Published on

Careers

5 Cara mempertahankan karier pada masa pandemi

Maria Tri Handayani

Cara-mempertahankan-karier-pada-masa-pandemi----EKRUT.jpg

Pandemi Covid-19 membuat sebagian orang kehilangan pekerjaan karena bisnis perusahaan yang terdampak kondisi ini. Jika kamu salah satunya dan khawatir tidak dapat menjaga karier yang sudah kamu bangun selama ini, kamu perlu tahu cara mempertahankan karier yang tepat. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan ilmu, pengalaman, kredibilitas, dan karier yang telah kamu bangun selama ini. Berikut adalah beberapa di antaranya yang bisa kamu praktikkan. 

Membuka kelas online

Cara mempertahankan karier pada masa pandemi - EKRUT
Bagilah ilmu dan pengalaman kamu pada orang-orang yang tertarik memulai karier di bidang yang sama - EKRUT

Tidak sedikit orang yang akhirnya menggunakan waktu luang pada masa pandemi dengan mengadakan kelas online untuk umum. Cara ini bisa kamu tiru. 

Kamu bisa memanfaatkan tools video conference hingga fitur media sosial seperti Instagram Live untuk mengadakan kelas online tersebut.

Dengan cara ini,  kamu tidak hanya membagikan ilmu dan pengalaman yang selama ini kamu miliki sehingga bermanfaat bagi orang yang ingin mengembangkan karier di bidang yang sama, namun kamu  juga mempertahankan kredibilitas karier yang telah kamu bangun selama ini. 

Kamu dapat mengajak koneksi atau kenalan lain untuk berkolaborasi dalam diskusi kelas online yang diadakan. Cara ini juga akan membantumu memperluas networking dengan orang-orang dari bidang yang sama. 

Membuat konten youtube 

Cara mempertahankan karier pada masa pandemi  - EKRUT
Belajar membuat konten Youtube dan mengelolanya menjadi skill baru yang bisa kamu miliki - EKRUT

Salah satu cara mempertahankan karier di saat pandemi adalah melibatkan diri dalam proyek tertentu yang dapat mengasah pengetahuan dan keterampilan yang ada atau menumbuhkan pengetahuan dan keterampilan baru yang selama ini belum dimiliki. Contoh sederhananya misalnya membuat proyek Youtube sendiri. 

Kamu bisa mulai belajar mengelola dan membuat konten-konten di Youtube dengan berbagai topik. Bisa mengenai pengalaman dan ilmu yang kamu miliki, atau konten terkait hobi dan lain sebagainya. 

Hasil akhir dari video Youtube yang kamu buat tersebut juga bisa menjadi contoh karya atau proyek bisa kamu tambahkan dalam portofolio kamu.

Baca juga: Minat jadi Youtuber? Yuk, cari tahu dulu gaji YouTuber di sini!

Mencari pekerjaan freelance 

Cara mempertahankan karier pada masa pandemi - EKRUT
Dari pekerjana freelance kamu bisa mendapatkan peluang kerja dari klien yang puas dengan hasil kerjamu - EKRUT

Tidak hanya membantumu mendapat sumber pendapatan lain selama mencari pekerjaan di tengah pandemi, mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan bidang yang kamu jalani selama ini, dapat membantumu tetap produktif mengembangkan ilmu dan skill yang dimiliki. 

Melakukan pekerjaan freelance dapat memperkaya portofolio kamu serta membantumu memperluas networking yang kamu miliki. 

Kerjakanlah setiap pekerjaan freelance dengan maksimal, sebab tidak menutup kemungkinan klien yang puas akan hasil kerjamu saat ini dapat memberikan peluang kerja di kemudian hari. 

Terlibat sebagai volunteer 

Cara mempertahankan karier pada masa pandemi - EKRUT
Selain berkontribusi ke komunitas, memiliki pengalaman sukarelawan akan meningkatkan kualitas kamu sebagai kandidat - EKRUT

Sembari mencari pekerjaan, kamu tetap bisa menjaga produktivitas dengan terlibat dalam kegiatan volunteer atau sukarelawan.Beberapa organisasi nirlaba bahkan membuka kesempatan bagi sukarelawan untuk membantu misi dan pekerjaan mereka meski secara virtual pada masa pandemi ini.

Dengan terlibat sebagai sukarelawan, kamu tidak hanya dapat memberikan dukungan bagi komunitas sekitar, namun juga secara tidak langsung mengembangkan nilai diri yang akan bermanfaat bagi karier di kemudian hari. 

Pasalnya, kamu dapat menunjukkan diri sebagai seorang kandidat yang potensial karena  mampu beradaptasi dan memiliki passion

Mengikuti online course

Cara mempertahankan karier pada masa pandemi  - EKRUT
Upskilling dibutuhkan agar kamu tetap relevan dengan tuntutan pasar tenaga kerja - EKRUT

Salah satu cara mempertahankan karier pada masa pandemi yang paling utama adalah dengan mempelajari skill baru atau mengasah skill yang sudah ada. 

Ikutilah online course atau webinar yang menunjang keterampilan, pengalaman, dan karier yang telah kamu bangun selama ini. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu tetap bisa mempelajari hal-hal baru lainnya.  

Melakukan hal ini dapat membantumu tetap relevan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja yang terus berkembang. 

Baca juga: Memilih kursus online yang tepat bagi pekerja

Tidak ada yang dapat memprediksi berapa lama situasi pandemi ini akan terus terjadi. Meskipun kamu tidak dapat mencegah dampak pandemi pada pekerjaan yang kamu geluti, bukan berarti kariermu selamanya akan terhenti. 

Cobalah terus produktif misalnya dengan menerapkan cara mempertahankan karier di atas. Dengan begitu sembari mencari kerja kamu secara tidak langsung dapat mempersiapkan diri untuk kembali ke dunia kerja lagi. 

Rekomendasi video:

 

 

cara mempertahankan karier pada masa pandemi - EKRUT

Sumber:

  • hbr.org
  • netimpact.org
     

Tags

Share