sama seperti BFGMiner dan beberapa software untuk bitcoin mining populer lainnya. Tampilan interface dari EasyMiner dapat membuat user dengan mudah untuk menyesuaikan, mengganti pools dan mengontrol dompet dari bitcoin.

6. Nicehash

Nicehash memungkinkan pengguna untuk melakukan bitcoin mining dengan menggunakan 30 algoritma berbeda dan pada saat yang sama, biaya akan dikonversikan kepada MTC. Jika menggunakan Nicehash, kamu juga dapat menyewakan kapasitas yang kamu miliki kepada pengguna lainnya.

Supaya lebih jelas, kamu bisa memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing software untuk bitcoin mining pada tabel berikut:

Software Kelebihan Kekurangan
CGMiner
  • Dapat digunakan di Mac, Windows, Linux.
  • Menyesuaikan dengan ASIC, GPU dan FPGA.
  • Gratis dan bisa didapatkan di GitHub.
  • Sulit diunduh dan terhambat jika menggunakan Windows 10.
  • Lebih cocok digunakan oleh user berpengalaman.
MultiMinner
  • Menggunakan Graphical User Interface.
  • Fitur mining yang otomatis.
  • Cocok digunakan untuk Windows.
  • Memerlukan software tambahan untuk Linux dan MacOs
  • Fitur untuk custom yang lebih sedikit.
BFGMiner
  • Dapat melakukan beberapa mining dalam satu waktu.
  • Dapat digunakan di Mac, Windows dan Linux.
  • Fokus menjadi sempit jika menggunakan perangkat ASIC.
  • Graphical interface yang terbatas.
Awesome Miner
  • Dapat melakukan mining untuk cryptocurrency yang populer dan mahal.
  • Dapat diakses dari komputer, tablet dan handphone.
  • Tidak cocok untuk pemula.
  • Tidak bisa digunakan untuk MacOs.
EasyMiner
  • Cocok untuk berbagai peralatan komputasi.
  • Program secara konsisten memonitor neraca dan menghasilkan statistik yang detail.
  • Terdeteksi sebagai ancaman pada antivirus.
  • Dalam beberapa versi, perubahan pada bitcoin mining harus melalui command line.
Nicehash
  • Memiliki fitur kalkulator yang presisi.
  • Terdapat petunjuk penggunaan yang detail.
  • Dapat melakukan mining untuk berbagai token.
  • Konversi otomatis dari koin ke bitcoin terkadang kurang menguntungkan.

Sekarang, sudah paham, kan mengenai bitcoin mining? Jika kamu tertarik menggelutinya, kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut. Namun, jangan khawatir, untuk memiliki bitcoin kamu tidak harus menjadi bitcoin miners. Kamu tetap dapat berinvestasi dengan membeli bitcoin dengan harga yang ada dari berbagai platform.

Selamat berinvestasi!

sign up EKRUT

Sumber:

  • investopedia
  • bitcoinminershashrate

Tags

Share