Published on

Careers

6 Cara komunikasi yang efektif di tempat kerja

Maria Tri Handayani

Cara-komunikasi-yang-efektif----EKRUT.jpg

Penelitian yang dilakukan perusahaan Gartner menunjukkan bahwa 70 persen kesalahan dalam bisnis terjadi karena komunikasi yang buruk. Statistik ini secara tidak langsung menunjukkan betapa pentingnya komunikasi yang efektif di tempat kerja. 

Pasalnya, tidak hanya dapat meningkatkan hubungan, keterlibatan, dan produktivitas karyawan, komunikasi yang efektif juga dibutuhkan demi kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. 

Itu sebabnya agar kamu mampu menjadi manajer atau karyawan yang turut mendorong kesuksesan perusahaan tersebut, cobalah terapkan beberapa cara komunikasi yang efektif di tempat kerja berikut ini.

1. Berkomunikasi dengan jelas

cara komunikasi yang efektif - EKRUT
Pastikan selalu berbicara dengan jelas agar pesan yang disampaikan tidak keliru - EKRUT

Kamu harus bisa selalu berbicara dengan jelas dan terarah agar rekan kerja atau anggota tim bisa memahami apa yang kamu butuhkan. Sebab, ketika kamu meracau dan tidak yakin dengan apa yang kamu katakan, orang lain cenderung tidak akan mendengarkan kamu.

Bila hal ini masih sulit untuk kamu lakukan, cobalah untuk menulis poin-poin yang hendak kamu katakan terlebih dahulu sebelum kamu menyampaikan sesuatu yang penting atau saat harus berkomunikasi dengan kelompok yang besar. 

2. Jadilah pendengar yang terlibat 

cara komunikasi yang efektif - EKRUT
Komunikasi efektif bukan hanya soal berbicara dengan baik tapi juga mampu menjadi pendengar yang baik - EKRUT

Saat berkomunikasi dengan orang lain kita terkadang terlalu fokus pada apa yang hendak kita katakan. Padahal komunikasi  yang efektif bukan hanya tentang berbicara dengan baik, namun juga bagaimana kamu mampu menjadi pendengar yang terlibat.

Menjadi pendengar yang terlibat berarti kamu tidak hanya memahami kata-kata dan emosi yang coba disampaikan pembicara, namun juga membantu lawan bicara kamu tersebut merasa didengar dan dipahami. 

Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan fokus pada pembicara, menghindari menyela pembicaraan, menunjukkan minat pada percakapan yang dilakukan, dan mengesampingkan penilaian saat mendengarkan lawan bicara untuk benar-benar memahami hal yang mereka coba katakan. 

Salah satu cara komunikasi yang efektif di tempat kerja ini tidak hanya akan menunjang bagaimana kamu mampu memahami informasi yang didengar, namun juga membantu kamu membangun hubungan dan interaksi yang lebih baik dengan sesama rekan kerja atau tim.

Baca juga: 8 Cara meningkatkan kemampuan komunikasi demi kemajuan karier

3. Tegas, jujur dan terbuka

cara komunikasi yang efektif - EKRUT
Kejujuran dan keterbukaan penting agar komunikasi di tempat kerja lebih efektif - EKRUT

Ketegasan dapat menghasilkan komunikasi yang lebih jelas dan membantu kamu dalam meningkatkan rasa percaya diri serta kemampuan mengambil keputusan. 

Meski begitu, tegas tidak dipahami sebagai sikap agresif dan menuntut, ya. Ingatlah bahwa komunikasi yang efektif bukan tentang memenangkan argumen atau memaksakan pendapat pada orang lain. 

Sebaliknya, ketegasan dapat ditunjukkan dengan mengekspresikan pikiran dan perasaanmu secara terbuka, jujur dan mempertahankan sudut pandang saat berkomunikasi sambil tetap menghormati orang lain dan terbuka pada perspektif mereka. 

Agar dapat meningkatkan ketegasan dalam cara komunikasi yang efektif di tempat kerja, kamu bisa berlatih untuk mengekspresikan pikiran negatif dengan cara yang positif, belajar mengatakan tidak, dan menerima umpan balik secara positif.

4. Perhatikan komunikasi nonverbal

cara komunikasi yang efektif - EKRUT
Pahami tanda nonverbal secara keseluruhan saat berbicara - EKRUT

Cara komunikasi yang efektif di tempat kerja dapat dilakukan dengan mengembangkan kemampuan untuk memahami dan menggunakan komunikasi nonverbal. 

Pasalnya, komunikasi nonverbal dapat membantu kamu dalam mengekspresikan diri, terhubung dengan orang lain, mengidentifikasi situasi yang menantang dan membangun hubungan yang lebih baik di tempat kerja. 

Salah satu contoh menggunakan komunikasi nonverbal untuk meningkatkan komunikasi yang efektif adalah dengan menggunakan bahasa tubuh yang terbuka, seperti tidak menyilangkan lengan dan mempertahankan kontak mata dengan lawan bicara. 

Kamu juga dapat menggunakan bahasa tubuh untuk menekankan atau meningkatkan pesan verbal. 

Sementara itu, agar kamu dapat memahami komunikasi nonverbal dengan baik kamu harus melihat semua sinyal nonverbal yang kamu terima secara keseluruhan atau utuh.

5. Pilih medium komunikasi yang tepat 

cara komunikasi yang efektif- EKRUT
Tentukan medium yang paling tepat berdasarkan urgensi topik yang ingin dibahas - EKRUT

Dalam lingkungan kerja, komunikasi kerap dilakukan dalam beragam medium, seperti tatap muka, panggilan telepon, konferensi video, pesan teks hingga email.

Agar setiap komunikasi di berbagai medium tetap efektif, cobalah pikirkan apakah medium yang akan kamu gunakan sudah tepat dan dapat mendukung pesan tersampaikan dengan efektif. 

Pertimbangkan beberapa hal seperti  tingkat urgensi topik, ukuran masalah atau pertanyaan yang ingin diajukan, berapa banyak orang yang terlibat dan seberapa formal topik tersebut untuk memutuskan medium komunikasi mana yang terbaik. 

Contohnya, jika kamu hanya ingin mengajukan pertanyaan singkat dan tidak membutuhkan jawaban langsung, maka email bisa menjadi medium yang lebih baik. 

Sebaliknya jika kamu ingin mengomunikasikan hal yang panjang dan kompleks untuk dibahas, maka pilihan medium telepon atau tatap muka sepertinya lebih efektif untuk digunakan. 

6. Gunakan kecerdasan emosional 

cara komunikasi yang efektif - EKRUT
Kecerdasan emosional adalah kunci komunikasi yang efektif di tempat kerja - EKRUT

Salah satu kunci komunikasi efektif di tempat kerja adalah kecerdasan emosional, istilah yang merujuk pada kemampuan melihat, memahami, mengekspresikan dan mengelola emosi. 

Hal ini penting dimiliki untuk mencegah potensi konflik di tempat kerja. Itu sebabnya usahakan untuk selalu menjaga interaksi di tempat kerja seprofesional mungkin agar komunikasi yang terjadi di tempat kerja pun dapat berjalan secara efektif. 

Salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan cara komunikasi yang efektif di tempat kerja ini adalah dengan berusaha bersikap tenang dan memikirkan dengan matang sebelum menyampaikan pendapat atau bertindak di tempat kerja. 

Baca juga: 12 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

Dalam setiap aspek pekerjaan, kamu dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan satu sama lain. Karena itu penting untuk menerapkan cara komunikasi yang efektif di tempat kerja seperti yang telah dicontohkan tadi.

Dengan menerapkannya kamu pun dapat menjaga hubungan dengan rekan kerja, meningkatkan produktivitas dan mampu membantu perusahaan mencapai tujuan yang diinginkan. 

 

 

cara komunikasi yang efektif - EKRUT

Sumber:

  • careeraddict.com
  • helpguide.org
  • kaplanprofessional.edu.au
  • reed.co.uk
     

Tags

Share