Media

Ini 7 manfaat tidur siang di kantor yang tingkatkan performamu
By Tsalis Annisa - 24 January 2019
3 min read 55 Views
Tidur siang dapat meningkatkan performa - EKRUT
Tidur siang dapat meningkatkan performa - EKRUT

Tidur di sela-sela jam kerja mungkin nampak sulit untuk kamu lakukan. Tapi tahukah kamu? Bahwa ternyata banyak manfaat tidur siang yang cukup baik untuk performa kerjamu.

Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang tidak hanya menghilangkan lelah, tapi juga dapat membuat pekerja lebih konsisten, meningkatkan mood, membuatmu lebih rileks, dan tentunya dapat mengembalikan energi yang akan membantumu untuk bekerja secara efektif. 

Bahkan beberapa perusahaan besar seperti Google, dan Uber sudah memiliki ruang khusus untuk tidur siang. Lebih lengkap, berikut ini beberapa manfaat tidur siang yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan performa kerja

Studi menunjukkan bahwa tidur sangatlah membantu dalam meningkatkan ingatanmu, meningkatkan persepsi akal, dan kemampuan motorik sehingga kamu dapat merespon lebih cepat terhadap kerjaan. Itulah mengapa tidur siang dipercaya dapat membantumu meningkatkan performa kerja.

Tak hanya itu, tidur siang juga dapat membantumu untuk lebih meningkatkan daya pikirmu. Pasalnya, kamu akan lebih mudah ‘menjahit’ informasi dan menghubungkannya sehingga menjadi satu logika.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Biasanya karena kurang tidur, sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Nah, dengan tidur siang membantumu untuk menyelesaikan tidur dan merilekskan otak. Tidur siang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan memperkuat sistem kekebalan.

Baca juga: Jangan stres! Kamu masih bisa berdamai menghadapi atasan super nyebelin

3. Mengurangi stres

Tuntutan kerja mungkin dapat membuat kamu mengalami stres. Nah, melakukan tidur siang di sela jam kerja atau setelah makan siang, dapat membantumu dalam mengatasi hal ini. Pasalnya, setelah tidur kamu akan cenderung menjadi lebih rileks, begitu pula dengan detak jantungmu, dan tekanan darahmu akan cenderung menurun.

Tertarik untuk melakukan tidur siang? Kamu bisa coba melakukannya selama 30 menit sampai 60 menit. Tidur siang yang lebih lama tidak dianjurkan karena hal tersebut justru bisa membuat kamu lebih lelah.

4. Membuat kamu lebih konsisten terhadap kerjaan

Studi menunjukkan bahwa manfaat tidur siang lainnya adalah dapat membuat karyawan menjadi lebih konsisten dalam melakukan perkerjaannya. Pasalnya, ketika kamu melakukan perkerjaan yang sama setiap harinya, atau bahkan bertambahnya beban kerja dapat membuat performamu menurun.

Nah, dengan beristirahat atau tidur siang sejenank, maka kamu akan menjadi lebih tenang, dan semangatmu dalam mengerjakan pekerjaan akan kembali. Tentunya, performa kerjamu juga akan terjaga.

Baca juga: Bagaimana caranya dapat pekerjaan yang selalu bikin bahagia?

5. Meningkatkan daya ingatmu

Tahukah kamu? Bahwa ternyata, kurang tidur dapat membuatmu kesulitan untuk berpikir, dan dapat melemahkan daya ingatmu. Karena kurang tidur, ingatan kamu menjadi lemah dan tidak bisa berpikir dengan benar.

Tetapi jika kamu menghabiskan beberapa menit untuk tidur siang, maka akan meningkatkan memori dan kemampuan berpikir kamu. Bahkan, dibandingkan kopi, tidur siang lebih dapat membuat meningkatkan ingatanmu.

6. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Tidur siang dengan Rapid Eye Movement atau REM (tidur dengan gerakan mata yang cepat dan acak) dapat membantumu untuk dapat lebih berpikir kreatif. Pasalnya, pada momen ini tubuuhmu akan mengaktifkan bagian di otak yang berhubungan dengan mimpi dengan gambaran.

Biasanya REM ini akan muncul 70 menit setelah kamu tertidur. Jadi, jika kamu bangun tidur dengan penuh ide, kamu tahu apa penyebabnya, kan?

Baca juga: 6 tipe atasan dan cara menghadapinya

7. Meningkatkan kualitas tidur di malam hari

Pernah dengar larangan untuk tidak tidur siang agar kamu bisa tidur di dalam hari? Nyatanya, tidur siang justru dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Tapi, kamu juga disarankan untuk menggabungkannya dengan berolahraga.  Dan pastikan kamu melakukannya hanya selama 30 menit, di antara jam satu siang hingga jam tiga sore.

Nah, kalau kamu mau meningkatkan kesehatan dan semangat kerja, tidur siang bisa kamu lakukan setelah makan siang. Kamu bisa tidur di meja kerjamu, bisa juga di ruang rapat, di dalam mobil, atau bahkan di dalam toilet.

Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan juga sudah memiliki ruang tidur, atau ruang main khusus untuk karyawan. Sehingga tidak perlu repot mencari tempat untuk tidur.

Jika kamu tertarik untuk mengembangkan karier dan memilki tempat kerja dengan ruangan khusus seperti ini, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Karena situs seperti ini juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan startup yang dipercaya cukup memerhatikan kenyamanan karyawannya.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: karier, performa kerja, produktivitas, manfaat tidur siang

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang