Media

Stres di tempat kerja? Begini cara benar mengatasinya
By Tsalis Annisa - 31 January 2019
5 min read 528 Views
Stres di tempat kerja perlu segera ditangani agar tidak mengganggu kinerja - EKRUT
Stres di tempat kerja perlu segera ditangani agar tidak mengganggu kinerja - EKRUT

Stres di tempat kerja tidak hanya dapat mengganggu kinerja seseorang, tapi juga dapat memicu depresi jika tidak segara ditangani dengan tepat. Agar tidak berlarut, kamu perlu tahu cara tepat mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan demi mengatasi stres di tempat kerja.

1. Beristirahatlah sejenak

Cara pertama untuk mengatasi stres di tempat kerja adalah dengan istirahat sejenak. Cobalah menarik napas dalam-dalam, dan buang perlahan. Kemudian buatlah dirimu sedikit rileks dengan mendengarkan musik kesukaan, bermeditasi sejenak, atau berdoa. 

Dengan mengambil waktu sejenak untuk beristirahat selama 15 menit sampai 30 menit dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi kamu. Cara ini juga dapat membuat tubuh kamu rileks, dan mengurangi tingkat stres yang kamu alami.

2. Sempatkanlah berolahraga

Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya bahwa kegiatan yang satu ini dapat membantumu dalam mengatasi stres di tempat kerja. Nyatanya, berolahraga dapat membantu tubuhmu mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membuatmue merasa lebih baik.

Cobalah untuk menyempatkan dirimu berolahraga setidaknya 3 atau 5 kali seminggu dengan durasi 30 menit setiap sesinya. Kamu bisa memilih olahraga seperti lari, berenang, atau bahkan yoga.

3. Perhatikan pola makanmu

Saat stres, umumnya seseorang jarang memerhatikan pola makan dan jam tidur. Sayangnya, hal ini justru dapat memperburuk kondisimu. Jadi, jika kamu ingin segera bebas dari stres, cobalah untuk memilih makanan sehat sebagai asupanmu, dan pastikan kamu cukup minum air mineral.

Nah, agar tidurmu di malam hari tidak terganggu, cobalah menghindari minuman beralkohol, dan kopi. Karena kedua jenis minuman ini justru dapat mengganggu kualitas tidurmu. Selain itu, hindari juga rokok, karena juga dapat membuatmu sulit tidur.

4. Fokus pada solusi, bukan masalah

Kebiasaan banyak orang ketika mengalami stres di tempat kerja adalah terus-menerus memikirkannya. Tapi hal penting yang harus diingat adalah kamu tetap perlu fokus mencari solusi. Memikirkan masalah bahkan secara berlebihan tidak akan membawamu kemana-mana, jadi mulailah bertindak untuk menyelesaikannya.

5. Curhat dengan teman dekatmu

Curhat, atau mencurahkan isi hatimu kepada orang terdekat dapat membuatmu menjadi lebih lega. Selain itu, kamu juga mungkin mendapatkan cara pandang lain dari orang di luar masalahmu.

6. Cobalah untuk sedikit melamban

Di dunia yang sudah semakin serba cepat dan sibuk, terkadang kamu perlu sedikit melamban, dan mencoba untuk tidak terlalu keras terhadap dirimu. Dengan begini, kamu akan dapat lebih mencerna apa yang sedang terjadi padamu, dan di sekelilingmu.

Selain itu, cara ini juga mungkin dapat membantumu dalam mendapatkan jalan keluar mengenai masalahmu. Ingat, terkadang salah satu pemicu stres adalah dirimu sendiri.

7. Cobalah bicarakan dengan atasanmu

Salah satu cara mengatasi stres di tempat kerja yang bisa kamu lakukan adalah dengan membicarakannya dengan atasanmu. Dengan begini, atasan akan lebih paham mengenai apa yang sedang kamu alami, dan dapat membantumu mencarikan jalan keluar. Tak hanya itu, atasan mungkin juga akan mengizinkanmu untuk beristirahat atau mengambil cuti.

Baca juga: 9 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

8. Mengambil liburan singkat

Cobalah memanfaatkan waktu libur akhir pekan, atau ambilah cuti sebentar untuk mengunjungi tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi. Tak perlu pergi jauh, kamu bisa mencari tahu jika ada tempat baru di kota tempat tinggalmu yang dapat dikunjungi.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk menikmati waktu dengan orang yang kamu sayangi. Hal ini bisa mengurangi stres di tempat kerja, dan paling tidak kamu bisa membuat pikiranmu menjadi lebih segar agar dapat berpikir lebih jernih untuk dapat menghadapi masalah yang kamu temui.

Menghadapi stres di tempat kerja perlu dilakukan dari luar dan dalam. Agar kamu terbebas dari stres, cobalah untuk mulai menyayangi dirimu dengan makan makanan sehat, hindari gaya hidup yang buruk, dan berhentilah untuk berpikir berlebihan serta terlalu keras terhadap dirimu.

Baca juga: Jika alami 8 tanda ini, artinya kamu butuh cuti secepatnya!

Jika rasanya kamu memerlukan kantor baru untuk mengatasi stres yang kamu alami, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Dengan mendaftar di situs ini, kamu akan lebih mudah untuk bertemu dengan perusahaan yang cocok denganmu. Dan dengan begini, mungkin tingkat stresmu akan menurun.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • karier
  • karyawan
  • motivasi
  • kinerja
  • stres di tempat kerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang