Published on

Careers

6 Cara mengecilkan perut buncit untuk pekerja kantoran

Tsalis Annisa

cara-mengecilkan-perut-buncit-EKRUT.jpg

Padatnya rutinitas membuat kebanyakan pekerja kantoran tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga. Akibatnya, berat badan sulit dikontrol dan perut pun menjadi buncit. 

Untungnya telah ditemukan beberapa cara menghilangkan perut buncit yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan waktu yang lama. Buat kamu yang penasaran, segera ikuti cara di bawah ini.

1. Jalan kaki saat berangkat kerja, minimal 30 menit setiap hari 

cara mengecikan perut buncit - EKRUT
Rutin berjalan kaki minimal 30 menit setiap harinya dapat menurunkan berat badan - EKRUT

Cara menghilangkan perut buncit untuk pekerja kantoran tidaklah sulit. Kamu cukup menyisihkan waktu beberapa menit untuk berjalan kaki saat berangkat kerja.

Tinggalkan kendaraan pribadimu dan mulailah naik angkutan umum supaya punya kesempatan untuk berjalan. Dengan naik bus, MRT, maupun KRL, mau tak mau kamu akan berjalan meskipun hanya sedikit. Daripada tidak pernah bergerak sama sekali, kan?

Atau kalau mau lebih niat lagi, bersepedalah saat menuju kantor. Terutama jika jarak kantor dengan rumah cukup dekat. Selain sehat, cara ini juga bisa mengurangi ongkos. Nah, setelah sampai kantor, gunakan tangga, jangan naik lift.

Baca juga: 5 Manfaat bangun pagi untuk kesuksesan karier dan kinerjamu

2. Duduk di atas bola yoga saat bekerja

cara mengecikan perut buncit - EKRUT
Duduk di atas yoga ball dapat membantu kamu memperbaiki postur tubuh dan melatih otot perut - EKRUT

Tahukah kamu, olahraga ringan bisa dilakukan sambil duduk, lho. Caranya juga sangat mudah yaitu, mengganti kursi dengan bola yoga!  

Namun sebelumnya, pastikan kantormu cukup santai dan tidak keberatan dengan hal ini. Jangan sampai cara menghilangkan perut buncit malah mendatangkan masalah untuk kamu.

Demi menjaga keseimbangan, terpaksa kamu akan berusaha menjaga diri supaya lebih tegak dan stabil saat duduk di atas bola. Ini akan membuatmu menggunakan lebih banyak otot perut dan punggung. 

Manfaatnya untuk memperbaiki postur tubuh dan dapat membantu mengurangi stres. Cukup lakukan ini selama 20-30 menit, jangan sepanjang hari. 

3. Berputar di atas kursi

cara mengecikan perut buncit - EKRUT
Lakukanlah olahraga ringan di kursi kerja - EKRUT

Berputarlah di atas kursi untuk melatih otot perut. Angkat kakimu dari tanah dan berpeganganlah ke lengan kursi. Setelah itu, kencangkan bagian perut dan gunakan otot perut untuk memutar kursi ke arah kiri dan ke arah kanan. 

Lakukan cara menghilangkan perut buncit ini sebanyak 10 kali di setiap sisinya. Usahakan melakukan olahraga ringan di kantor ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Push-up dengan tangan bertumpu di dinding

cara mengecikan perut buncit - EKRUT
Ambil waktu istirahat di sela kerja dengan melakukan push up ringan - EKRUT

Lakukan push-up dalam posisi berdiri sambil tangan bertumpu di dinding agar tidak jatuh. Tangan yang bertumpu di dinding harus selebar bahu. Siku juga harus tetap terselip di dekat tubuh. 

Pastikan juga punggung lurus saat melakukan push-up untuk melatih otot tangan, perut, dan punggung.

Push-up sebanyak 10 kali dengan menurunkan tubuh ke bawah dan ke atas. Jumlahnya bisa kamu tingkatkan setiap harinya. Cara ini memang lebih untuk melatih otot tangan dan punggung, tapi juga berguna untuk menghilangkan perut buncit.

5. Duduk melayang sambil menempel di dinding

cara mengecikan perut buncit - EKRUT
Melakukan wall sit dapat melatih otot perut dan paha kamu - EKRUT

Bersandarlah ke dinding dalam posisi seolah-olah sedang duduk dan membentuk sudut 90° dengan lantai. Tahan selama 30 hingga 60 detik. Cara ini sangat baik untuk melatih otot paha depan, punggung, dan perut.

Baca juga: 6 Manfaat olahraga untuk pekerja kantoran yang sibuk

6. Gunakan tangga

cara mengecikan perut buncit - EKRUT
Naik turun tangga dapat membantu pembakaran lemak - EKRUT

Alih-alih selalu menggunakan lift di tempat kerja, cobalah kamu memilih untuk naik turun menggunakan tangga. Aktifitas ini dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak sehingga cadangan lemak di perut kamu pun bisa berkurang.

Tidak hanya itu, kebiasaan naik turun tangga juga baik untuk menguatkan jantung, otot dan tulang kamu. 

Jika baru pertama kali, mungkin kamu akan merasa kesulitan dan cepat pegal. Tapi seiring waktu, semuanya akan terasa lebih mudah. Hal yang paling penting, kamu harus konsisten dan niat untuk menghilangkan perut buncit. Selamat mencoba!

cara mengecilkan perut buncit - EKRUT
Last update: 19 September 2020

Sumber: 

Tags

Share