Published on

Technology

Cara mengaktifkan dan menggunakan Google Voice

Tsalis Annisa

google-voice-EKRUT.jpg

Popularitas Google Voice mungkin tidak setinggi layanan Google lainnya. Padahal, layanan ini memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk menelepon serta berkirim pesan teks dan suara secara gratis.

Layanan Google Voice tersedia untuk Android, iOS, serta dalam bentuk situs. Berbeda dengan telepon konvensional, kamu bisa menghubungi orang lain dengan nomor unik tanpa perlu menunjukkan nomor teleponmu yang sesungguhnya

Cara mengaktifkan Google Voice

Sebelum bisa menikmati fitur-fitur dalam Google Voice, kamu harus mengaktifkan layanan ini terlebih dulu. Berikut adalah cara mengaktifkan Google Voice berdasarkan jenis launcher:

1. Android 

Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Google Voice dari Google Play Store. Setelah aplikasi dibuka, Google akan mengarahkanmu ke situs Google Voice untuk proses aktivasi dengan langkah sebagai berikut:

  • Tekan Continue pada halaman selamat datang 
  • Carilah nomor yang tersedia berdasarkan kode area, lalu tekan Select
  • Kamu akan diminta melakukan verifikasi dengan nomor telepon; masukkan kode yang masuk ke nomor teleponmu
  • Setelah proses verifikasi, kamu dapat langsung menggunakan Google Voice

2. iOs

Bukalah aplikasi Google Voice yang sudah kamu unduh dari Google Play Store. Setelah itu, sign in dengan akun Google yang kamu miliki. Lanjutkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Tekan Search untuk mencari nomor telepon yang akan digunakan 
  • Tekan Select untuk memilih nomor telepon, lalu tekan Next
  • Kamu akan melakukan verifikasi dengan cara yang sama seperti pada Android
  • Verifikasi selesai dan kamu bisa langsung menggunakan Google Voice

Cara menggunakan Google Voice

Google Voice yang telah aktif bisa segera digunakan. Namun, kamu juga bisa melakukan pengaturan lebih lanjut berdasarkan kebutuhan. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa kamu nikmati dari Google Voice dan cara menggunakannya:

1. Membuat panggilan telepon

Pertama-tama, pilihlah menu ‘Calls started from this device’s phone app’. Kemudian, kamu perlu menentukan akan menelepon dengan nomor Google Voice atau nomor telepon biasa.

Google Voice dan nomor telepon biasa sama-sama bisa digunakan untuk membuat panggilan telepon lokal maupun internasional. Panggilan telepon internasional akan dikenakan biaya, tapi biayanya lebih murah dibandingkan panggilan telepon biasa.

2. Menerima panggilan telepon

Google Voice juga memiliki fungsi utama untuk menerima panggilan telepon. Caranya, pilihlah ‘Call forwarding’ pada menu yang tersedia. Kamu akan mendapati berbagai perangkat yang tersambung dengan Google Voice.

Nyalakan tombol on pada salah satu atau semua perangkat yang kamu inginkan. Dengan fungsi ini, panggilan telepon melalui Google Voice akan masuk ke perangkat yang kamu kehendaki.

3. Mengubah sapaan pesan suara

Pesan suara biasanya diawali dengan sapaan default dari Google. Google telah menyediakan berbagai sapaan untuk kondisi telepon tidak terjawab atau saat penerima tidak dapat menerima panggilan.

Kamu bisa memodifikasi sapaan tersebut dengan memasukkan namamu atau membuat kata-kata sapaan sendiri. Caranya dengan menggunakan menu perekam suara yang tersedia dalam pengaturan.

4. Mengatur notifikasi yang masuk 

Pesan masuk dan telepon tidak terjawab akan tampak dalam notifikasi. Kamu dapat mengatur notifikasi yang masuk dengan menekan menu Setting. Menu ini menyediakan beberapa opsi, di antaranya:

  • Menghidupkan atau mematikan notifikasi
  • Menghidupan notifikasi pada layar saat terkunci
  • Menampilkan notifikasi pada status bar
  • Menggunakan nada dering atau hanya getar saat notifikasi masuk

Dahulu, orang-orang hanya bisa menelepon dan berkirim pesan melalui jaringan seluler. Berkat perkembangan teknologi dan internet, batasan tersebut telah sepenuhnya hilang dan kamu bahkan bisa melakukannya tanpa dipungut biaya.

Layanan yang tersedia dalam Google Voice akan membuat interaksi terasa lebih mudah. Bagi orang-orang dengan kegiatan yang melibatkan interaksi dengan orang lain, layanan ini merupakan solusi tepat untuk interaksi yang lebih efektif.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • google.com
  • theverge.com

Tags

Share