Published on

Careers

6 Cara agar tidak stres setelah bekerja seharian

Tsalis Annisa

cara-agar-tidak-stres-EKRUT.jpg

Setelah bekerja seharian, kamu mungkin akan merasa sangat Lelah, atau bahkan stres. Jika stres dibiarkan, hal ini bisa berdampak buruk bagimu. Oleh karena itu, kamu perlu mencari cara agar tidak stres setelah bekerja seharian.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar stres yang kamu rasakan tidak menumpuk 

1. Olahraga

cara agar tidak stres EKRUT 
Olahraga bisa membantumu memperbaiki kesehatan mental - EKRUT

Setelah kerja seharian, olahraga mungkin bukan hal yang menarik untukmu. Tapi tahukah kamu? Bahwa olahraga tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik, tapi juga diketahui baik untuk kesehatan mental.

Bahkan olahraga terbukti mampu membantu melepaskan stres dan secara tidak langsung dapat meningkatkan produktivitas kerja. 

Nah, adapun olahraga yang menarik untuk kamu lakukan antara lain seperti, lari, yoga, sepakbola, basket, dan berenang. Beragam aktivitas ini dapat membantu tubuhmu dalam melepaskan hormone endorphin yang dapat membuatmu merasa lebih baik.

2. Mengambil napas dalam - dalam

cara agar tidak stres EKRUT 
Coba ambil napas dalam-dalam jika kamu merasa tegang setelah meeting - EKRUT

Jika kamu merasa kewalahan dengan pekerjaan yang membebanimu atau kamu merasa tegang setelah meeting yang menguras pikiran dan emosi, kamu perlu menjernihkan pikiran. Cobalah untuk melakukannya dengan mengambil napas dalam-dalam dan hembuskan.

Lakukanlah hal ini selama beberapa menit, dan lihatlah perbedaan yang kamu rasakan. Melakukan cara ini dapat mengembalikan keseimbangan pikiran dan perasaanmu.

Cara ini mirip seperti melakukan yoga atau meditasi, hanya saja lebih singkat. Namun, manfaat yang akan didapatkan tetap sama yaitu berupa ketenangan dan kembalinya fokus yang sempat menghilang.

Baca juga: Stres di tempat kerja? Begini cara benar mengatasinya

3. Nikmati perjalanan pulang dari kantor ke rumah

cara agar tidak stres EKRUT 
Cara agar tidak stres lainnya yang bisa kamu coba yakni dengan menikmati perjalanan - EKRUT

Setelah bekerja seharian, ditambah perjalanan pulang yang jauh atau bahkan macet, tentu dapat membuat kamu bertambah stres. Nah, agar stres mu tidak semakin bertambah, cobalah untuk menikmati perjalanan tersebut. 

Dengan melihat-lihat pemandangan selama perjalananmu atau mendengar siaran radio yang menghibur. Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa coba untuk bermain game selama perjalanan untuk menghilangkan stres setelah bekerja. 

4. Hadiahkan dirimu dengan makanan lezat

cara agar tidak stres EKRUT 
Tak ada salahnya juga bilsa sekali-kali kamu membeli makanan yang mahal untuk menghilangkan stres - EKRUT

Membawa bekal atau masak sendiri memang bisa lebih hemat dibandingkan dengan kamu membeli makanan. Tapi, jika stres kerja membuatmu sangat lelah hingga tidak sempat masak, cobalah untuk sesekali membeli makanan lezat. 

Selain kamu tidak perlu repot masak, sesekali makan makanan lezat yang sedikit mahal juga bisa menjadi bentuk hadiah atas kerja kerasmu selama ini. 

5. Mendengarkan musik

cara agar tidak stres EKRUT 
Musik yang bertempo lambat ternyata bisa membuat kamu menjadi lebih rileks - EKRUT

Cara agar tidak stres lainnya yang dapat kamu coba setelah seharian bekerja adalah dengan mendengarkan musik, terutama musik yang memiliki tempo lambat. 

Sebab, menurut penelitian University of Nevada menyebutkan bahwa musik yang lambat bisa membantu melepaskan beban kerja. Sebaliknya tempo musik yang memiliki ketukan cepat dapat membuat pendengar merasa waspada dan berenergi dari pada rileks   

6. Pastikan dirimu istirahat dengan baik dan cukup

cara agar tidak stres EKRUT 
Waktu istirahat yang cukup dapat memberimu efek ketenangan lebih - EKRUT

Memberikan dirimu waktu istirahat atau tidur yang cukup mampu memberikan efek ketenangan lebih. Itulah mengapa, jika kamu kurang tidur stres yang kamu alami dapat semakin memburuk.

Jika kamu sulit tidur karena banyak pikiran akibat stres yang menyelinap di kepalamu, cobalah untuk mencari cara agar dapat tertidur cepat.

Salah satu cara yang dapat kamu coba adalah dengan menekan lubang hidung kanan dan hanya bernapas melalui lubang hidung kiri selama 3 sampai 5 menit.

Cara tersebut dianggap ampuh untuk membuatmu cepat tidur, lho!

Baca juga: 4 Bahaya kurang tidur bagi pekerja kantoran

Memang, pekerjaan yang banyak dan melelahkan terkadang mampu membuat siapa saja merasa stres dan tertekan. Jika kamu juga salah satunya, cobalah terapkan beberapa cara agar tidak stres setelah seharian bekerja seperti di atas.

Dengan demikian, kamu bisa menghindari dan terbebas dari stres yang mengintai setelah seharian bekerja. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

cara agar tidak stres EKRUT 
Last update 11 September 2020

Sumber:

  • tinypulse.com
  • forbes.com
  • verywellmind.com

Tags

Share