Published on

Careers

Contoh Email Lamaran Kerja Profesional dan 8 Poin Penting

Nelson Simbolon

Contoh_body_email_lamaran_kerja_profesional.jpg

Melamar pekerjaan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Perusahaan akan menentukan bagaimana cara mengirim dokumen lamaran kerja bagi para pelamar. Kebanyakan pelamar diminta untuk mengirim aplikasi melalui sistem online, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk datang langsung ke perusahaan terkait.

Salah satu cara yang paling umum adalah dengan mengirimkan surat lamaran melalui email. Walaupun terkesan mudah, melamar pekerjaan melalui email cukup sulit dilakukan, terutama bagi kamu yang baru pertama kali melakukannya.

Banyak pelamar yang hanya fokus dan menghabiskan waktu pada resume dan cover letter sebaik mungkin, tetapi melupakan bahwa menulis email lamaran kerja itu sama pentingnya. Kamu harus menulisnya dengan terstruktur dan terformat dengan baik sebelum mengirimkannya.

Baca juga: 10 Cara melamar kerja ini bisa bikin HRD terkesan

8 Poin dalam body email lamaran kerja yang baik dan benar

Poin dalam body email lamaran kerja yang baik dan benar
Terdapat poin yang harus ada dalam email lamaran kerja. - Pexels

Email yang kamu kirimkan tidak harus panjang, ada beberapa poin dalam body emaiol lamaran kerja yang harus kamu perhatikan.

1. Subyek email

Bagian perekrutan akan menerima banyak email, kamu dapat mempermudah mereka dalam menyaring email. Masukkan nama dan posisi pekerjaan yang kamu inginkan dalam subjek email.

2. Salam pembuka (Salutation)

Apabila memungkinkan kamu bisa menyebutkan nama yang akan menerima emailmu. Kamu bisa mencari tahu di laman website perusahaan, jika tidak ada kamu bisa menunjukkannya kepada HRD Manager.

3. Paragraf pertama

Pada paragraf pertama, sangat penting bagi kamu untuk menjelaskan apa tujuanmu menulis email tersebut. Sebutkan juga dimana kamu melihat lamaran pekerjaan ini, dan posisi pekerjaan yang kamu incar.

4. Paragraf Kedua

Di sinilah kamu bisa memberikan kualifikasi yang menunjukan bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat. Highlight apa saja pengalaman dan pencapaian yang kamu miliki. Pastikan kamu tidak menyalin langsung dari resume.

5. Paragraf Terakhir

Pada bagian ini kamu bisa mengucapkan rasa terima kasih kepada penerima email karena sudah menyempatkan waktu untuk membaca dan mempertimbangkan lamaranmu. 

Jangan lupa untuk menyebutkan bahwa ada dokumen terlampir. Kamu juga harus menanyakan bagaimana follow up dari proses aplikasi pekerjaan ini.

6. Penutup

Gunakan kata penutup secara sopan, tambahkan pula nama lengkapmu.

7. Email Signature

Menggunakan email signature, merupakan langkah mudah untuk memberikan informasi kontak kepada penerima email, seperti nama, nomor telepon, dan email.

8. Lampirkan dokumen

Lampirkan dokumen pendukung dalam proses pelamaran kerja, seperti CV, cover letter, sertifikat, dan lainnya. Jika perusahaan tidak menentukan format dokumen, gunakanlah format PDF.

Baca juga: 7 Masalah melamar pekerjaan dan cara mengatasinya

Contoh body email lamaran kerja

Contoh body email lamaran kerja
Contoh body email lamaran kerja dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pelamar. - Pexels

Subjek: Ariska - Data Analyst

Kepada
Yth. Bapak/Ibu bagian HRD

Saya menemukan posisi pekerjaan yang sangat menarik pada situs portal perusahaan Anda. Saya tertarik untuk melamar posisi sebagai Data Analyst di Ekrut. Setelah membaca deskripsi pekerjaan dan persyaratannya, saya merasa pekerjaan ini sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang saya miliki.

Saya baru saja lulus dari Universitas Gadjah Mada, dengan gelar Sarjana Pariwisata. Saya ingin menggunakan pengetahuan dan kemampuan saya untuk bekerja di perusahaan Anda. Selama saya kuliah, saya telah mengikuti program magang di Kementerian Pariwisata sebagai Data Analyst selama 6 bulan. 

Telah terlampir resume, cover letter, dan sertifikat untuk menjadi bahan pertimbangan. Harap jangan ragu apabila Anda membutuhkan tambahan informasi. Terima kasih banyak atas waktu dan pertimbangan yang diberikan dan saya menantikan kabar dari Anda segera.

Hormat saya.

Ariska
(0274) 123-456
ariska@email.com

Contoh body email lamaran kerja bahasa Inggris

Contoh body email lamaran kerja bahasa Inggris
Email lamaran kerja juga dapat dikirim dengan menggunakan bahasa Inggris- Pexels

Subject line: Joshua Hong – Digital Marketing Assistance

Dear Mr. Wang/Dear Hiring Manager,

I came across a very exciting position on your job portal that I believe fits me perfectly. I am interested in applying for the position of Digital Marketing Assistance at Ekrut. After reading the job description and requirements, I know that I would be a valuable asset to your company. 

I am a recent graduate from Universitas Indonesia with a Bachelor in Economics. I am eager to put my knowledge and experience to work in a well-known company such as yours. During my time at Universitas Indonesia, I participated in digital marketing internships for 6 months with e- commerce companies and have gained the necessary skills needed to be a successful digital marketing professional.

Attached you will find my cover letter, resume and certificates for your consideration. Please do not hesitate to reach out if you would like additional information.

Thank you so much for your time and consideration for this position and I look forward to hearing from you soon.

Sincerely,

Joshua Hong
(021) 123-456
joshuahong@email.com

Baca juga: 4 Alasan kenapa mencari kerja dengan kirim CV tidak efektif lagi

Sign up EKRUT

Membuat email lamaran kerja bukanlah hal yang sulit apabila kamu sudah mengetahui poin-poin yang harus ada pada body email. Pastikan kamu menggunakan alamat email profesional pada saat mengirim lamaran pekerjaan. Semoga berhasil, ya!

Sumber: 

  • indeed.com
  • cleverism.com
  • thebalancecareers.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    4_Contoh_tes_Pauli_dan_panduan_menguasainya.jpg

    Careers

    4 Contoh tes Pauli dan panduan menguasainya

    Nelson Simbolon

    23 April 2021
    5 min read

    Video