Published on

jobs

Contoh business plan dan poin penting yang harus diperhatikan

Tsalis Annisa

contoh-business-plan-EKRUT.jpg

Business plan yang matang merupakan hal penting dalam merintis usaha yang bisa membantu meminimalisir kerugian. Perencanaan bisnis juga berperan sebagai panduan dalam mengembangkan usaha, sehingga tiap langkah atau keputusan yang diambil lebih terstruktur.

Terdapat berbagai macam perencanaan bisnis yang bisa diaplikasikan ke usaha kamu. Agar proses pembuatan business plan berjalan lancar, perhatikan contoh dan poin pentingnya di artikel ini.

Mengenal business plan dan fungsinya

mengenal business plan - EKRUT
Business plan penting bagi perusahaan - EKRUT

Business plan merupakan dokumen yang memuat rangkuman operasional dan keuangan dalam memulai usaha. Perencanaan bisnis dapat membantu pengusaha mencapai goals dengan lebih lancar karena tidak harus membuang-buang waktu dan uang untuk melakukan rencana yang belum pasti.

Dengan menggunakan business plan maka risiko pun akan semakin minim dan lebih siap dalam menghadapi masalah. 

Menetapkan fokus bisnis merupakan fungsi utama dari business plan. Rencana ini meliputi goals atau pencapaian beserta langkah-langkah terperinci untuk meraihnya. Proses pembuatan ini akan membantu menentukan fokus bisnis dan mengembangkannya. 

Fungsi lain yang sangat penting dari business plan adalah untuk mendapatkan pendanaan. Pendanaan tersebut dapat berasal dari investor, bank, atau peminjam lainnya. Sebelum berinvestasi, tentu mereka ingin tahu bagaimana kamu menjalankan bisnis, revenue yang didapatkan, dan keuntungan yang akan diterima.

Business plan yang baik juga dapat membantu kamu untuk menarik karyawan yang bertalenta. Semakin berkembangnya perusahaan, tentu kamu membutuhkan tenaga ahli. 

Baca juga: Mengenal apa itu bisnis franchise dan ragamnya

Poin penting dalam membuat business plan

poin penting business plan - EKRUT
Terdapat poin penting dalam pembuatan business plan - EKRUT

Terdapat beberapa poin penting dalam membuat business plan sebelum mengaplikasikannya pada usaha kamu.

  • Lakukan penelitian terhadap market sebelum membuat business plan. Seberapa besar dan cepat pertumbuhanya, juga perkembangannya di masa datang. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah meneliti pesaing di bidang yang sama.
  • Uji coba ide yang akan dikembangkan juga merupakan poin penting. Jangan terburu-buru dalam merilis bisnis kamu, proses uji coba ini berpengaruh terhadap perkembangan produk.
  • Presentasikan rencana bisnis ke seluruh karyawan, dengan begitu kamu akan mendapatkan feedback untuk mematangkan business plan. Agar perusahaan dapat mencapai kesuksesan, semua karyawan harus mengetahui dinamika dari perencanaan bisnis. 
  • Buatlah rencana bisnis secara spesifik dan detail, hindari membuat dokumen dengan kata-kata yang berlebihan. Kamu bisa menambahkan infografik dan gambar untuk memperjelas rencana.

Cara membuat business plan

cara membuat business plan - EKRUT
Business plan dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan - EKRUT

Pengusaha memiliki kelonggaran dalam membuat garis besar business plan. Rencana tersebut dapat dibuat dengan sederhana atau kompleks, dengan menambahkan detail apapun yang tentunya akan berguna.

Cara membuat business plan tentunya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan perusahaan. Akan tetapi, secara umum business plan mencakup:

  • Gambaran umum
  • Deskripsi perusahaan
  • Produk/Jasa
  • Analisis pasar
  • Analisis kompetitif
  • Rencana Manajeman
  • Rencana Operasional
  • Tim Manajeman
  • Rencana Keuangan

Business plan bisa saja berubah seiring berjalannya usaha karena berbagai faktor seperti perubahan pasar atau berkembangnya produk.

Baca juga: 10 Tahap membuat Marketing Plan yang efisien untuk bisnis

Contoh business plan

contoh business plan - EKRUT
Business plan memiliki beberapa tipe - EKRUT

Terdapat berbagai macam contoh business plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang kamu miliki. 

Contoh business plan sederhana

Business plan sederhana hanya berisi format umum saja, seperti deskripsi perusahaan, produk, analisis pasar, rencana operasional, dan rencana keuangan. Rencana bisnis ini cukup kalau kamu memiliki usaha yang tergolong kecil dan pendanaan yang tidak begitu besar.

Contoh business plan startup

contoh business plan startup - EKRUT
Business plan startup lebih ringkas dan cepat dalam proses pembuatannya - EKRUT

Business plan startup memang kurang umum digunakan, akan tetapi masih menggunakan struktur standard. Rencana ini lebih fokus dalam menyimpulkan poin-poin atau faktor pentingnya saja. 

Rencana bisnis ini biasanya lebih cepat dan ringkas dalam proses pembuatannya. Tetapi, kemungkinan besar investor akan menanyakan informasi tambahan.

Baca juga: 8 Cara membuat startup yang sukses dan terus berkembang

Contoh business plan lengkap

contoh business plan lengkap - EKRUT
Business plan startup dapat lebih menarik investor - EKRUT

Business plan lengkap merupakan contoh yang paling umum digunakan, selain menggunakan struktur standard juga terdapat penjelasan detail dalam setiap bagiannya. Rencana ini membutuhkan waktu pembuatan yang lebih lama. 

Selain detail, rencana ini memiliki cakupan yang lebih luas. Sehingga para investor biasanya menyukai atau meminta rencana bisnis tipe ini.

Business plan memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usahamu. Selain bisa membuatnya sendiri, kamu bisa menggunakan jasa business planner atau mencari template secara online. Semoga berhasil, ya!

Rekomendasi video: 

daftar EKRUT

Sumber:

  • sba.gov
  • businessnewsdaily.com
  • score.org
  • thebalancesmb.com

Tags

Share