Published on

Careers

Contoh cover letter bahasa inggris lengkap dengan caranya

Tsalis Annisa

contoh-cover-letter-bahasa-inggris-EKRUT.jpg

Cover letter merupakan salah satu dokumen selain CV yang juga diperlukan pada saat kamu melamar pekerjaan. Surat tersebut berisikan penjelasan kenapa kamu memenuhi kualifikasi untuk pekerjaan tersebut.

Umumnya cover letter dibuat dengan menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris. Agar kamu dapat menyusunnya dengan baik, perhatikan contoh cover letter bahasa inggris berikut ini.

Pentingnya cover letter

pentingnya cover letter - EKRUT
Cover letter merupakan komponen penting pada saat melamar pekerjaan - EKRUT

Beberapa perusahaan sangat menghargai cover letter, surat tersebut juga memberikan kesan pertama pada tiap kandidat yang melamar pekerjaan di perusahaan mereka. 

Cover letter memberikan informasi kepada perekrut mengenai kemampuan dan pengalaman yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang dilamar beserta alasan kenapa kamu tertarik bekerja dengan perusahaan tersebut.

Cover letter turut menampilkan kepribadianmu yang dapat membantu untuk membangun hubungan dengan perusahaan. Kamu dapat menjelaskan pencapaian yang paling berarti selama berkarier secara profesional beserta alasannya.

Dengan begitu, kamu menekankan hal apa yang membuat tempat kerja menjadi lebih bermakna. Sehingga perekrut dapat menilai, apakah kepribadianmu cocok dengan culture perusahaan. Cover letter yang ditulis dengan baik dapat membantumu untuk lebih menonjol dari kandidat lain.

Baca juga: 7 Masalah melamar pekerjaan dan cara mengatasinya

Cara membuat cover letter bahasa inggris

cara membuat cover letter bahasa inggris - EKRUT
Terdapat beberapa poin penting dalam pembuatan cover letter bahasa inggris - EKRUT

Membuat cover letter dalam bahasa Inggris tidaklah sulit apabila kamu mengetahui poin-poin pentingnya. Untuk membantu mempermudah dalam proses pembuatannya, berikut poin yang harus ada dalam cover letter:

  • Menggunakan cover letter header yang profesional. Didalamnya berisi kontak pribadi, berupa nama, nomor telepon, dan alamat email. Sebutkan pula tanggal, nama perekrut atau HRD manager, dan nama perusahaan beserta alamatnya.
  • Greeting atau salutation. Menggunakan sapaan yang tepat merupakan salah satu strategi agar surat kamu mendapatkan perhatian dari perekrut. Sebisa mungkin kamu harus mencari tahu kepada siapa surat ditujukan secara spesifik. Apabila tidak  diketahui bisa menggunakan Dear Hiring Manager.
  • Paragraf pertama atau pembuka. Paragraf ini merupakan penentu apakah perekrut akan terus membaca cover letter kamu sampai akhir. Sehingga kamu harus membuatnya semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian dari perekrut.
  • Paragraf kedua. Berikan penjelasan kenapa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang tersedia pada perusahaan tersebut. Sampaikan juga mengenai pengalamanmu sebelumnya yang dapat membantu perusahaan di masa datang.
  • Paragraf ketiga. Dalam paragraf ini kamu bisa menunjukkan kenapa kamu menginginkan posisi ini. Tunjukkan antusiasme dan passion pada saat menulisnya sehingga perekrut merasa yakin bahwa kamu menginginkan posisi tersebut.
  • Paragraf penutup. Sampaikan bahwa kamu siap untuk dihubungi kembali untuk berdiskusi mengenai kemampuan dan pengalamanmu. Pada bagian akhir kamu dapat menaruh sincerely, thank you, best regards, dan lainnya. Jangan lupa untuk menaruh nama lengkap di bawahnya.

Baca juga: 7 contoh cover letter dan tips agar dilirik HRD

Contoh cover letter bahasa inggris profesional untuk umum

contoh cover letter bahasa inggris untuk umum - EKRUT
Cover letter berisikan kualifikasi kandidat saat melamar pekerjaan - EKRUT

Secara umum, cover letter berisikan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki. Pastikan untuk menekankan kedua hal tersebut, serta informasi tambahan lainnya. Berikut merupakan contoh cover letter profesional untuk umum.

Contoh cover letter bahasa inggris untuk magang

contoh cover letter untuk magang - EKRUT
Cover letter yang digunakan untuk magang juga menggunakan format profesional - EKRUT

Pada cover letter  untuk magang,  sebutkan secara spesifik posisi yang kamu inginkan. Sebutkan pula pengalaman yang kamu miliki baik di kampus maupun luar kampus, juga nilai akademis. Sama halnya dengan cover letter pada umumnya, format yang digunakan juga harus profesional. Di bawah ini merupakan contoh cover letter untuk pelajar yang ingin magang.

Contoh cover letter bahasa inggris untuk fresh graduate

contoh cover letter fresh graduate - EKRUT
Tonjolkan kemampuan pada saat menjadi mahasiswa pada cover letter - EKRUT

Untuk cover letter fresh graduate, sampaikan pengalaman yang kamu lakukan saat kuliah, seperti magang atau volunteer. Sebutkan pula background akademis. Tonjolkan soft skill yang kamu miliki, misalnya manajemen, komunikasi, atau public speaking. Berikut adalah contoh cover letter untuk fresh graduate.

Cover letter merupakan first impression perekrut terhadap kandidat dan menjadi salah satu penentu lancarnya proses melamar pekerjaan. Sehingga kamu harus membuatnya dengan baik tanpa melupakan komponen-komponen yang harus ada pada cover letter.

Selain itu, yang harus dihindari adalah menulisnya dengan bertele-tele. Menulis dengan singkat dan to the point adalah salah satu kunci keberhasilan menulis cover letter. Semoga berhasil, ya!

daftar EKRUT

Rekomendasi video: 

Sumber:

Tags

Share