Media

Cara mengecilkan perut paling efektif untuk kamu pekerja kantor
By Nelson Simbolon - 13 December 2018
5 min read 145 Views

Sebagai karyawan kantoran, setiap harinya kamu mungkin terbiasa duduk di depan komputer dan sedikit gerak. Seringkali hal itu membuat penambahan berat badan perlahan-lahan tanpa disadari. Hal ini disebabkan karena tubuh yang terlalu banyak duduk dan kurang bergerak serta pola makan yang tidak sehat. 

Akibatnya bagian tubuh akan tampak berubah, seperti perut membuncit. Lalu, bagaimana mengatasinya? Adakan cara mengecilkan perut paling efektif untuk pekerja kantoran? Berikut beberapa tips yang patut untuk dicoba!

 

Latihan leg curl-press dan straight-arm squeeze 

Tak perlu ke tempat gym untuk cara mengecilkan perut dengan leg curl dan press. Cobalah dengan duduk tegak lurus pada tepi kursi. Biarkan lutut kiri menyentuh lantai dan menjadi tumpuan. Tekan kakimu selama lima kali ke bawah dan lakukan pada kaki yang lainnya. Mudah bukan?

Duduklah tegak pada ujung kursi, tarik lenganmu ke belakang hingga otot lengan tertarik. Tahan selama beberapa detik dan lakukan 10 kali. Gerakan ini mampu mengencangkan otot bahu, trisep, dan punggung.

 

Bersepeda

Kalau selama ini kamu pergi ke kantor dengan menggunakan mobil atau sepeda motor, maka sebaiknya kini kamu mencoba untuk bike to work. Cobalah bersepeda dan nikmati sensasi bersepeda, manfaatnya kalori dalam tubuhmu akan terbakar dan mengikis timbunan lemak jahat yang ada dalam tubuh. Bagi kamu yang jarak kantor ke rumah cukup jauh, mungkin bisa bersepeda di pagi hari atau di akhir pekan.

 

Lari atau jalan cepat

Banyak yang bilang cara mengecilkan perut yang satu ini paling ampuh. Pasalnya, lemak akan banyak terbakar ketika kamu membakar energimu dengan berolahraga kecil seperti lari. Jika kamu memiliki waktu yang cukup sebelum berangkat ke kantor, sempatkanlah berlari atau berjalan cepat sekitar 15 hingga 20 menit. Kamu juga bisa melakukakannya di akhir pekan. Pilih jalur untuk berlari atau berjalan cepat dengan suasana yang segar. Lakukan sesering mungkin, nikmati setiap ayunan langkah kakimu dan rasakan manfaatnya.

 

Cukupi asupan serat

Tak hanya olahraga saja yang perlu kamu lakukan. Cara mengecilkan perut juga dilakukan dengan mencukupi asupan serat. Sebuah studi menunjukkan, serat dapat memperlambat penyerapan makanan, sehingga kamu dapat merasa kenyang lebih lama. Penelitian lain bahkan mengungkapkan bahwa pola makan tinggi serat dan karbohidrat kompleks disertai pembatasan asupan lemak efektif dalam membantu mengurangi berat badan. Untuk mendapatkan asupan serat yang cukup, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, flaxseed, alpukat, brokoli, ubi jalar, wortel, jambu, pir, dan apel.

 

Istirahat yang cukup

Setelah melakukan olahraga dan memenuhi asupan nutrisi, cara mengecilkan perut berikutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Menurut sebuah penelitian, waktu dan kualitas tidur turut berpengaruh pada meningkatnya jumlah jaringan lemak di perut. 

Dari penelitian tersebut terlihat bahwa orang yang kurang tidur atau justru tidur terlalu lama, memiliki kecenderungan untuk mengalami peningkatan lemak dan berat badan. Maka dari itu, cukupi kebutuhan tidur selama 7 jam per hari dan usahakan untuk konsisten menjaga waktu tidurmu. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi penumpukan lemak di tubuh, terutama di daerah perut yang buncit.

Ingatlah bahwa cara mengecilkan perut buncit yang paling efektif adalah dengan memperbaiki pola hidup, selain dengan mengatur pola makan dan olahraga kita juga perlu menghindari rokok serta minuman beralkohol. Dengan memperbaiki pola hidup dan menerapkan hal-hal di atas bukan tidak mungkin kamu dapat mengecilkan perut buncit dalam waktu yang singkat.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags:

  • tips
  • sehat
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang