Published on

Careers

6 Manfaat bangun pagi untuk kesuksesan karier dan kinerjamu

Tsalis Annisa

manfaat-bangun-pagi-EKRUT.jpg

Meski terkadang sulit untuk dilakukan, nyatanya memulai harimu lebih awal dapat membawa kepada kesuksesan. Bahkan mereka yang sukses umumnya bangun lebih awal dan melakukan ritual pagi sebelum yang lain terbangun. 

Lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa manfaat bangun pagi yang menarik untuk kamu ketahui.  

1. Memberikan manfaat bagus untuk kesehatan fisik

manfaat bangun pagi - EKRUT
Bangun lebih pagi baik bagi kesehatan fisik - EKRUT

Ternyata, orang yang bangun lebih pagi mampu memberikan manfaat bagus pada kesehatan fisiknya. Sebab, orang yang terbiasa memulai harinya lebih awal biasanya tidak perlu terburu-buru dalam melakukan aktivitasnya di pagi hari. Hal ini membuat mereka terhindar dari melewatkan waktu sarapan karena kesiangan.

Perlu diketahui, sarapan adalah waktu makan terpenting dalam pola makan sehari-harimu. Tanpa sarapan, badanmu akan mengeluarkan rasa lapar berlebih yang membuatmu makan apapun yang bahkan tidak sehat dan tidak baik untuk tubuh. Misalnya seperti, makanan berlemak serta mengandung gula tinggi.

Namun, dengan selalu makan sarapan, kamu akan terbiasa memiliki pola makan yang sehat. Selain itu, sarapan sambil menikmati secangkir kopi sembari membaca buku di pagi hari akan mampu menenangkan dan menyenangkan dibanding sarapan terburu-buru.

Agar lebih paham, kamu perlu tahu informasi selengkapnya mengenai manfaat sarapan pagi untuk pekerja kantoran. 

Baca juga: 10 Menu sarapan pagi untuk pekerja kantoran yang sibuk

2. Kesehatan mental yang lebih baik

manfaat bangun pagi - EKRUT
Orang yang bangun pagi kurang rentan terhadap depresi - EKRUT

Orang yang bangun pagi biasanya memiliki pola tidur yang lebih baik. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental mental jangka panjang kamu.

Studi juga menyebutkan bahwa orang yang bangun lebih awal kurang rentan terhadap depresi dibandingkan mereka yang suka begadang. Orang yang bangun pagi juga lebih optimis dan lebih sedikit memiliki penyakit psikologis. 

3. Memberikan cukup waktu untuk berolahraga

manfaat bangun pagi - EKRUT
Berolahraga di pagi hari membantu kamu memiliki waktu untuk olahraga - EKRUT

Mungkin umumnya para pekerja kantoran berolahraga di gym seusai waktu kerja. Namun, terkadang kamu akan malas berolahraga jika sudah merasa terlalu lelah bekerja di kantor.

Tidak demikian jika kamu mengusahakan olahraga di pagi hari. Lebih sedikit alasan yang kamu miliki untuk melewatkannya. Selain itu, berolahraga di pagi hari akan membuatmu merasa bersemangat sepanjang hari.

Kenali manfaat olahraga lainnya untuk kamu pekerja kantoran

4. Akan lebih mudah menyelesaikan daftar tugas harian

manfaat bangun pagi - EKRUT
Dengan bangun pagi kamu memiliki waktu untuk membuat daftar tugas harian - EKRUT

Ketika kamu merasa stres dan kesulitan mengatur pekerjaan karena tenggat waktu yang ada, cobalah membuat daftar apa yang harus dikerjakan selama sehari berdasarkan kepentingan dan prioritasnya. 

Sebab, menciptakan to do list pada jam 4 pagi tentu akan lebih bermanfaat dan berguna dibanding membuatnya pada jam 10 ketika harimu sudah dimulai beberapa jam, kan?

Dalam membuat daftar hal yang harus dikerjakan ini, fokuslah pada hal yang mampu mengembangkan dirimu menjadi lebih produktif. Lalu, tentukan standar kesuksesanmu di akhir hari berdasarkan daftar hal yang kamu kerjakan hari itu.

5. Meningkatkan kualitas tidur 

manfaat bangun pagi - EKRUT
Rutin bangun pagi bisa meningkatkan kualitas tidur kamu - EKRUT

Menjaga jadwal tidur yang teratur akan membuatmu lebih mudah untuk tertidur pada waktunya dan bangun lebih pagi. Hal ini akan menjadi jam biologis untuk tubuhmu yang akan bekerja otomatis. 

Jika tubuhmu sudah terbiasa dengan jam tidur yang teratur, maka kualitas tidur dan istirahatmu pun akan meningkat karena kamu tidur dan bangun tanpa paksaan.

Baca juga: Ini 7 manfaat tidur siang di kantor yang tingkatkan performamu

6. Dapat meningkatkan produktivitas

manfaat bangun pagi - EKRUT
Rutin bangun pagi membantu kamu lebih produktif - EKRUT

Manfaat bangun pagi yang terakhir adalah meningkatkan produktivitas. Pagi hari adalah waktu paling tepat untuk lebih produktif. Dengan lebih produktif dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lebih awal di pagi hari, kamu bisa lebih bersantai dan tidak terlalu dikejar tenggat waktu pulang.

Meningkatnya produktivitas, dan kesehatan tubuh yang kamu dapatkan dari manfaat bangun pagi akan membantumu dalam beragam aspek kehidupan. Kamu pun dapat lebih mudah mencapai kesuksesan. 

Jadi, kapan kamu mau mulai bangun pagi?

manfaat bangun pagi - EKRUT
Last update: 24 Oktober 2020

Sumber:

Tags

Share