Published on

Careers

Mudah, ini 6 cara menabung yang benar untuk anak muda

Nur Rosita Dewi

cara-menabung-yang-benar-EKRUT.jpg

Sebenarnya meskipun penghasilan masih pas-pasan, menabung tidaklah sulit, yang sulit adalah memulainya. Setelah memulai, belum tentu juga lancar karena seringkali tabungan yang disimpan terpakai untuk ini dan itu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara menabung yang benar

Seperti apa cara menabung yang benar? Berikut adalah tips menabung untuk anak muda di usia 20-an.

1. Mencatat semua pengeluaran

cara menabung yang benar - EKRUT
Mencatat pengeluaranmu dapat membantu kamu menabung dengan lebih mudah - EKRUT

Cara menabung yang benar poin pertama adalah mencatat semua pengeluaran. Cari tahu berapa banyak yang kamu belanjakan setiap bulannya. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa memantau ke mana saja semua uangmu dihabiskan. Supaya lebih mudah, gunakan aplikasi untuk mencatat pengeluaran yang ada di Play Store atau App Store. 

Setelah kamu memiliki data tersebut, tentukan nominal yang seharusnya dipakai untuk setiap kebutuhan. Misalnya untuk konsumsi, transportasi, biaya rumah tangga, atau untuk biaya kecantikan. Semua ini dilakukan supaya pengeluaran di setiap kategori bisa teratur dan tidak berlebihan.

2. Penghasilan yang seharusnya disimpan

cara menabung yang benar - EKRUT
Setidaknya 10-20% dari penghasilanmu ditabung setiap bulannya - EKRUT

Setelah kamu mengetahui berapa dan ke mana saja pengeluaran kamu setiap bulan, kini saatnya menentukan jumlah uang yang akan kamu simpan. Tabungan yang ideal jumlahnya sekitar 10-20% dari penghasilan.

Jadi, jika gajimu sekitar Rp3.000.000, usahakan untuk menabung senilai Rp300.000-Rp600.000. Jika bisa lebih dari itu, tentu sangat bagus. Tapi, pastikan kamu tidak terlalu memaksakan diri agar tetap bahagia menjalani hidup.

Baca juga: 5 Penghasilan pekerjaan ini membuat kamu mampu beli rumah

3. Jadikan menabung sebagai kebiasaan rutin  

cara menabung yang benar - EKRUT
Mulailah membuat menabung sebagai rutinitas bulanan - EKRUT

Jadikan menabung sebagai kebiasaan yang tidak boleh dilewatkan. Untuk membantumu tetap rutin menabung  kamu bisa membuat reminder di smartphone pada tanggal-tanggal tertentu untuk menabung. Atau kamu juga bisa membuat tabungan otomatis dari rekeningmu. 

Hampir semua bank menawarkan program transfer otomatis ke rekening tabungan. Ini bisa kamu manfaatkan untuk membagi uang di dalam rekening yang kamu pakai untuk keperluan rutin dengan uang yang harusnya ditabung. 

4. Tentukan prioritasmu

 

cara menabung yang benar - EKRUT
Pisahkan tabungan untuk liburan dengan tabungan untuk rumah dan lainnya dan jangan sampai mengganggu satu sama lain - EKRUT

Setelah mulai menabung, kamu harus sadar bahwa tabungan jangka panjang tidak boleh mengalah untuk kebutuhan jangka pendek. Misalnya, tabungan masa tua ingin dipakai untuk biaya liburan, tentu saja tidak boleh. Alokasikan biaya untuk liburan sendiri tanpa harus mengganggu simpanan tabungan yang lainnya.

5. Pasang target

cara menabung yang benar.- EKRUT
Tentukan target jangka panjang agar kamu dapat lebih termotivasi saat menabung - EKRUT

Salah satu cara menabung yang benar adalah menentukan target atau tujuan. Ini akan membantu memotivasi kamu supaya tetap rajin untuk menabung. Tujuan dan target tersebut bisa apa saja. Bisa menabung untuk menikah, liburan, atau menabung untuk masa pensiun.

Setelah itu, cari tahu juga berapa banyak uang yang kamu perlukan dan berapa lama yang dibutuhkan untuk mengumpulkannya. Singkatnya, kamu perlu membuat tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam menabung.

Baca juga: 6 Cara menabung saham untuk pekerja kantoran

6. Tentukan cara untuk menghemat pengeluaran

cara menabung yang benar - EKRUT
Menyeduh kopi sendiri dapat menjadi cara menghemat pengeluaranmu - EKRUT

Jika merasa pengeluaran kamu terlalu tinggi, pikirkan cara untuk memangkas pengeluaran. Kamu bisa menghemat dari kategori mana saja, seperti hiburan atau konsumsi. Tentukan prioritas dan pastikan uangmu hanya dikeluarkan untuk hal-hal yang penting saja.

Berhentilah berlangganan produk tertentu yang jarang atau tidak terlalu kamu butuhkan. Kurangi juga perilaku hedonisme yang berlebihan, seperti makan di tempat fancy, mebeli skincare yang tidak terlalu dibutuhkan, hingga kopi.

Ya, kopi bisa menjadi sumber pengeluaran yang lumayan jika dihitung-hitung. Untuk itu, kurangi kebiasaan minum kopi di kafe yang harganya mahal. Alternatifnya kamu bisa sesekali mengganti kopi kafe dengan kopi sachet atau  kopi single origin dan menyeduhnya sendiri di rumah, 

Selain itu, jangan tergiur dengan promo. Kamu harus tetap disiplin dengan komitmen untuk menabung.

Itulah lima cara menabung yang benar yang bisa dicoba untuk anak muda. Pastikan kamu berkomitmen penuh agar tidak tergoda mengambil uang yang sudah ditabung. Semangat ya, jika ada niat pasti ada jalan!

cara menabung yang benar - EKRUT
Last update:  14 June 2020

Sumber: 

Tags

Share