Media

Cegah pengguna kecanduan, Facebook dan Instagram keluarkan fitur ini
By Maria Yuniar - 7 August 2018
3 min read 52 Views

Kamu sering ngerasa terlalu keasyikan beraktivitas di media sosial hingga lupa waktu? Tenang saja, sekarang Facebook dan Instagram membantu mencegah kencaduan dalam penggunaan media sosial. Kedua aplikasi media sosial memperkenalkan fitur terbarunya yang akan mengingatkan para pengguna jika mereka sudah terlalu lama menggunakan kedua layanan tersebut. Seperti apa sih fitur ini?

 

Fitur serupa timer

Kecanduan medsos bisa mengurangi tingkat produktivitas seseorang. Oleh karena itu, Facebook dan Instagram berinisiatif meluncurkan fitur yang berperan seperti timer. Fungsinya, untuk mengingatkan para pengguna agar waktu mereka tidak terbuang hanya dengan berselancar di medsos.

Sebagai pengguna Facebook, kamu dapat membuka halaman pengaturan dan pilih 'Waktu Anda pada Facebook'. Sementara itu di Instagram, pengguna dapat membuka pengaturan, kemudian pilih 'Aktivitas Anda.' Pada dasarnya, kedua fitur ini memiliki kegunaan dan tampilan yang sama. 

Pertama, pengguna akan melihat dashboard aktivitas yang menunjukan rata-rata waktu yang telah dihabiskan untuk membuka aplikasi pada perangkat yang digunakan. Terdapat pula informasi total waktu yang dihabiskan pengguna untuk mengakses Facebook atau Instagram pada hari itu.

 

Pengingat batas waktu berselancar di medsos

Tujuan dari fitur ini selain mencegah kecanduan dari media sosial juga sebagai pengatur agar waktumu lebih efektif. Kamu juga dapat mengaktifkan pengingat harian dengan interval limit waktu yang berbeda-beda. Tujuannya, untuk mengingatkan jangka waktumu dalam berselancar pada platform itu. 

Nantinya, pengingat tersebut akan muncul sebagai notifikasi bagi pengguna yang telah melewati batas waktu. Namun, pengingat harian ini tidak akan membuat pengguna keluar dari aplikasi. Fitur tersebut hanya akan mengingatkan pengguna akan waktu yang telah dihabiskan. Pengguna juga dapat mengubah atau membatalkan limit waktu yang sudah ditentukan.

 

Siapkan fitur lain

Facebook dan Instagram terinspirasi serta berkolaborasi dengan ahli kesehatan mental terkemuka, beberapa organisasi, dan akademisi untuk membuat fitur ini. Mereka bahkan mengadakan penelitian secara ekstensif, serta melihat feedback dari komunitas, untuk membangun fitur yang akan dirilis oleh perusahan dalam waktu dekat. 

Dua perusahaan jejaring sosial tersebut juga memperkenalkan fitur baru lainnya yang dapat mematikan notifikasi pada aplikasi untuk. Jangka waktunya dapat dipilih, yaitu antara 15 menit hingga 8 jam.

Nah, dengan adanya fitur ini kita juga lebih sehat karena ada batasan jam waktu agar tidak terus menerus menjelajahi media sosial. Bagaimana pendapatmu?

 

Rekomendasi bacaan:
Lahir di Indonesia, Theresia Gouw masuk daftar perempuan terkaya Forbes
Blockchain dan efisiensi biaya
10 peran penting dalam tim data science

 

Referensi:
mashable.com
liputan6.com
grid.id
detik.com

Tags:

  • kecanduan
  • medsos
  • media sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang