Published on

jobs

8 Prospek kerja Ilmu Komunikasi terbaik di tahun 2021

Natasya Primatyassari

Lulusan_Ilmu_Komunikasi.jpg

Jika kamu tertarik mencari tahu bagaimana cara membentuk opini, menghibur, atau memberikan informasi kepada orang lain melalui berbagai pilihan konten yang disajikan untuk audiens, mungkin mempelajari ilmu komunikasi menjadi salah satu pilihan yang tepat. 

Jurusan komunikasi mencakup banyak disiplin ilmu termasuk periklanan, pemasaran, hubungan masyarakat, jurnalisme, penyiaran, media, dan film. Sifat ilmunya yang dinamis dapat mendorongmu untuk mempelajari banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Terlebih di era seperti ini, lulusan komunikasi banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin masuk ke ranah digital. Yuk, cari tahu lebih lanjut prospek kerja ilmu komunikasi melalui artikel berikut.

Skillset yang dimiliki lulusan Ilmu Komunikasi di dunia kerja

Skillset yang dimiliki lulusan Ilmu Komunikasi di dunia kerja
Lulusan ilmu komunikasi diasah kemampuannya untuk mengkombinasikan gambar, video, dan audio - Unsplash

Dilansir dari thebalancecareers.com, pada dasarnya ilmu komunikasi mempelajari cara menganalisis kebutuhan dan preferensi audiens baik itu pembaca, penonton, maupun pendengar. Mereka dilatih untuk terus mampu menyusun strategi serta berinovasi dalam menyampaikan pesan kepada publik.

Dalam ilmu komunikasi diajarkan cara menulis efektif dengan berbagai gaya penulisan seperti persuasif, deskriptif, maupun jurnalistik. Di saat yang bersamaan, mereka juga diasah untuk dapat mengkombinasikan gambar, video, dan audio ke dalam metode komunikasi yang mereka gunakan.

Selain itu, lulusan ilmu komunikasi juga mempelajari bagaimana cara merencanakan, mengatur, dan melaksanakan sebuah proyek, program, maupun acara. Mereka sudah terbiasa memperhatikan hal-hal detail tetapi juga harus dapat menguasai keseluruhan acara. 

Baca juga: Panduan memiliki komunikasi efektif dan cara membangunnya

8 Prospek kerja Ilmu Komunikasi terbaik di tahun 2021

8 Prospek kerja Ilmu Komunikasi terbaik di tahun 2021
Manfaat mempelajari ilmu komunikasi tak akan lekang oleh waktu - Unsplash

Mendalami ilmu komunikasi memang memberikan banyak manfaat. Selain banyak dibutuhkan oleh perusahaan, keahlian tersebut juga akan terus terpakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, keputusan akhir mengenai jenjang karier mana yang akan ditekuni sangat dipengaruhi oleh minat, keterampilan, dan potensi diri. Berikut beberapa gambaran prospek kerja ilmu komunikasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Social Media Manager

Social Media Manager
Saat ini banyak perusahaan mencari lulusan komunikasi untuk membantu mereka mengoptimalkan media sosial - Unsplash

Pekerjaan mengelola media sosial sangat erat kaitannya dengan komunikasi karena harus menyampaikan informasi kepada orang banyak. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika lulusan komunikasi, yang telah dilatih untuk menganalisis pola komunikasi, memiliki prospek kerja yang baik untuk membantu perusahaan mengoptimalkan brand mereka di media sosial.

Manajer media sosial juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik agar dapat menarik pengguna jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, untuk mengikuti perusahaannya.

Baca juga: Cara membuat kalender konten media sosial dan contohnya

2. Media Planner

Media Planner
Media planner membantu mengoptimalkan penempatan iklan agar sesuai dengan target pasar yang dituju - Unsplash

Lulusan ilmu komunikasi memiliki kualifikasi untuk mengkaji preferensi publik dengan cara melihat jenis media yang dikonsumsi kemudian dikombinasikan dengan data demografis yang tersedia. Hasilnya dapat digunakan untuk merencanakan penempatan iklan yang paling optimal di berbagai media seperti program televisi/radio, website, serta artikel majalah dan surat kabar.

3. Brand Manager

Brand Manager
Lulusan ilmu komunikasi juga memiliki prospek kerja sebagai brand manager - Unsplash

Brand manager bertugas untuk mengawasi citra produk atau layanan suatu perusahaan di mata publik. Mereka menganalisis respon konsumen terhadap produk yang dikeluarkan berdasarkan faktor-faktor seperti harga, pengalaman yang didapatkan oleh konsumen, kemasan, dan akses untuk mendapatkan produk tersebut. Brand manager juga melakukan supervisi terhadap pengembangan cara berkomunikasi, termasuk di dalamnya periklanan, promosi, dan hubungan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

4. Public Relation Specialist

Public Relation Specialist
Public relations membantu membentuk citra perusahaan - Unsplash

Berbagai jenis perusahaan menaruh perhatian tersendiri tentang bagaimana publik menilai mereka. Oleh karena itu, lulusan ilmu komunikasi memiliki prospek yang bagus untuk menangani hal ini dengan cara berpikir strategis tentang bagaimana membentuk persepsi publik melalui media. Public relations secara profesional bekerja untuk menulis siaran pers, mengatur konferensi pers dan acara serupa, juga meyakinkan kepada media bahwa cerita mengenai perusahaan mereka pantas untuk dipublikasikan.

Beberapa public relations bekerja untuk agency pemasaran dan periklanan yang melayani berbagai tipe klien. Beberapa yang lain bekerja secara langsung untuk perusahaan, lembaga pemerintahan, maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di bagian komunikasi untuk membantu menyampaikan pesan yang tepat kepada publik.

5. Content Marketing

Content Marketing
Content marketing bertanggung jawab merancang strategi konten di berbagai platform - Unsplash

Prospek kerja ilmu komunikasi berikutnya adalah sebagai content marketing. Seorang content marketing bertanggung jawab untuk mengawasi konten perusahaan yang akan ditampilkan kepada audiens mereka. Konten yang dimaksud dapat berbentuk seperti artikel, video, infografis, maupun podcast. Mereka bekerja untuk membuat strategi konten di berbagai platform termasuk situs web, blog, dan media sosial untuk memperluas komunikasi perusahaan dalam rangka mencapai tujuan pemasaran tertentu seperti meningkatkan kunjungan atau pembelian produk.

6. Digital Marketing

Digital Marketing
Saat ini posisi digital marketing banyak dicari oleh perusahaan - Unsplash

Pakar digital marketing atau pemasaran digital bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran dan periklanan secara online. Tugas mereka antara lain membuat rencana konten, media sosial, desain situs perusahaan, dan lain sebagainya, untuk memenuhi tujuan pemasaran dan mencapai KPI perusahaan.

Baca juga: 12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif

7. Copywriter

Copywriter
Copywriter mengerjakan seluruh materi tulisan untuk keperluan pemasaran - Unsplash

Copywriter bertanggung jawab untuk menulis segala keperluan pemasaran dengan cara yang menarik bagi audiens atau target market perusahaan. Setiap copywriter juga memiliki spesialisasi masing-masing, seperti menulis untuk blog, kampanye iklan atau slogan perusahaan, surel pemasaran, brosur, dan sebagainya.

8. Event Planner

Event Planner
Event planner memegang peranan penting untuk memastikan jalannya acara - Unsplash

Acara yang sukses membutuhkan konsep yang menarik dan promosi yang efektif untuk mendatangkan massa. Prospek kerja ilmu komunikasi memiliki posisi yang baik dalam hal ini untuk menganalisis preferensi calon konsumen serta mengemas acara dengan ide-ide segar yang menyenangkan. Lulusan ilmu komunikasi juga memiliki kemampuan untuk memikirkan rencana dengan detail. Cara berpikir yang terstruktur tersebut dapat membantu mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan oleh penyelenggara acara maupun partisipan.

Prospek kerja ilmu komunikasi tidak hanya terbatas pada posisi yang sudah dituliskan dalam artikel ini. Untuk tahu lebih detail mengenai berbagai kesempatan kerja atau penawaran karier lulusan ilmu komunikasi, silakan langsung daftarkan dirimu dan buat akun di EKRUT. Semua prospek kerja ilmu komunikasi juga akan membutuhkan kemampuan public speaking yang baik. Jadi, persiapkan dan asah terus kemampuanmu melalui video di bawah ini agar mampu bersaing di dunia kerja, ya!

sign up EKRUT

Sumber: 

  • thebalancecareers.com
  • indeed.com

Tags

Share