Published on

Careers

Bagaimana Cara Melamar Kerja Lewat Email? Simak 7 Panduan Beserta Contohnya di Sini!

Felixitas Yolanda

H1.jpg

Melamar kerja jaman sekarang sebenarnya sudah sangat mudah. Tak perlu lagi repot mengirim surat lamaran ke kantor atau berkeliling job fair. Hanya satu kali klik di portal lowongan kerja atau website resmi perusahaan, kamu sudah langsung bisa melamar posisi yang diinginkan.

Tapi, ada kalanya kamu harus tahu cara melamar kerja lewat email juga. Ini terutama bisa terjadi untuk perusahaan-perusahaan kecil yang belum memiliki website sendiri. Jadi, untuk melamar kerja kamu harus mengirimkan surat lamaran elektronik beserta berkas-berkas lainnya melalui email. Tentunya ada beberapa poin yang tidak boleh ketinggalan. Simak terus pembahasannya di sini untuk mengetahui cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar.

Pentingnya mengetahui cara melamar kerja lewat email yang tepat


Email lamaran kerja adalah ringkasan dari cover letter. (Sumber: Pexels)

Anggap saja email lamaran kerja sebagai ringkasan dari cover letter. Isinya berupa pengalaman kerja atau keahlianmu yang paling menonjol atau paling sesuai dengan posisi yang hendak kamu lamar. Sehingga, setelah membaca lamaran kerja, diharapkan rekruter akan tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang dirimu melalui CV atau cover letter.

Mengapa tidak langsung mengirim cover letter saja kalo begitu? Memang tidak ada salahnya, tapi ini bukan cara yang efektif. Rekruter biasanya harus mencetak berkas-berkas ini, jadi mengirimkannya sebagai lampiran akan lebih praktis. Selain itu, ada risiko email tidak sengaja terhapus, masuk ke spam atau tenggelam di bawah email lainnya.

Baca Juga: 5 Contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang profesional di mata HRD/User

Panduan cara melamar kerja lewat email


Salah satu hal penting dalam email lamaran kerja adalah subject yang jelas. (Sumber: Pexels)

Apakah kamu sudah siap mengirim lamaran kerja lewat email? Yakin sudah menulisnya dengan benar? Tak perlu buru-buru, cek dulu beberapa langkah cara melamar kerja lewat email berikut ini dan pastikan tak ada yang tertinggal.

1. Pastikan email sudah benar

Langkah pertama dalam cara melamar kerja lewat email adalah baca dan periksa lagi email-mu sebelum mengirimkannya. Pastikan kamu sudah memasukkan alamat email rekruter yang benar dan kamu juga sudah menggunakan alamat email yang profesional. Berikut ini beberapa poin yang tidak boleh ketinggalan dalam lamaran kerjamu:

  • Nama lengkap
  • Posisi atau lowongan kerja yang dilamar
  • Kualifikasi, seperti pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, dll.
  • Kelebihan apa yang bisa kamu tawarkan untuk perusahaan (alasan perusahaan harus menerimamu)
  • Detail kontak seperti nomor telepon dan alamat email, atau profil LinkedIn

2. Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Email saja tidak cukup, kamu juga harus mempersiapkan berkas-berkas lainnya. Selain CV, beberapa perusahaan mungkin mengharuskanmu untuk melampirkan KTP, ijazah, transkrip nilai, sertifikat, dll. Pastikan semua dokumen sudah siap dalam bentuk elektronik dan sudah tersimpan dalam format Word atau PDF.

3. Tulis subject dengan jelas dan tepat

Tidak kalah penting dalam cara melamar kerja lewat email adalah subject email itu sendiri. HRD atau perusahaan rekruter menerima banyak sekali email setiap harinya, jadi cantumkan subject email yang jelas agar lamaran kerjamu dapat ditemukan dengan mudah. Kamu bisa gunakan format: Nama Lengkap – Posisi/jabatan yang dilamar. Contohnya: Rianti Kusuma – Digital Marketing Staff.

4. Jangan lupa tambahkan pembukaan, isi, dan penutup email

Kamu bisa ikuti struktur penulisan lamaran yang umum dengan pembuka-isi-penutup. Awali dengan salam dan perkenalan diri serta alasanmu mengirimkan lamaran kerja, tak lupa tutup dengan ucapan terima kasih, dan cantumkan kontak yang dapat dihubungi. Teliti kembali bagian isi email dan pastikan sudah memuat semua informasi penting. Tak kalah penting, lamaran kerja jangan sampai terlalu panjang dan bertele-tele.

5. Gunakan bahasa yang formal

Gunakan bahasa Indonesia baku, formal dan profesional. Teliti kembali tata bahasa dan ejaan, kalau perlu gunakan spellchecker atau minta orang lain untuk memeriksa email-mu. Meskipun kedengarannya sepele, tapi gaya penulisan seseorang bisa mencerminkan karakter penulisnya dan ini bisa jadi pertimbangan rekruter juga.

6. Jangan gunakan berkas dengan format zip/rar

Lampirkan berkasmu sebagai file sendiri-sendiri, dan bukan dalam folder zip/rar. Jika kamu melampirkannya dalam folder zip, ada kemungkinan kualitas file akan menurun karena kompresi.

7. Waktu pengiriman email

Perhatikan waktu pengiriman email. Sebaiknya kamu kirimkan email saat jam kerja, yakni Senin sampai Jumat antara pukul 8 pagi hingga 5 sore. Ini untuk meningkatkan kemungkinan HRD atau rekruter langsung membaca email-mu, ketimbang jika kamu mengirimkannya di luar jam kerja atau di akhir pekan.

Baca Juga: 10 Cara melamar kerja ini bisa bikin HRD terkesan

Contoh email lamaran kerja


Email lamaran kerja harus disesuaikan dengan bidang dan posisi yang hendak dilamar. (Sumber: Pexels)

Itu tadi beberapa panduan dalam cara melamar kerja lewat email. Untuk membantumu menyusun email lamaran kerja yang profesional, berikut ini beberapa contoh lamaran kerja lewat email.

1. Contoh email lamaran kerja Bahasa Indonesia

Subject: Rianti Kusuma – Lamaran Kerja untuk Staf Digital Marketing

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan PT. Makmur Sejahtera yang termuat di harian Kompas tanggal 6 Januari 2021. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Rianti Kusuma
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 20 Februari 2021
Pendidikan Terakhir: Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Andalan
Alamat Asal: Cipete, Jakarta Selatan
Telepon: 0812345689
Email: rianti@email.com

Dengan ini hendak mengajukan lamaran kerja di perusahaan Bapak/Ibu sebagai Digital Marketing Staff. Saya memiliki pengalaman bekerja di bidang Digital Marketing selama 5 tahun di 2 perusahaan. Saya memiliki pengalaman mengelola campaign iklan di Google Ads, Facebook/IG ads, dan Tik Tok Ads. Selain itu, saya juga memiliki beberapa sertifikasi resmi terkait digital marketing.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Pas Photo format .jpeg (1 file)
  • Sertifikat

Demikian surat lamaran kerja yang saya sampaikan. Besar harapan saya dapat bergabung di perusahaan Bapak/Ibu. Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rianti Kusuma
linkedin.com/rianti

2. Contoh email lamaran kerja Bahasa Inggris

Subject Line: Application for Software Development Engineer – Rianti Kusuma

Dear Mr. Fajar,

I hope this email finds you well. My name is Rianti Kusuma, and I would like to submit my application for the Software Development Engineer position that Qwerty Technologies posted on Jakarta Job Fair last week.

I have 5 years of software development experience, and specialise in native Android app development in Kotlin and Java. I have seen 4 software projects to completion in my professional capacity, most notably the launch of ABC app, which has 20k users in Indonesia today. As a market leader in Mobile App Development technologies, Qwerty Technologies’ projects are cutting edge. I would be beyond excited to contribute to your company’s mission to reshape the mobile app development industry!

Kindly find my resume, cover letter, and GitHub portfolio URL attached. If you require more information, please don’t hesitate to get in touch with me via email or mobile (+62 1234 5678).

Thank you for considering my application. I’m excited to hear from you soon!

Warmest Regards,

Rianti Kusuma
rianti@noemail.com
linkedin/rianti

Baca Juga: Contoh Email Lamaran Kerja Profesional dan 8 Poin Penting

Cara melamar kerja lewat email di atas semoga bisa menjadi referensi dalam membuat lamaran kerjamu sendiri, ya. Pastikan kamu menulis lamaran kerja sesuai dengan posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Bagaimana dengan CV-mu? Apakah sudah sesuai dengan bidang kerjamu? Yuk, simak video berikut untuk menemukan tips-tips menarik!

Penasaran dengan tips dan trik pencarian kerja dan serba-serbi gaya hidup lainnya? Kamu bisa cari informasi selengkapnya di EKRUT! Daftarkan dirimu di EKRUT untuk mendapatkan info menarik dan lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

Sumber: 

  • The Balance Careers
  • ResumeWriter
  • Indeed

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    h1_psikotes.jpg

    Careers

    7 Platform Tes Psikotes Online untuk Kebutuhan Rekrutmen serta Tips Mengerjakannya

    Tio Derma

    05 October 2022
    6 min read
    5_Contoh_daftar_riwayat_hidup_yang_profesional_dan_relevan_untuk_ditulis.jpg

    Careers

    8 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Profesional beserta Informasi yang Perlu Dicantumkan

    Sylvia Rheny

    03 October 2022
    8 min read
    contoh-deskripsi-diri---EKRUT.jpg

    Careers

    15 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

    Maria Tri Handayani

    30 September 2022
    7 min read

    Video