Register

careers

6 Cara agar percaya diri dalam melakukan pekerjaan

Tsalis Annisa

10 October 2020

cara-agar-percaya-diri-EKRUT.jpg

Siapapun pasti setuju bahwa rasa percaya diri merupakan kompetensi terpenting yang harus dimiliki agar sukses di tempat kerja. Oleh karena itu, cara agar percaya diri dalam melakukan pekerjaan menjadi salah satu hal yang sangat perlu diketahui.

Nah, agar kamu dapat lebih percaya diri dan pekerjaanmu menjadi lebih lancar. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan percaya dirimu. 

1. Tingkatkan pengetahuan yang kamu miliki

cara agar percaya diri - EKRUT
Teruslah belajar dan meningkatkan skill agar kamu semakin menguasi hal-hal yang ada di kantor - EKRUT

Salah satu cara mudah membangkitkan rasa percaya diri adalah dengan meningkatkan pengetahuan yang dimiliki dan tidak pernah berhenti belajar. Membaca dapat menjadi salah satu solusi untuk menambah pengetahuan yang kamu miliki.

Mengetahui bagaimana dan mengapa beberapa praktik dan proses kerja dapat meningkatkan kepercayaan dirimu di kantor. 

Kamu jadi lebih menguasai hal-hal yang ada di kantor dan hal ini tentunya akan membuatmu bekerja dengan lebih percaya diri dan tidak takut salah karena kamu memang benar memiliki ilmunya.

Baca juga: Memilih kursus online yang tepat bagi pekerja

2. Identifikasi kelebihan yang kamu miliki dan berfokus pada hal itu

cara agar percaya diri - EKRUT
Fokus pada kelebihan diri membantu kamu lebih percaya diri - EKRUT

Cara lainnya yang sangat baik dalam membangun kepercayaan diri adalah dengan mengidentifikasi kelebihan yang kamu miliki dan setelah mengetahuinya, usahakan untuk menonjolkan kelebihan tersebut dalam pekerjaan-pekerjaan yang kamu lakukan.

Ketika kamu berhasil mengikuti kelebihan yang kamu punya dan menjadikannya salah satu tenaga untuk lebih percaya diri, kamu sudah berada pada jalur yang tepat dan tinggal mempertahankannya.

3. Dorong dirimu keluar dari zona nyaman

cara agar percaya diri - EKRUT
Keluar dari zona nyaman menjadi cara kamu memperluas skill dan pengalaman - EKRUT

Jika menonton film di rumah adalah zona nyamanmu selama akhir pekan, cobalah keluar dari rutinitas tersebut. Cobalah bertemu dengan orang baru. Coba tantang dirimu dengan mendaftar volunteer proyek yang dapat mengembangkan skill baru bagimu.

Kamu juga bisa menantang dirimu dengan melamar pekerjaan yang sepertinya sulit, namun sesuai dengan minatmu.  

Bisa juga dengan mencoba menjadi pembicara di sebuah acara yang akan menuntut kemampuan public speaking milikmu. Lakukanlah apapun hal di luar zona nyamanmu yang dapat membantu mengembangkan dirimu lebih baik lagi.

Baca juga: Ini 8 alasan pentingnya kamu keluar dari zona nyama

4. Hilangkan kebiasaan meremehkan diri sendiri

cara agar percaya diri - EKRUT
Mulailah untuk percaya akan kemampuan dirimu dan berhenti meremehkan diri sendiri - EKRUT

Tidak ada seorangpun yang bisa menjadi berhasil dengan selalu meremehkan dan menyalahkan dirinya sendiri, begitu juga denganmu. Jadi, cobalah berbicara hal-hal baik mengenai dirimu sendiri. Jangan terbiasa meremehkan apalagi menyalahkan dirimu sendiri. Jangan terbiasa berpikir negatif mengenai dirimu.

Cobalah untuk memiliki pemikiran yang positif mengenai dirimu. Jangan selalu merasa insecure dan menyalahkan dirimu atas kegagalan-kegagalan yang terjadi di dalam hidupmu. Hal ini akan mampu membantumu meningkatkan kepercayaan diri dan belajar hal-hal positif dengan lebih mudah.

5. Jangan malu bertanya 

cara agar percaya diri - EKRUT
Dengan bertanya kamu jadi bisa belajar hal-hal yang tidak kamu ketahui sebelumnya - EKRUT

Menjadi percaya diri bukan berarti kamu harus menutupi keadaan jika kamu tidak mengetahui suatu hal. Sebaliknya, jika kamu tidak yakin bagaimana caranya melakukan suatu hal atau pekerjaan, bertanyalah pada orang lain.

Dengan bertanya kamu bisa melakukan tugas dengan benar dan tidak mengacaukan pekerjaan tersebut. Sebab, jika pekerjaan kamu kacau dan tidak benar, tentu pada akhirnya hal ini malah akan menurunkan kepercayaan diri kamu untuk menjalankan tugas-tugas lainnya di pekerjaan. Jadi, jangan pernah malu bertanya ya. 

Baca juga: 7 Cara mengembangkan potensi diri demi kesuksesan karier

6. Jadilah sosok yang kamu harapkan ada 

cara agar percaya diri - EKRUT
Jadilah seperti sosok yang kamu harapkan untuk membangun percaya diri - EKRUT

Ketika kamu mengambil langkah untuk mulai membangun rasa kepercayaan diri, jangan lupa untuk menjadi sosok yang kamu harap ada ketika kamu sedang merasa kurang percaya diri. Jadilah sosok yang kamu harap ada untukmu. Kamu dapat menjadi sosok tersebut bagi orang lain.

Berusahalah untuk saling membantu orang lain yang dekat denganmu di kantor. Berikan mereka kekuatan, pemikiran positif, dan rasa percaya yang mereka butuhkan. 

Kamu dapat saling menguatkan satu sama lain juga nantinya. Hal ini tentunya akan mampu saling meningkatkan kepercayaan diri masing-masing. 

Demikianlah beberapa cara agar percaya diri dalam melakukan pekerjaan di kantor. Karena sekarang sudah mengetahui cara-cara di atas, sudah tidak ada alasan lagi untuk minder dalam bekerja, kan?

Semoga berhasil membangun kepercayaan dirimu di kantor, ya!

cara agar percaya diri - EKRUT
Last update: 10 October 2020

Sumber:

Tags

Share