Published on

Careers

7 Kampus dengan Jurusan Computer Science Terbaik di Indonesia

Algonz D.B. Raharja

H1_Computer_Science.jpg

Jika kamu ingin mendapatkan pendidikan tinggi yang mumpuni di bidang ilmu komputer, maka kamu harus benar-benar tahu dan paham mengenai kampus-kampus dalam negeri mana yang tepat buat kamu. Berikut ini adalah tujuh kampus dengan jurusan computer science terbaik di Indonesia yang bisa kamu tuju selepas lulus sekolah menengah atas maupun kejuruan nanti.

Apa itu computer science?


Computer science merupakan studi tentang komputer beserta sistem komputasinya (Sumber: Pexels)

Merujuk pada ensiklopedia Britannica, computer science diartikan sebagai studi tentang komputer dan komputasi serta aplikasi teoretis dan praktisnya. Ilmu komputer atau computer science merupakan ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip matematika, teknik, dan logika ke sejumlah besar fungsi, termasuk algoritma, pengembangan perangkat lunak dan keras, serta artificial intelligence (AI).

Dalam situsnya, Department of Computer Science University of Maryland menyebut bahwa computer science merupakan studi tentang komputer dan sistem komputasi. Ilmuwan komputer umumnya berurusan dengan perangkat lunak dan sistem perangkat lunak, baik secara teori, desain, pengembangan, dan aplikasi.

Computer science pada dasarnya memiliki beberapa bidang studi utama seperti AI, sistem dan jaringan, cybersecurity, basis data, interaksi komputer dengan manusia, visi dan grafik, analisis numerik, bahasa pemrograman, rekayasa perangkat lunak, bioinformatika, dan teori komputasi.

Sedangkan, University of York di Inggris dalam situsnya menyebutkan bahwa computer science tidak hanya tentang komputer, tetapi juga meliputi komputasi dan informasi yang kini hadir sebagai revolusi teknologi di setiap rumah lewat internet of things. Sistem komputer dan internet menjadi integrasi holistik yang kini bisa dinikmati di seluruh dunia dan di berbagai tempat, baik lewat ponsel hingga peralatan rumah tangga.

Secara umum, perkembangan computer science di Indonesia kini ditunjang dengan beralihnya perusahaan dan industri yang berbasis data maupun teknologi. Hampir semua lini industri memerlukan lulusan computer science untuk menata halaman situs jejaring mereka, aplikasi, hingga pembuatan basis data internal di perusahaan tersebut. Tak hanya itu, computer science di dunia bisnis juga dijadikan basis analisis untuk pengambilan keputusan lewat machine learning.

Baca juga: Tips Diterima Kerja di Startup Buat Lulusan Baru

7 Kampus dengan jurusan computer science terbaik di Indonesia


Beberapa kampus di Indonesia memiliki kualitas mumpuni di bidang computer science (Sumber: Pexels)

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan computer science, maka simak 7 kampus dengan jurusan computer science terbaik di Indonesia menurut QS World University Rankings by Subject 2022 berikut ini.

1. Universitas Indonesia

Peringkat pertama, ada Universitas Indonesia yang berkedudukan di Depok, Jawa Barat. Universitas Indonesia (UI) dikenal sebagai juara umum Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) sejak tahun 2016 hingga tahun 2020.

GEMASTIK merupakan lomba tingkat nasional yang melibatkan mahasiswa jurusan computer science dari seluruh universitas di Indonesia dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Fakultas Computer Science UI kini menduduki peringkat 201-250 untuk bidang Computer Science & Information Systems dari seluruh universitas di dunia. Kamu mengunjungi situs resmi Computer Science UI lewat tautan berikut ini.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat kedua, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Program Studi Informatika. Kampus teknik tertua di Indonesia ini menduduki peringkat 251 hingga 300 dari semua universitas dengan program studi computer science menurut QS WUR 2022 atau terbaik kedua di Indonesia.

Dilansir dari situsnya, Program Studi Teknik Informatika di ITB telah dibuka sejak tahun 1982 dan meluluskan sembilan orang sarjana pertamanya pada tahun 1986. Kini, program studi ini pun memiliki program magister informatika dengan opsi Ilmu Komputer (Computer Science) yang masuk dalam School of Electrical Engineering and Informatics.

3. Universitas Gadjah Mada

Siapa yang tidak kenal dengan universitas yang dijuluki “kampus biru” ini? Ya, Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berkedudukan di Yogyakarta ini merupakan kampus dengan jurusan computer science terbaik ketiga di Indonesia. Menurut QS WUR 2022, UGM menduduki peringkat ke 301 hingga 350 dari seluruh universitas di dunia untuk subjek computer science.

Program studi sarjana computer science di UGM masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan secara khusus masuk ke Department of Computer Science and Electronics. Program studi ini dibuka pada tahun 1987, kemudian pada tahun 2005 mengembangkan beberapa minat studi yang meliputi Sistem Informasi dan Multimedia, Komputasi, Sistem Komputer dan Komunikasi Data, serta Sistem Cerdas.

Baca juga: 6 Pilihan Profesi Terbaik Bagi Lulusan Baru Bidang IT

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS merupakan kampus yang berkedudukan di Surabaya dan terkenal dengan lulusan-lulusan teknik mumpuni. Dalam bidang computer science, menurut QS WUR 2022, ITS menduduki peringkat empat di Indonesia dan peringkat ke 351-400 di dunia. Department of Computer Engineering di ITS masuk ke dalam lingkup Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology.

Dari situsnya, kita dapat melihat bahwa Departemen Teknik Komputer ITS secara khusus hendak membangun pengintegrasian perangkat lunak dengan perangkat keras untuk diaplikasikan ke dalam sistem komputasi modern. Sistem komputasi ini meliputi layanan cloud computing, wireless sensor networks, internet of things, wearable devices, dan embedded system. Tak hanya itu, departemen ini juga terkenal dengan produk robotiknya.

5. Bina Nusantara University (BINUS)

Urutan kelima dengan jurusan computer science terbaik di Indonesia, adalah BINUS. Bina Nusantara University atau BINUS merupakan kampus swasta terbaik di bidang ini. Dilansir dari situsnya, BINUS ingin mengajarkan pengetahuan fundamental tingkat lanjut mengenai komputer yang bertumpu pada algoritma, metode pengembangan aplikasi, dan teknologi basis data, beserta konsep matematika.

Jurusan computer science di BINUS menggunakan kurikulum Association for Computing Machinery (ACM) yang merupakan kurikulum internasional untuk pengajaran computer science. Tak hanya itu, BINUS juga menyesuaikan kurikulum mereka dengan masukan dari dunia usaha maupun industri agar lulusannya bisa memberi solusi kreatif dan inovatif.

6. Telkom University

Universitas swasta kedua di bidang computer science adalah Telkom University yang berkedudukan di Bandung. Universitas yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) ini memang dikenal terdepan dalam urusan jurusan berbau teknologi dan informasi. Bahkan, jurusan computer science di universitas ini menduduki peringkat 551 hingga 600 dari seluruh universitas di dunia dalam subjek studi serupa.

Program studi Teknik Komputer di Telkom University sendiri merupakan bagian awal berdirinya Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telkom yang berdiri pada tahun 1990. Jurusan Teknik Komputer sendiri baru secara resmi berdiri sendiri Teknik Elektro dan Teknik Komputer pada tahun 2007.

7. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Salah satu politeknik negeri yang memiliki jurusan computer science atau teknik komputer terbaik adalah PENS. Politeknik yang juga didapuk sebagai politeknik terbaik di Indonesia menurut Webometrics ini, memiliki jurusan Teknik Komputer dengan kualitas mumpuni.

Dilansir dari situsnya, jurusan Teknik Komputer PENS diintegrasikan dengan teknik elektro dan ilmu komputer dalam pengembangan sistem perangkat keras, lunak, dan jaringan komputer. PENS menerima mahasiswa Diploma IV (D-4) untuk jurusan Teknik Komputer ini.

Baca juga: 8 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Terbaik di Tahun 2022

Prospek karier lulusan computer science


Lulusan computer science dibutuhkan dalam dunia digital dan perkembangan teknologi untuk industri maupun bisnis (Sumber: Pexels)

Jika merujuk pada beberapa situs perguruan tinggi di atas, dapat disimpulkan bahwa lulusan computer science maupun teknik informatika meliputi beberapa profesi berikut ini.

  • Software Engineer, lulusan computer science menjadi rekrutan utama untuk prospek kerja sebagai teknisi perangkat lunak yang bertugas membangun perangkat lunak untuk keperluan bisnis maupun layanan publik.
  • Konsultan, bagi kamu yang ingin mengembangkan ilmu di bidang computer science untuk pekerjaan bersifat analitis dan evaluatif, maka profesi sebagai konsultan teknologi dan informasi bisa menjadi wadah yang tepat.
  • System Analyst & System Integrator, profesi ini cocok bagi kamu yang mengambil minat studi sistem komputasi. Nantinya, kamu akan bekerja untuk menganalisis sistem TI di suatu perusahaan/instansi dan membuat solusi integratifnya lewat perangkat lunak.
  • Web Engineer & Administrator, lulusan computer science umumnya bekerja di belakang layar untuk membangun sebuah situs jejaring beserta pengelolaan dan pemeliharaannya.
  • Programmer, salah satu profesi andalan para lulusan computer science adalah pemrogram, baik untuk pemrograman sistem komputasi maupun pemrograman aplikasi.
  • Software Tester, salah satu profesi penting bagi lulusan computer science adalah sebagai software tester yang bertugas dalam pengujian perangkat lunak atau aplikasi.
  • Intelligent System Developer, perkembangan kecerdasan buatan (AI) membuat para lulusan computer science memiliki wadah untuk bekerja sebagai pengembang perangkat lunak berbasis AI, seperti image recognizer, data mining, predictive analytics, dan lain sebagainya.

Baca juga: 8 Prospek Kerja Psikologi Hingga Kisaran Gajinya di Tahun 2022

Itulah berbagai hal tentang lulusan computer science yang bisa kamu ketahui. Bagi kamu yang baru lulus SMA/SMK, mungkin jurusan computer science bisa menjadi tujuan pendidikan tinggimu nanti. Atau, jika kamu merupakan lulusan perguruan tinggi dengan program studi computer science dan sejenisnya, maka kamu perlu menentukan arah kariermu mulai dari sekarang.

EKRUT hadir bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan maupun ingin membangun karier. Dengan mendaftar lewat EKRUT, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai karier dan juga peluang rekrutmen dari berbagai perusahaan bonafide di Indonesia. Kamu hanya perlu menyiapkan CV dan portofolio yang kamu punya lalu klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • cs.york.ac.uk
  • topuniversities.com
  • undergrad.cs.umd.edu

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video