Published on

Careers

5 Cara menghilangkan mental block di kalangan pekerja

Nur Lella Junaedi

cara-menghilangkan-mental-block-EKRUT.jpg

Mental block kerap terjadi kepada siapa saja terutama para pekerja profesional yang mungkin lelah karena beban pekerjaan yang tidak berhenti. 

Keadaan ini bisa sangat mengganggu, sebab biasanya saat mengalami mental block produktivitas dan kreativitas kamu juga akan menurun. 

Agar bisa terhindar dari dampaknya, kamu mungkin dapat mencoba beberapa cara menghilangkan mental block berikut ini. 

Kenali apa itu mental block dan gejalanya

cara menghilangkan mental block EKRUT 
Ciri dari orang yang mengalami mental block adalah mudah meragukan diri sendiri - EKRUT

Sebelum mencari tahu tentang bagaimana cara menghilangkan mental block, kenali dulu apa itu mental block agar kamu tak salah memahami. 

Hambatan mental atau kerap disebut mental block adalah berbagai pengalaman yang berkaitan dengan perasaan terhambat dalam pemikiran seseorang. 

Salah satu contoh dari mental block ini yaitu fenomena writer’s block yang sering dialami oleh para penulis, ketika merasa buntu dan tidak dapat menulis untuk jangka waktu tertentu. 

Tentunya baik gangguan writer’s block dan mental block ini bukan berasal dari dorongan orang lain yang menjadi penghambat, melainkan karena dorongan dan pikiran diri sendiri.

Umumnya orang yang mengalami mental block adalah mereka yang memiliki ciri-ciri tidak bersemangat, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dan berpikir dengan nalar yang jelas.  

Lebih dari itu gejala lain dari mental block juga bisa dilihat dari beberapa ciri kepribadian berikut ini: 

Meragukan diri sendiri 

Mental block akan muncul pada orang yang selalu meragukan kemampuannya. 

Dengan merasa ragu pada diri sendiri itu akan membuat kamu merasa tidak pantas dibandingkan dengan orang lain bahkan setelah kamu bekerja susah payah untuk melakukan suatu hal dengan maksimal. 

Meragukan diri sendiri sebenarnya itu hanyalah argumen yang ada di kepala kamu, harusnya argumen itu terbantahkan saat kamu mencoba membuat sesuatu itu dengan maksimal. 

Membatasi pikiran 

Gejala lain dari munculnya mental block adalah ketika kamu sering membatasi pikiranmu sendiri berdasarkan pengalaman yang pernah dialami misalnya kegagalan. 

Padahal dengan pola pikir yang selalu kamu batasi tersebut, kamu tidak akan bisa mendorong dirimu untuk tumbuh dan terus belajar hal baru. 

Suka membandingkan dengan orang lain 

Pikiran yang suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain juga bisa menjadi pemicu munculnya mental block. 

Dengan banyak melakukan perbandingan terhadap orang lain akan membuat kamu lebih panik dan tidak fokus terhadap kemampuan diri sendiri. 

Baca juga: Mengenal sabotase diri dan cara mengatasinya

Cara menghilangkan mental block

cara menghilangkan mental block EKRUT 
Sementara cara menghilangkan mental block yakni dengan bergaul bersama orang kreatif - EKRUT

Bila kamu secara terus menerus membiarkan dirimu mengalami gejala mental block, akan banyak peluang terbuang karena kamu masih selalu meragukan diri sendiri dan tidak fokus pada kemampuanmu. 

Tentunya hal ini akan menghambat produktivitas, kreativitas hingga kesuksesan dalam bekerja. Maka dari itu cara mengatasi mental block adalah dengan beberapa upaya di bawah ini.  

1. Selesaikan tugas kecil dan mudah terlebih dahulu 

Ketika kamu merasa buntu dengan kesulitan dari pekerjaan yang kamu alami, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak lalu menyaring dan mengerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu. 

Pasalnya dengan mendahulukan pekerjaan tersebut, semangatmu untuk mengerjakan hal lainnya akan tetap ada dan tidak terhambat oleh kesulitan yang kamu alami. 

Selain itu, hal ini juga bisa mengembangkan kepercayaan diri untuk bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya. 

2. Pelajari suatu hal yang baru

Upaya lain sebagai solusi dari mental block dan cara mengatasinya yakni dengan mempelajari sesuatu yang baru, termasuk hal lain di luar bidang yang kamu kuasai. 

Kamu bisa mempelajari hal baru dari informasi yang ada di internet, membaca buku, berita dan sebagainya. Mempelajari hal baru akan mengarahkan otak untuk berpikir dengan cara yang baru juga. 

Dengan begitu pikiran kamu akan lebih berkembang, mampu meningkatkan kreativitas dan membuat kamu memiliki pola pemecahan masalah yang lebih banyak. 

Jadi, ketika kamu menghadapi masalah yang sulit, kamu tidak akan buntu dan lebih mudah mencari solusinya.

3. Berteman dengan orang yang kreatif 

Berteman dengan orang yang kreatif bisa mendatangkan banyak inspirasi bagimu. Kamu akan lebih terpacu untuk bisa mencontoh apa yang telah mereka lakukan. 

4. Mengingat keberhasilan di masa lalu

Cara menghilangkan mental block selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengingat keberhasilan yang pernah kamu raih sebelumnya. 

Tentunya dalam hidup kamu pernah merasakan keberhasilan bukan? Dari keberhasilan yang pernah diraih tersebut cobalah analisis bagaimana kamu bisa sampai ke tahap itu. 

Dengan begitu, itu akan menumbuhkan kembali rasa percaya diri dan energi positif yang kamu miliki. 

5. Mengubah lingkungan kerja 

Lingkungan kerja yang nyaman akan sangat berpengaruh pada produktivitas kerja dan kreativitas. Sebab dengan ruangan yang nyaman akan membuat otak lebih fokus ketimbang bekerja di ruangan yang berantakan.

Oleh karena itu tidak ada salahnya saat ingin bekerja di rumah, kamu sebaiknya merapikan tempat kerja terlebih dahulu agar mudah mendapatkan inspirasi. 

Baca juga: 6 Tips menata ruangan kerja ini bantu tingkatkan produktivitasmu

Itulah lima cara menghilangkan mental block yang bisa kamu lakukan. Dengan menerapkan solusi terbaik menghadapi mental block tersebut, kamu pun bisa lebih fokus dan kreatif dalam pekerjaan. 

cara menghilangkan mental block EKRUT

Sumber: 

  • tonyrobbins
  • business.tutsplus
  • asianefficiency
  • entrepreneur

Tags

Share