Published on

Careers

9 Manfaat networking bagi perkembangan karier dan relasi di masa depan

Nur Lella Junaedi

networking-adalah-EKRUT.jpg

Laporan LinkedIn menyebutkan bahwa hampir 80 persen profesional menganggap bahwa networking sangat penting bagi kesukseskan karier. Secara sederhana networking adalah tentang bagaimana memelihara dan membangun jaringan dalam waktu jangka panjang dan saling menguntungkan satu sama lain. Networking sendiri dianggap penting bagi perkembangan karier karena memiliki banyak manfaat. Nah berikut ini beberapa manfaat networking yang harus kamu tahu.

Baca juga: Tujuan karier sebaiknya ditentukan dari sekarang! Begini caranya 

Mengapa kemampuan networking begitu penting?

Mengapa kemampuan networking begitu penting
Networking merupakan aspek penting untuk membangun relasi dan mengembangkan diri (Sumber: Pexels)

Jika kita sadari, kemampuan networking amat penting bagi kehidupan manusia secara umum, apalagi di dunia bisnis dan pengembangan karier. Networking merupakan salah satu social skills yang seyogianya dikuasai oleh masing-masing orang demi mengembangkan dirinya di masyarakat.

Kemampuan networking secara praktis memang diperlukan dalam membangun relasi antara satu pihak dengan pihak lain. Relasi ini tentunya penting bagi perkembangan diri dan modal sosial bagi seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya. Bagi dunia karier, relasi dan networking ini cukup mendukung tercapainya jenjang karier secara baik dan lancar.

Oleh karena itu, networking umum digunakan sebagai salah satu metode seseorang untuk dapat memperoleh peluang kerja hingga peluang jenjang karier ke depan. Networking bisa dibangun di dalam suatu institusi maupun di masyarakat secara umum lewat berbagai komunitas. 

Baca juga: 7 Tips pengembangan karir untuk kesuksesan di masa depan

9 Manfaat networking bagi perkembangan karier

Networking adalah EKRUT 
Manfaat networking yakni memperluas mendapatkan pekerjaan baru-EKRUT

Networking sendiri dianggap penting bagi perkembangan karier karena memiliki banyak manfaat. Nah, berikut ini beberapa manfaat networking yang harus kamu tahu.

1. Mendapatkan dukungan karier berupa referral

Mendapatkan dukungan karier berupa referral
Networking dapat mendukung seseorang untuk mendapatkan referral dari pihak lain secara profesional (Sumber: Pexels)

Referral merupakan rujukan dari pihak lain ketika seseorang memiliki networking dalam bisnis atau urusan profesional. Referral juga dikenal sebagai rekomendasi yang diberikan oleh seseorang dengan kapasitas dan jabatan tertentu kepada seseorang yang ia kenal atau ketahui kinerjanya.

Dalam networking dukungan karier berupa rekomendasi merupakan suatu aspek penting. Sebabnya, referral bisa saja diberikan secara lisan antar satu pihak ke pihak tujuan, maupun secara tertulis resmi dari suatu pihak ke pihak tujuan. Orang yang menerima referral akan mendapat perhatian khusus karena adanya rekomendasi ini, sehingga ia akan mendapat prioritas lebih untuk dievaluasi apabila dalam kondisi melamar pekerjaan dan sebagainya.

Baca juga: 6 cara menciptakan personal branding untuk kesuksesan karier

2. Kolaborasi antar perusahaan

Kolaborasi antar perusahaan
Kolaborasi antar pihak dapat terwujud dengan networking yang bagus (Sumber: Pexels)

Networking juga dapat membuka potensi kolaborasi antar usaha. Hal ini umum dilakukan oleh beberapa pihak wiraswasta dalam proses pengembangan bisnisnya. Kolaborasi hanya bisa dilakukan dengan mudah jika pemilik usaha mempunyai networking atau relasi yang baik dengan para pemilik usaha lain.

Manfaat networking ini dapat dijumpai dalam kegiatan workshop antara usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) dengan penyelenggara event (EO) yang saling bekerja sama dan lain sebagainya. Kolaborasi bisnis ini penting dilakukan baik dalam usaha skala kecil hingga skala industrial. Adanya networking tentu akan berpengaruh pada kelancaran dan rasa percaya antar pihak dalam proses kerjasama bisnis seperti ini.

3. Mendapatkan pekerjaan baru

Apa kamu pernah mendengar pepatah yang mengatakan “banyak teman banyak rejeki?” Nampaknya pepatah ini berlaku juga saat kamu membangun networking. Pasalnya, salah satu manfaat utama dari networking adalah untuk memperluas jangkauan mendapatkan pekerjaan baru. Lewat rujukan karier dari networking ini, peluangmu untuk diterima di perusahaan baru bahkan bisa meningkat sepuluh kali lipat lebih besar lho.

Melalui networking kamu juga dapat menemukan koneksi di industri bisnis tempatmu berada. Dengan begitu prospek untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan pun semakin terbuka lebar. Itu sebabnya, tidak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk membangun hubungan networking yang lebih bermakna dengan kolegamu. Mungkin dari sana sumber rejekimu berasal. 

Baca juga: 5 Cara membangun networking untuk menunjang karier

4. Dipromosikan dalam jabatan

Networking adalah EKRUT 
Mendapatkan promosi kerja lebih cepat juga merupakan manfaat dari membangun networking-EKRUT

Membangun networking tidak selamanya berhubungan dengan menciptakan koneksi di luar tempat kerja. Langkah kecil lain yang bisa kamu mulai adalah dengan membangun networking yang baik di tempat kerja, terutama dengan atasanmu. Dari networking yang baik ini, atasan bisa semakin tahu kemampuan dan sikapmu dalam bekerja. Dari sana mungkin dia bisa menilai, bahwa kamu cocok untuk dipromosikan dalam suatu jabatan tertentu, siapa tahukan? 

5. Bertukar ide

Networking adalah EKRUT 
Berdiskusi dengan kolega kerja untuk bertukar ide dengannya-EKRUT

Tahukah kamu bahwa pengetahuan tidak hanya dapat kamu terima dengan cara membaca buku, atau pun berita. Kamu juga bisa mendapatkan ide atau wawasan baru dari networking kamu. Oleh sebab itu, manfaat lain dari networking adalah dapat bertukar ide tentang tema topik yang kamu minati bersama dengan kolega. Ingat, kamu tidak akan tahu seseorang itu pintar atau memiliki wawasan yang luas sebelum kamu  berdiskusi dengannya.

Baca juga: Super connector, strategi networking agar Anda selalu diingat

6. Membantu orang lain

Networking adalah EKRUT 
Tujuan mulia membangun networking salah satunya agar dapat membangun orang lain-EKRUT

Manfaat penting selanjutnya dari membangun networking adalah kemungkinan untuk bisa membantu orang lain. Caranya adalah dengan memberikan informasi tentang lowongan kerja kepada networking kamu. Selain itu, kamu juga dapat memberikan rekomendasi positif terhadap kolegamu di LinkedIn atau saat HRD menelpon untuk meminta penilaian secara jujur. Barangkali dengan usahamu yang sederhana itu, kamu bisa membantu orang lain mencapai kemajuan kariernya di masa depan. 

7. Membuatmu peranmu lebih terlihat oleh orang lain

Networking adalah EKRUT 
Dengan diberkenalan dengan banyak kolega kamu bisa melihat peranmu dalam karier-EKRUT

Terkadang banyak orang kesulitan dalam membangun karier karena tidak terlihat menonjol dari orang kebanyakan. Biasanya orang yang ada di posisi ini akan selalu ada dengan jabatan yang hanya itu-itu saja. Padahal bila mereka tahu, networking bisa membantu mereka memperbaiki keadaan. Lewat terhubung dengan banyak orang, diperkenalkan dengan banyak kolega, pengaruhmu untuk dilihat oleh orang lain akan semakin besar. Peranmu akan lebih terlihat oleh orang yang tepat. Apalagi bila kamu memiliki networking yang luas dari segi klien, pesaing bahkan rekan kerja. 

8. Memengaruhi perkembangan karier yang positif

Networking adalah EKRUT 
Dari networking juga kamu dapat menerima pengaruh positif dalam karier-EKRUT

Tidak menutup kemungkinan dengan membangun dan menjaga networking akan memberikan dampak bagi baik bagi kehidupan kariermu. Apalagi bila kamu membangun networking dengan orang-orang yang telah sukses dalam kariernya. Kamu akan lebih terpacu untuk belajar dari mereka bagaimana mengembangkan karier sampai di level atas. Kamu bahkan bisa saja terinspirasi untuk membangun bisnis seperti mereka.

Baca juga: 6 Cara menciptakan personal branding untuk kesuksesan karier

9. Membantu meningkatkan rasa percaya diri

Membantu meningkatkan rasa percaya diri
Menjalin networking dengan orang lain dapat menunjang rasa percaya diri (Sumber: Pexels)

Manfaat utama dari networking bisa dikatakan adalah untuk membantu individu meningkatkan rasa percaya dirinya. Hal ini bisa terwujud karena dengan adanya networking maka individu akan mendapat pengakuan dari orang lain dan bukan tidak mungkin ia juga akan mendapat dukungan bagi psikologisnya.

Rasa percaya diri yang tumbuh karena networking ini dapat muncul ketika seseorang mendapat pengakuan dan dukungan dari orang lain atas capaian-capaiannya. Tak hanya itu, networking juga dapat membantu individu untuk bangkit dari depresi atau kegagalan dalam dunia kerja. Sehingga, bisa dikatakan bahwa networking dapat bermanfaat secara psikis dan juga materi secara umum.

Tips memulai networking yang efektif

Tips memulai networking yang efektif
Networking dapat dimulai dengan memberi kesan baik bagi kolega baru (Sumber: Pexels)

Untuk dapat membangun networking yang baik dan efektif, kita perlu mempelajari beberapa tips-tips sebagai berikut,

  • Memberi kesan awal yang baik bagi kolega baru
  • Menjadi pribadi yang supel dan sopan
  • Memberi perhatian secara profesional dan efisien kepada kolega
  • Membantu kesulitan kolega baru, khususnya dalam hal psikologis
  • Mau menerima kritik dan saran, serta mau berbagi saran yang membangun
  • Membicarakan hal-hal ringan untuk mengetahui gaya bahasa dan topik kegemaran kolega

Beberapa tips di atas mungkin baru beberapa hal yang penting diperhatikan dalam membangun networking bagi kolega baru. Pokok utama dalam memulai networking secara umum adalah menjadi kawan bicara atau ngobrol yang asyik. Obrolan-obrolan kecil nan nyaman umumnya dapat menjadi awal dari terbentuknya relasi atau networking dengan kolega baru.

Baca juga: 7 Cara meningkatkan jenjang karier yang efektif

Itulah tadi bagaimana networking atau jaringan relasi dapat terbentuk dan bermanfaat bagi perkembangan karier seseorang. Melalui networking ini diharapkan seseorang dapat terus berkembang dan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Selain itu, tidaklah lupa untuk menahan diri agar tidak terlalu nampak terobsesi untuk mendapat relasi-relasi tertentu dengan atasan dan justru berkonotasi negatif bagi rekan-rekan kerja kamu di kantor.

Jika kamu sudah siap membangun networking dan ingin memulai karier, maka ada baiknya kamu mulai mencari lowongan pekerjaan di perusahaan impianmu. EKRUT bisa membantumu untuk bertemu dengan perusahan-perusahaan impianmu itu dengan sekali mendaftar. Klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT dan kamu akan memulai kariermu.

daftar EKRUT
Last update: 15 October 2021

Sumber: 

  • Topresume
  • CareerAddict
  • https://news.linkedin.com/2017/6/eighty-percent-of-professionals-consider-networking-important-to-career-success
  • https://blog.hubspot.com/service/how-to-get-referrals
 

Tags

Share