Media

6 Contoh cover letter ini bantu kamu sukses menarik perhatian HRD
By Tsalis Annisa - 9 April 2019
7 min read 31975 Views

Cover letter seharusnya bisa mencerminkan kemampuanmu, beserta pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu ambil. Tapi sayangnya, seringkali para calon pegawai tak menunjukkan hal tersebut dengan tepat di dalam cover letter.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tahu bagaimana cover letter yang menarik dengan melihat 6 contoh cover letter di bawah ini.

Contoh cover letter untuk pekerja paruh waktu atau part-time

Bila kamu ingin melamar pekerjaan paruh waktu, kamu disarankan menyebutkan beberapa hal penting di cover letter. Pasalnya, hal ini akan mempermudah proses seleksi, dan tentunya  usahamu ini akan diapresiasi oleh perekrut.

Contoh cover letter pekerja part time


Contoh cover letter untuk magang

Tak banyak perbedaan antara cover letter untuk melamar magang dan pekerjaan penuh waktu. Namun, kamu tetap harus fokus pada kebutuhan perusahaan akan karyawan magang.

Cantumkanlah beberapa hal yang dapat kamu kontribusikan bagi perusahaan bila kamu diterima. Berikut ini adalah contoh cover letter magang yang bisa menjadi referensimu.

Contoh cover letter untuk fresh graduate

Sebagai lulusan baru, umumnya tak banyak pengalaman bekerja yang kamu miliki. Karena itu, cover letter yang kamu buat sebaiknya berfokus pada kemampuan-kemampuanmu, dan pengetahuanmu seputar perusahaan yang kamu lamar.

Jika kamu memiliki pengalaman kerja selama masa kuliah, tentu hal ini dapat menjadi nilai lebih dan penting untuk kamu cantumkan juga. Berikut ini adalah contoh cover letter untuk fresh graduate.

Contoh cover letter jika kamu ingin berganti pekerjaan

Bila kamu berencana untuk berganti pekerjaan, tentu pengalamanmu di tempat kerja sebelumnya tak begitu relevan. Karena itu, kamu disarankan untuk menyatakan alasanmu berganti pekerjaan beserta kemampuan apa yang kamu tawarkan untuk perusahaan yang akan kamu lamar.

Berikut ini adalah contoh cover letter yang bisa menjadi referensimu

Baca juga: Hati-hati, 5 kesalahan membuat cover letter ini ancam kariermu

Contoh cover letter jika kamu sedang tidak bekerja

Sedang tidak bekerja atau mengganggur bukan berarti kamu tidak punya kesempatan untuk berkembang. Paham bagaimana cara membuat cover letter yang baik dapat membantumu mendapatkan pekerjaan baru.

Cobalah untuk menyebutkan dengan jujur mengapa kamu berhenti atau diberhentikan dari pekerjaan sebelumnya. Jika kamu melakukan kesalahan di tempat kamu bekerja sebelumnya, cobalah untuk mengakuinya. Kejujuranmu ini mungkin dapat memberikan nilai tambah untuk kamu.

Tapi ingat, meski menyebutkan alasan kamu berhenti atau diberhentikan, kamu tetap perlu memberikan alasan mengapa kamu tetap berhak untuk berkembang di tempat kerja yang baru. Di bawah ini adalah contoh cover letter sebagai referensimu.

Klik di sini untuk melihat contoh cover letter sebagai referensimu

Mendapat referensi? begini cara mencantumkannya di dalam cover letter

Jika kamu mendapatkan referensi dari seseorang yang bekerja di perusahaan yang kamu lamar, kamu juga perlu mencantumkannya. Secara umum, kamu perlu membahas orang tersebut di paragraf pembuka untuk mendapatkan perhatian perekrut yang sudah mengenal pemberi referensimu. Di bawah ini adalah contoh cover letter jika kamu mendapatkan referensi.

Cara mengirim lamaran lewat email

Setelah mengetahui cara membuat cover letter yang baik, penting bagimu untuk tahu bagaimana cara mengirim lamaran lewat email yang benar. Bila kamu melihat tulisan “submit your cover letter and resume via email”, bukan berarti kamu bisa mengirim cover letter begitu saja.

Kamu tetap perlu memberikan usaha lebih agar bisa diterima di perusahaan. Dengan begitu, perusahaan tentu akan melihatmu sebagai calon karyawan yang gigih. Jangan lupa juga untuk tetap berikan penjelasan yang jelas dan ringkas mengenai posisi yang sedang kamu lamar di bagian body email.

Berikut ini adalah contoh cara mengirim lamaran lewat email.

 

Dalam melamar pekerjaan, selain pengalaman kerja, bagaimana kamu mengirimkan surat atau email lamaran juga memiliki penilaian tersendiri bagi perekrut. Oleh karena itu, pastikan kamu memerhatikan beberapa hal seperti pada contoh cover letter di atas.

Nah, untuk lebih mempermudah kamu dalam mendapatkan pekerjaan tanpa perlu repot menyusun cover letter, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Cukup daftar dengan menggunakan akun LinkedIn, dan mengisi data diri, pekerjaan yang sesuai akan langsung menghampirimu tanpa perlu melamar ke sana-kemari.

Cari kerja tidak melulu harus kerja keras!

cover letter - EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

Tags: lamaran kerja, karier, contoh cover letter

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang