Media

6 Cara mengatasi rasa capek akibat tekanan kerja
By Tsalis Annisa - 14 June 2019
5 min read 841 Views

Rasa jenuh dan capek akibat tekanan kerja dapat menurunkan produktivitas serta memengaruhi kualitas hasil pekerjaan. Untungnya, ada beragam cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi capek kerja.

Sambil menerapkan berbagai tips berikut, sebaiknya kamu juga menggali lebih dalam penyebab rasa capek tersebut. Pasalnya, rasa jenuh dan capek yang kamu alami bisa jadi bersumber dari pekerjaan itu sendiri. 

Cara mengatasi capek kerja

Berikut adalah beberapa tips mengatasi rasa capek akibat akibat tekanan kerja:

1. Perhatikan apa yang kamu konsumsi

Tubuh membutuhkan energi dari makanan yang kamu konsumsi agar bisa menjalankan fungsinya dengan normal. Tanpa asupan energi yang memadai, kamu akan lebih mudah merasa lelah saat bekerja.

Perhatikan jenis dan jumlah makanan yang kamu makan. Pilihlah makanan kaya protein dan serat dengan porsi yang cukup. Makan terlalu sedikit dapat membuatmu kekurangan energi, tapi makan terlalu banyak bisa menimbulkan rasa kekenyangan dan menimbulkan rasa lelah.

2. Rutin berolahraga

Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah pada seluruh tubuh sehingga kamu tidak mudah merasa lelah lelah. Kegiatan ini juga dapat membuat kerja jantung, paru-paru, dan otot menjadi lebih efektif.

Olahraga yang terlalu berat justru dapat memicu rasa lelah. Jadi, pilihlah olahraga dengan intensitas ringan seperti jogging, berlari, push-up, dan sejenisnya. Lakukan secara rutin minimal selama 30 menit setiap hari.

3. Melakukan power nap

Power nap adalah sebutan untuk tidur siang dalam waktu singkat, yakni sekitar 10-30 menit. Durasi ini dinilai ideal, sebab tidur siang terlalu lama dapat menimbulkan rasa lelah dan mengganggu jam tidur pada malam hari.

Waktu terbaik untuk melakukan power nap adalah pada pukul 1-3 siang. Sesuaikan dengan waktu istirahat di kantor agar kamu bisa tidur siang dengan nyaman dan efektif. Misalnya, setelah jam makan siang.

capek kerja - EKRUT
Dehidrasi akan dapat menurunkan performa kamu, pastikan kamu mencukupi kebutuhan air - EKRUT

4. Mencukupi kebutuhan air

Dehidrasi akan menurunkan performa fisik, konsentrasi, kewaspadaan, dan tingkat energi tubuh. Selain itu, kamu juga lebih mudah mengalami kelelahan walaupun hanya melakukan pekerjaan sehari-hari di kantor.

Inilah pentingnya mencukupi kebutuhan air setiap hari. Mulailah dengan membiasakan diri minum air putih setiap 1-2 jam sekali. Batasi pula minuman kemasan, bersoda, tinggi kafein, berperisa, dan mengandung banyak gula.

5. Aktif bergerak 

Rasa capek selama kerja juga bisa disebabkan karena kamu terlalu lama duduk menghadap komputer. Jadi, berikan jeda sejenak di antara jam kerja dan cobalah untuk lebih banyak bergerak.

Berdirilah di depan meja kerja, lalu regangkan otot-otot tubuhmu. Setelah itu, kamu bisa berjalan kaki di sekitar area kantor. Berdiri dan berjalan kaki sangat efektif untuk menghalau rasa lelah serta kantuk yang menyerang selama bekerja.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang buruk merupakan salah satu faktor yang paling sering menyebabkan rasa lelah selama bekerja. Padahal, tidur adalah waktu yang tepat bagi tubuh untuk memulihkan energi setelah seharian beraktivitas.

Selain mencukupi kebutuhan tidur, kamu dapat meningkatkan kualitas tidur dengan berusaha tidur dan bangun pada jam yang sama. Rutinitas ini membantu mempertahankan jam biologis tubuhmu guna menghindari lelah pada siang hari.

Selain itu, menyempatkan dirimu untuk tidur siang di kantor juga tidak ada salahnya untuk dilakukan. Terlebih lagi mengingat manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan produktivitas kamu. 

capek kerja - EKRUT
Jika rasa capek kerja tak kunjung membaik, mungkin ini saatnya kamu mendapatkan pekerjaan yang baru - EKRUT

Jika rasa capek kerja tidak kunjung hilang

Terkadang, rasa lelah akibat pekerjaan tidak juga hilang walaupun kamu telah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Bisa jadi, sumber rasa lelah tersebut sebenarnya berasal dari pekerjaan yang kamu jalani.

Coba amati kembali kondisimu saat ini. Kamu mungkin perlu mencari solusi baru terkait pekerjaanmu jika hari-harimu terisi oleh kebiasaan berikut: 

  • Selalu merasa lelah dan ingin tidur lebih lama pada pagi hari 
  • Sering datang terlambat ke kantor
  • Ingin menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin agar bisa beristirahat
  • Mengalami perubahan pola tidur yang tidak tetap
  • Tidak memiliki antusias saat orang lain bertanya mengenai pekerjaanmu
  • Selalu menunggu akhir pekan

Capek kerja yang berlarut-larut mungkin menandakan bahwa kamu memerlukan pekerjaan baru. Meski demikian, keputusan untuk mengundurkan diri tidak boleh diambil secara sembarangan.

Jadi, pastikan kamu telah memperhitungkan semua hal dengan matang sebelum memutuskan untuk berpindah pekerjaan, ya!

capek kerja. - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • resign
  • produktivitas
  • kinerja
  • karier
  • tips
  • capek kerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang