Published on

Technology

Kenali 3 tipe trader ini di pasar cryptocurrency

Maria Yuniar

bitcoin-3089728__340.jpg

Meningkatnya popularitas cryptocurreny dan cryptoasset, ditambah cerita sukses berinvestasi pada aset digital, telah menarik perhatian sebagian orang. Mereka yang melakukan transaksi jual dan beli aset dapat disebut sebagai trader.

Pada dasarnya, ada banyak tipe trader di pasar crytocurrency. Namun, ada tiga tipe trader yang paling mencolok. Siapa saja mereka?

Speculator

Tipe trader ini perlu dihindari karena biasanya hanya akan mendatangkan kerugian bagi kamu. Tipe trader ini melakukan trading untuk sekadar mencoba peruntungan. Mereka biasanya bergabung ke banyak kanal di Telegram dengan harapan dapat menemukan informasi untuk membeli atau menjual crypto.

Menariknya, kanal Telegram yang membagikan informasi jual dan beli cryptoasset saat ini juga memiliki agenda lain di belakangnya. Pemiliknya disebut-sebut punya tujuan untuk mengarahkan pasar agar mendapatkan keuntungan besar. Jadi, para pengikut kanal ini hanya dijadikan “sarana” dan membuat mereka merasa ketakutan ketinggalan informasi.

Oleh karena itu ada baiknya kamu menyeleksi satu persatu, serta fokus kepada channel yang memberikan edukasi kepada para pengikutnya. Ingat, kamu bertanggung jawab penuh atas kerugian yang kamu alami.

Untuk menghindari kemungkinan menjadi speculator trader, pastikan anda menguasai dasar-dasar trading, melakukan riset, dan membuat rencana. Tujuannya, agar kamu mengetahui cryptoasset yang akan memberikan keuntungan dalam jangka pendek atau panjang.

Baca juga: 3 Cara lindungi aset kripto

Investor

Jika kamu menjadi investor, tentu intensitas trading kamu tidak seperti day trader atau swing trader. Ada dua jenis investor, yaitu uninformed dan informed.

  • Uninformed investor

Investor uninformed biasanya menggunakan jasa orang lain untuk mengatur portofolio milik mereka. Investor tipe ini hanya sesekali melakukan pengecekan untuk memastikan semua berjalan dengan lancar dan portofolio bertumbuh.

Saat ini sudah mulai banyak perusahaan pengelola dana investor beralih mengelola aset digital. Tentu kamu perlu mempelajarinya dengan baik, karena pasar cryptoasset lebih fluktuatif dari pasar pada umumnya.

  • Informed investor

Investor informed mengelola cryptoasset secara mandiri, melakukan riset, dan mempelajari pergerakan harga pada pasar lalu menentukan rencana pembelian cryptoasset. Rata-rata para investor informed menyimpan cryptoasset dalam jangka yang panjang, yakni sekitar satu hingga tiga tahun.

tipe trader cryptocurrency, - EKRUT
Seseorang disebut trader bila menjadikan trading sebagai pekerjaan - EKRUT

Trader

Trader adalah mereka yang benar-benar melakukan trading sebagai pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk melakukan trading dengan baik. Traders juga dibagi menjadi dua tipe, yaitu Day Trader dan Swing Trader.

  • Day Trader

Trader yang masuk dan keluar dalam hari yang sama disebut day trader. Tidak peduli untung atau rugi, day trader menutup posisi di hari yang sama.

  • Swing Trader

Jika day trader menutup posisi pada hari yang sama, maka swing trader bisa menahan posisi dalam waktu yang lebih lama, dari hitungan pekan sampai bulan. Warren Buffet, investor ternama dunia, menggunakan metode ini pada saat melakukan trading.

Jadi, kenali dulu ya para pelaku perdagangan cryptocurrency, sebelum kamu terlibat dalam jual-beli mata uang virtual.

tipe trader cryptocurrency

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags

Share