Published on

Technology

4 Cara Mereset iPhone dengan Aman Sesuai Kebutuhan Kamu

Ningtyas Dewanasari Kinasih

4_Cara_Mereset_iPhone_dengan_Aman_sesuai_Kebutuhan_Kamu.jpg

Saat sedang menjalankan aktivitas dengan menggunakan iPhone-mu, tidak menutup kemungkinan adanya kendala. Beberapa kendala pada ponsel yaitu, kurang responsif, melambat, bahkan berhenti mendadak. Nah, kendala tersebut tentunya akan mengganggu aktivitasmu, bukan?

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan reset ulang pada iPhone untuk mengembalikannya ke pengaturan awal atau ke kondisi pabrik. Reset ulang ini juga sangat penting untuk dilakukan apabila kamu berencana untuk menjual iPhone-mu, lho. Terdapat beberapa cara reset iPhone yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Perhatikan jenis, fungsi, dan tutorial cara reset iPhone berikut ini.

Baca juga: 4 Cara cek IMEI iPhone agar tahu asli atau palsu 2022

Jenis-jenis reset iPhone


Cara reset iPhone dapat dilakukan melalui beberapa jenis. (sumber: pexels)

Sebelum mengikuti cara reset iPhone, kamu perlu memahami dulu jenisnya. Hal ini penting mengingat data yang ada pada iPhone-mu akan hilang baik sebagian atau keseluruhan. Tersedia tiga jenis level yang berbeda untuk reset iPhone, antara lain:

1. Soft reset

Dilansir dari techradar.com, soft reset adalah jenis yang mudah, kamu hanya perlu menghidupkan dan mematikan iPhone. Jenis reset ini dapat kamu lakukan ketika iPhone masih bereaksi atau responsif. Cara reset iPhone dengan jenis ini dilakukan jika kamu ingin boot ulang dengan cepat. Metode untuk melakukan cara ini bervariasi tergantung dari jenis iPhone yang kamu miliki. Soft reset tidak akan menghapus data yang ada dalam iPhone-mu.

2. Force restart


Force restart dilakukan bila iPhone-mu tidak responsif. (sumber: pexels)

Jenis lain yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan cara reset iPhone adalah force restart. Jenis tersebut dilakukan apabila perangkatmu membeku atau tidak mau menyala, kamu perlu melakukan langkah yang lebih serius. Kamu tidak akan kehilangan data apapun dengan melakukan metode force restart. Kamu hanya akan memaksa iPhone untuk menyalakan dan menghidupkan. Cara reset iPhone dengan jenis ini juga bisa berbeda-beda tergantung tipe perangkat yang kamu miliki. Sehingga penting untuk kamu mengetahui cara reset iPhone dengan force restart di ponselmu.

3. Factory reset

Perlu jenis yang lebih ekstrem? Factory reset atau reset pabrik adalah langkah yang bisa kamu lakukan. Namun, jenis ini bukanlah hal yang dapat kamu lakukan dengan mudah karena akan menghapus semua data yang ada pada iPhone kamu. Reset pabrik akan mengembalikan iPhone ke kondisi awal saat baru dilepaskan dari pabrik. Hal ini berarti akan menghapus semua info akun, aplikasi, media, dan data yang tersimpan dalam perangkat.

Jenis ini memungkinkan kamu menghapus perangkat secara total sehingga kamu bisa menjual atau memberikannya ke orang lain. Selain itu, cara reset iPhone dengan jenis ini mungkin dapat memecahkan masalah yang terjadi dalam perangkatmu.

Baca juga: 8 Software edit video untuk Android dan iOS terbaik 2022

Fungsi mereset iPhone


Reset iPhone berfungsi untuk memperbaiki software. (sumber: pexels)

Melakukan reset iPhone memiliki fungsi yang penting untuk kamu ketahui. Berikut ini beberapa fungsi reset iPhone:

1. Memperbaiki kerusakan software

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, dengan menggunakan reset pabrik, maka akan dikembalikan ke pengaturan awal pabrik. Mengembalikan pengaturan awal merupakan salah satu solusi tepat apabila kamu mengalami kerusakan software.

2. Membersihkan data dan pengaturan

Menghapus data dan pengaturan yang tersimpan dalam iPhone sangat berguna jika kamu berencana untuk menjual ponselmu. Pembeli akan mendapatkan iPhone dengan pengaturan baru.

3. Mengembalikan respon iPhone

Apabila iPhone kamu tidak responsif kamu bisa melakukan jenis soft reset atau force restart yang mana kamu tidak perlu khawatir kehilangan data. Kedua proses tersebut tidak akan menghapus data atau pengaturan pada ponsel.

Baca juga: 5 Fakta mengejutkan soal ponsel

Tutorial cara reset iPhone


Cara reset iPhone bisa berbeda tergantung tipe ponsel. (sumber: pexels)

Ingin menghapus data dan mengatur ulang pengaturan? Mengetahui tutorial cara reset iPhone merupakan hal penting yang harus kamu pahami. Nah, perlu kamu pahami juga bahwa perbedaan tipe perangkat berpengaruh pada cara reset iPhone yang kamu lakukan. Perhatikan beberapa cara reset iPhone, berikut ini:

1. Cara reset iPhone 7 atau 7 Plus

Langkah awal cara reset iPhone dengan tipe ini adalah dengan menekan dan menahan tombol volume bagian bawah dan tombol Sleep atau Wake secara bersamaan. Volume bagian bawah terletak pada sisi kiri iPhone, sedangkan tombol Sleep/Wake terdapat pada bagian ujung atas perangkat. Tahan dan tekan kedua tombol tersebut sampai logo Apple muncul.

Segera lepaskan kedua tombol setelah logo Apple muncul. Apabila berhasil, iPhone kamu bisa dijalankan kembali secara normal. Namun, jika tidak dapat dijalankan, kamu bisa mengisi daya perangkatmu selama kurang lebih satu jam sebelum mencobanya kembali.

2. Cara reset iPhone 8


Langkah awal reset iPhone 8 dengan menekan tombol volume atas. (sumber: pexels)

Cara reset iPhone untuk tipe lebih baru berbeda dengan tipe sebelumnya, perhatikan langkahnya di bawah ini:

  • Menekan dan melepaskan tombol volume atas yang berada di sisi kiri iPhone
  • Menekan dan melepaskan tombol volume bagian bawah
  • Menekan dan menahan tombol Sleep/Wake di sisi kanan iPhone. Tahanlah hingga logo Apple ditampilkan pada layar
  • Melepaskan tombol setelah logo ditampilkan

Penting untuk  kamu ketahui cara reset iPhone di atas tidak hanya berlaku untuk tipe 8 saja, namun juga 8 Plus, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, dan SE (generasi kedua).

3. Cara reset iPhone melalui hard reset

Melakukan hard reset merupakan salah satu cara untuk menghapus data dan pengaturan pada iPhone kamu. Apabila kamu hendak melakukan metode ini, jangan lupa untuk melakukan back up terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar data kamu bisa tetap aman.

Dikutip dari kontan.co.id, cara reset iPhone dengan metode hard reset dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain:

  • Membuka setting atau pengaturan
  • Memilih general atau umum
  • Mencari bagian reset yang terdapat pada bagian bawah halaman
  • Menekan Erase All Content and Settings untuk melanjutkan proses hard reset
  • Mengisi password atau pin iPhone kamu
  • Menunggu hingga proses reset iPhone selesai
  • Memasukkan password Apple ID yang kamu gunakan
  • Setelah selesai, iPhone kamu akan kembali ke pengaturan awal

4. Cara reset iPhone 6, 6s Plus, SE (generasi pertama)

Cara reset iPhone selanjutnya dengan menekan dan menahan tombol Sleep/Wake yang ada di ujung atas iPhone juga tombol Home secara bersamaan. Tahanlah kedua tombol tersebut hingga muncul logo Apple. Setelah logo tersebut ditampilkan, lepaskan tombol. Perangkatmu akan bisa berjalan normal jika berhasil.

Baca juga: Cara Cek IP Address di Laptop (Windows, Mac) dan HP (Android, iOS) 2022

Dengan mengetahui cara reset iPhone, diharapkan kamu tidak kesulitan untuk melakukannya. Baik saat iPhone kamu tidak responsif atau ingin menjualnya. Pahami pula jenis dan tutorial cara reset iPhone untuk berbagai tipe perangkat. Perbedaan tipe perangkat dapat berpengaruh pada cara reset iPhone yang dilakukan.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • techradar.com
  • kontan.co.id
  • wikihow.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Bedanya_Port_HTTPS_dengan_HTTP_yang_Perlu_Diketahui.jpg

    Technology

    Bedanya Port HTTPS dengan HTTP yang Perlu Diketahui!

    Anisa Sekarningrum

    04 July 2022
    5 min read
    0-rdp-adalah.jpg

    Technology

    Mengenal RDP: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Panduan Menghubungkannya

    Arin Khurota

    01 July 2022
    6 min read
    H1_Stack.jpg

    Technology

    Stack: Definisi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Operasi, dan Implementasi

    Algonz D.B. Raharja

    01 July 2022
    6 min read

    Video