Media

Sebelum ikutan terjun, cari tahu dulu gaji youtuber di sini
By Tsalis Annisa - 8 January 2019
5 min read 139 Views
shutterstock.com
shutterstock.com

Menjadi seorang Youtuber seakan menjadi profesi yang menarik. Membuat video yang menyenangkan, kemudian dibayar. Tapi, tahukah kamu berapa gaji Youtuber dan bagaimana cara mereka mendapatkan bayaran?

Begini cara Youtube menggaji para Youtuber

Saat menonton Youtube, kamu pasti pernah melihat ada iklan di sela-sela video, kan? Nah, itulah salah satu cara Youtuber mendapatkan uang. Video iklan ini adalah bagian dari Google Adsense.

Google AdSense merupakan layanan gratis yang dapat memonetisasi konten-konten di kanal Youtube kamu. Dengan layanan ini, Google akan menayangkan iklan-iklan yang relevan dengan konten video di kanalmu.

Setiap satu klik pada iklan yang tayang, kamu akan mendapatkan bayaran dari Google melalui Youtube. Perlu kamu ketahui bahwa, hasil dari monetisasi Google AdSense akan bertambah cepat ketika jumlah penonton di video Youtube milikmu meningkat.

Tak hanya itu, gaji youtuber juga akan bertambah jika ada produk yang ingin diiklankan secara eksklusif. Misalnya, membuat konten video yang tujuannya untuk mempromosikan produk tertentu.

Baca juga: Jangan nilai kesuksesan hanya dari gaji, mengapa?

Jadi, berapa gaji Youtuber?

Nah, untuk berapa gaji youtuber, kira-kira seperti ini gambarannya;

2.000 views menghasilkan 250 orang yang menonton iklan hingga akhir

$18 per view x 250 views = $45 dibebankan ke pengiklan

$45 x 68% revenue share = $30 per 2.000 views akan dibayarkan kepada content creator/youtuber.

Sedangkan untuk video yang disponsori oleh produk tertentu, youtuber akan mendapatkan bayaran sesuai perjanjian kedua belah pihak.

Ini hal yang perlu dihindari jika menggunakan Google AdSense

Meski nampak menggiurkan, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari ketika ingin melakukan monetisasi konten dari Google AdSense.

Pertama, jangan pernah mengklik iklan yang tampil di videomu sendiri karena Google akan menangkap bahwa kamu bertindak curang. Kemudian, kamu akan dilarang menggunakan Google AdSense lagi.

Kedua, jangan meminta pemirsamu untuk mengklik iklan karena hal tersebut melanggar ketentuan dari Google AdSense. Pada dasarnya, ketika kamu melakukan hal ini, kamu meminta pemirsamu untuk mengklik iklan yang mungkin tak menarik bagi mereka.

Hal tersebut akan merugikan pihak pengiklan karena mereka harus membayar kunjungan pemirsa yang tidak tertarik dengan produk atau jasa mereka.

Secara umum, bertindaklah secara etis untuk meningkatkan jumlah subscribers dan views. Berkolaborasilah dengan Youtuber lain atau bagikan videomu di media sosial milikmu untuk mendapatkan lebih banyak pemirsa.

Mempromosikan videomu di media sosial sebaiknya juga kamu lakukan dengan konsisten dan tertatur. Kamu bisa menggunakan beberapa social media tools untuk mempermudah usahamu.

Baca juga: Apa saja algoritma Instagram terbaru sepanjang tahun 2018?

Ini daftar gaji youtuber Indonesia

Pusing dengan hitungannya? Jangan patah semangat dulu. Menjadi seorang youtuber dan mendapatkan gaji yang menggiurkan bisa saja asalkan kamu konsisten. Agar tetap semangat, yuk intip daftar gaji youtuber di bawah ini!

1. Raditya Dika

Dengan kepintarannya dalam membuat konten yang menarik dan menghibur, Raditya Dika berhasil meraup hampir 5 juta subscribers. Penghasilannya bahkan cukup menggiurkan, yaitu sekitar Rp500.000.000.- per bulan.

2. Ria Ricis atau Ricis Official

Berkat konten squishy yang sering ia tayangkan, kini Ria Ricis atau Ria Yunita mampu menggaet 8,2 juta subscribers, dengan total penghasilan hingga Rp. 580.000.000 per bulan.

3. Atta Halilintar dari Gen Halilintar

Nama keluarga Gen Halilintar tentu tidak asing lagi. Hingga saat ini, bahkan Atta sudah mampu menggaet 8,5 juta subscribers, dengan total penghasilan diperkirakan hingga Rp600.000.000 per bulan.

Tertarik dengan gaji youtuber di atas? Kamu bisa memulainya dengan membuat konsep kanal Youtube yang ingin kamu buat, lalu cobalah untuk mulai memilih waktu yang tepat untuk menayangkan videomu. Setelah menentukan waktu yang tepat, cobalah untuk konsisten.

Setelah mendapatkan cukup subscribers dan memiliki views yang cukup banyak, kamu bisa coba mengatur kanalmu untuk monetisasi.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: youtube adsense, karier, finansial, gaji youtuber

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang