Published on

Careers

4 Alasan kenapa mencari kerja dengan kirim CV tidak efektif lagi

Tsalis Annisa

alasan-mencari-kerja-dengan-kirim-cv-sudah-tidak-efektif-EKRUT.jpg

Tahukah kamu? Bahwa ternyata, beberapa perekrut tidak benar-benar membaca secara detail informasi yang kamu berikan di dalam CV atau Curriculum Vitae. Jika ini yang terjadi, lalu seberapa efektifkah melamar dengan mengirimkan CV?

Seiring berjalannya teknologi, melamar kerja dengan mengirimkan CV menjadi cara yang konvensional bahkan cenderung tradisional. Aplikasi online, atau bahkan bergabung di talent marketplace menjadi cara mendapatkan pekerjaan yang lebih modern, dan efektif. 

Kenapa? Berikut ini adalah beberapa alasannya. 

1. Sayangnya, CV mulai dianggap kurang akurat

Tidak hanya lowongan kerja palsu, saat ini informasi CV pun tidak sedikit yang kurang akurat. Bahkan, beberapa kandidat pun mulai melebih-lebihkan isi. 

Tak hanya itu, dengan beberapa kandidat yang mulai sering menggunakan template CV, perekrut pun semakin merasa kurang dapat benar-benar melihat kualitas dan kepribadian kandidat melalui CV yang dikirimkan.

2. Perekrut tidak membaca isi CV dengan teliti

Begitu banyaknya pelamar kerja terkadang membuat perekrut tidak membaca isi CV dengan teliti. Hanya sedikit membaca cepat, lalu jika dirasa kurang cocok maka kamu pun dieliminasi tanpa melalui proses tes sebelumnya. 

3. Terlalu memakan waktu

Saat kamu hendak mengirimkan CV, baik yang pertama, atau bahkan memperbaiki tampilan dan informasinya. Umumnya kamu akan menghabiskan waktu hingga hampir seharian. 

Tak berhenti sampai di situ, mengirimkan CV dan membuat cover letter untuk setiap perusahaan yang kamu lamar juga tidak kalah memakan waktu. Coba ingat-ingat, pernahkah kamu menyediakan waktu khusus hingga seharian untuk melakukan ini semua? 

4. Melamar dengan cara baru dapat membuat HRD terkesan

Tidak hanya isi CV, caramu melamar pekerjaan juga akan memberikan kesan yang berbeda kepada HRD. Jika kamu menggunakan cara baru, bisa jadi perekrut akan menilai kamu sebagai seseorang yang cukup mengikuti perkembangan zaman, dan cukup paham teknologi. 

Lalu, bagaimana cara efektif untuk mendapatkan pekerjaan?

Seiring berkembangnya teknologi dalam berbagai aspek juga memengaruhi pola seseorang dalam mendapatkan pekerjaan. Agar lebih mudah, beberapa cara pun diciptakan. 

Salah satunya adalah dengan munculnya talent marketplace yang dapat memudahkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan hanya dengan sekali mendaftar. Bahkan tidak tanggung-tanggung, kamu juga berpotensi untuk mendapatkan beragam tawaran kerja hanya dalam satu kali daftar. 

Selain itu, dengan kecanggihan data science, bergabung di talent marketplace juga dapat memudahkan perusahan untuk menemukan kamu sebagai kandidat yang tepat. Bahkan, dengan data yang sudah terverifikasi, kamu juga tidak perlu khawatir akan mendapatkan tawaran atau terjebak lowongan kerja palsu.

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa alasan kenapa melamar dengan CV tidak lagi efektif, apakah kamu masih mau repot mencari pekerjaan dengan mengirimkan CV ke sana-kemari?

 

 

mencari kerja dengan kirim cv sudah tidak efektif lagi - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • theguardian.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_affiliate_marketing.jpg

Careers

7 Strategi Affiliate Marketing yang Efektif untuk Diterapkan di Tahun 2022

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1_project_manager_adalah.jpg

Expert's Corner

Project Manager Adalah: Tanggung Jawab, Skill-set, dan Proyeksi Karier 2022

Alvina Vivian

26 May 2022
5 min read
0-buku-pengembangan-diri.jpg

Careers

10 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Dibaca Tahun 2022

Arin Khurota

25 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read