Published on

Technology

3 Cara membuat Google Form dengan mudah untuk survey

Tsalis Annisa

cara-membuat-google-form-EKRUT.jpg

Google Form menawarkan kemudahan untuk membuat survei dengan beragam pertanyaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Cara membuat Google Form pun sangat mudah dan kamu tak harus menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari berbagai komponennya.

Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, dari yang bersifat formal seperti survei penelitian hingga rencana acara pribadi. Apa lagi fungsi dan keunggulan lain dari Google Form serta bagaimana cara membuatnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Fungsi Google Form dan kegunaannya 

cara membuat google form - EKRUT
Selain mengetahui cara membuat Google form, kamu juga perlu tahu cara melihat respons survei - EKRUT

Seperti halnya Google Docs dan Google Sheets, Google Form adalah salah satu bagian dari fitur-fitur Google yang dapat diakses melalui browser secara gratis. Fitur ini dapat mengumpulkan informasi dari banyak responden untuk berbagai kebutuhan.

Informasi yang masuk melalui Google Form kemudian akan disimpan di spreadsheet secara otomatis. Selain menyimpan, data pada spreadsheet juga dapat diedit sebelum diolah lebih lanjut atau dikirimkan kepada penerima.

Dengan semua komponen yang terdapat Google Form, kamu tak perlu cemas akan kesulitan dalam menggunakannya. Pasalnya, Google Form memiliki interface yang sangat mudah digunakan.

Kamu bisa menambahkan, mengurangi, maupun mengubah setiap komponen pada formulir hanya dengan melakukan drag dan drop. Sebagai pelengkap, Google Form juga dilengkapi dengan berbagai palet warna untuk mempercantik desainnya.

Karena kelebihannya inilah kamu dapat menggunakan google formulir dalam berbagai hal. Beberapa fungsi Google Form misalnya, untuk membuat formulir survei pelanggan, formulir registrasi online, kuis, formulir RSVP event, hingga formulir lamaran kerja.

Baca juga: Cara mengaktifkan dan menggunakan Google Voice

3 Cara membuat Google Form

cara membuat google form - EKRUT
Cara membuat google formulir pertama-tama aalh memiliki akun Google - EKRUT

Setelah memahami keunggulannya, kini saatnya kamu membuat Google Form sendiri. Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat kamu ikuti: 

1. Buat akun Google 

Untuk menggunakan Google Form kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Bila belum memiliki akun Google, buatlah dengan cara seperti biasa. 

2. Buka situs Google Form 

Buka https://docs.google.com/forms. Kamu bisa memilih berbagai template contoh Google Form dan contoh kuesioner Google Form yang sudah tersedia di sini, mulai dari template informasi kontak, konfirmasi kehadiran acara, undangan pesta, dan sebagainya.

cara membuat google form - EKRUT

3. Buat form 

Untuk mulai membuat form kamu bisa klik langsung di template yang ada. Jika ingin membuat form sendiri, mulailah dengan klik pada bagian form Blank
Buat nama untuk survei yang kamu buat pada kolom Untiteld form, lalu tuliskan deskripsi survei pada kolom Form description

cara membuat google form - EKRUT

Ketik pertanyaan yang kamu inginkan dalam kolom Untitled Question sesuai data apa yang ingin kamu dapatkan melalui survei tersebut. Kamu dapat memilih tipe jawaban yang kamu inginkan. Mulai dari jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, atau kotak centang.

Untuk memilih tipe jawaban klik opsi Multiple choice dan kamu akan melihat semua tipe pertanyaan yang tersedia. Tipe pertanyaan terdiri dari Multiple choice, Checkboxes, Short answer and Paragraph, Dropdown, Linear scale, dan Date and Time. Selain itu ada pula pilihan  file upload  bila kamu membutuhkan tambahan data berupa dokumen atau foto tertentu dari responden. 

cara membuat google form - EKRUT

Kamu juga dapat menambahkan foto dan video untuk memberikan ilustrasi dalam survei tersebut. Untuk memasukkan gambar atau video kamu hanya perlu klik ikon menu di sisi kanan lalu pilihlah yang ingin kamu tambahkan. Terdapat pilihan Tt untuk menambah judul dan deskripsi, Photo and Video dan section. 

cara membuat google form - EKRUT

Untuk membuat sebuah pertanyaan yang wajib dijawab responden kamu harus klik tombol Required yang tersedia di setiap pertanyaan. 

cara membuat google form - EKRUT

Ulangi langkah-langkah ini sesuai jumlah pertanyaan yang dibutuhkan 

Untuk mempercantik tampilan form kamu dapat  menggunakan ikon Palette  untuk mengubah warna dan menambahkan foto ke header.

Selain itu kamu dapat melihat keseluruhan tampilan dengan klik ikon Eye untuk pratinjau survei. Sementara untuk mengelola peraturan survei, cukup klik ikon Gear.

Setelah survei selesai dibuat, klik tombol Send yang ada di pojok kanan atas. Kamu dapat langsung membagikan lik google form tersebut kepada responden. Bisa dengan menyalin link atau membagikannya langsung dengan memasukkan email responden. 

cara membuat google form - EKRUT

Baca juga: Google akan meluncurkan cloud computing business di Jakarta pada tahun 2020

Cara membagikan Google Form 

cara membuat google form - EKRUT
Kamu dapat membagikan link google form di media sosial maupun pesan chat - EKRUT

Jika kamu sudah membuat Google Form, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membagikan atau mengirimkannya kepada responden.
Kamu dapat mengirimkan Google Form langsung melalui email, WhatsApp, mencantumkannya ke dalam artikel, maupun landing page. 

Cara membagikan Google Form Tahap
Cara mengirim Google Form ke email.
  1. Klik tombol “send” pada bagian kanan atas formular, pilih opsi “Send via..”, lalu pilih email.

  2. Masukkan email penerima, subyek, dan isi email lalu klik “send”. 

Cara mengirim google form ke WhatsApp.
  1. Seperti cara di atas, yang membedakan adalah klik tombol link untuk mengirimkannya ke WhatsApp. 

  2. Kamu bisa memperpendek link tersebut dengan mencentang bagian Shorten URL, lalu klik copy

  3. Setelah itu, paste link tersebut ke status atau pesan WhatsApp yang kamu tuju. 

Cara mencantumkan Google Form pada landing page.
  1. Untuk mencantumkan Google Form pada landing page, klik simbol <> pada bagian "Send via". 

  2. Copy link pada bagian embed HTML, lalu tanamkan pada landing page website.

Selain beberapa opsi di atas, kamu juga dapat membagikan Google Form ke media sosial dengan memilih ikon Facebook atau Twitter yang ada di samping pilihan opsi sebelumnya. 

Cara melihat respons survei

cara membuat google form - EKRUT
Respon dari survei yang dibuat di Google Fom dapat dibagikan - EKRUT

Langkah selanjutnya adalah menunggu respons pada survei yang kamu buat. Begitu respons masuk, kamu tidak perlu melakukan langkah ekstra untuk menyimpannya. Cukup klik tab bertuliskan Response, lalu kamu akan mendapatkan grafik kesimpulan dan daftar jawaban.

Guna menganalisis jawaban yang masuk, kamu dapat menghubungkan form tersebut pada spreadsheet Google Sheets. Caranya, klik ikon Sheets berwarna hijau pada tab Response, atau klik Select Response Destination pada menu.

Setelah itu, kamu bisa membuat spreadsheet baru maupun memasukkan data-data tersebut ke dalam spreadsheet yang telah dibuat sebelumnya. Ketika surveimu mendapatkan respons baru, respons akan masuk secara otomatis ke dalam spreadsheet tersebut.

cara membuat google form - EKRUT

Dari sini, kamu dapat mengolah seluruh data yang masuk sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa membagikan dan mengedit formulir, respons, serta hasil survei kepada semua orang yang memerlukannya.

Baca juga: 5 Cara membuat survei online dengan mudah

Itulah beberapa hal mengenai google form yang perlu kamu ketahui. Selain fungsi dasar tersebut, masih ada begitu banyak fitur dan add-on yang ditawarkan oleh Google Form. Cobalah mengeksplorasi seluruh fungsi tersebut sambil berlatih membuat formulir agar manfaat Google Form menjadi lebih optimal. Jika kamu ingin membuat Google Form melalui Android atau iPhone, kamu bisa melihat langkahnya di sini. 

cara membuat google form - EKRUT
Last update: 7 Juni 2021

Sumber: 

  • zapier.com
  • mydatascope.com
  • laptopmag.com

Tags

Share