Published on

Careers

5 Contoh CV kreatif untuk pekerja profesional

Tsalis Annisa

contoh_membuat_cv_kreatif_-__EKRUT.jpg

CV merupakan gerbang pertama kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian. Tapi, sayangnya, karena rekruter akan menerima puluhan hingga ratusan CV per harinya, mereka tidak punya banyak waktu untuk melihat CV kamu. Itu sebabnya, kamu perlu membuat CV kamu perlu terlihat menarik.

Salah satu cara membuat CV kamu lebih menarik adalah dengan membuat CV kreatif. Bagaimana contoh CV kreatif yang menarik dan cara membuatnya? Pahami ulasan berikut ini, yuk!

Poin penting dalam curriculum vitae

poin penting cv kreatif - EKRUT
Pastikan kamu tahu apa saja yang harus ada di dalam CV kamu - EKRUT

Sebelum membuat CV yang kreatif, kamu juga perlu mempertimbangkan konten apa saja yang harus ada dalam CV kreatif kamu. CV yang baik perlu memasukkan hal-hal ini:

Kontak

Ini bagian paling penting. Jangan sampai usaha kamu membuat CV kreatif menjadi sia-sia, karena rekruter tidak tahu harus menghubungi kamu kemana. Pada bagian kontak dan informasi, cantumkan nama lengkap, email, nomor telepon yang aktif, profil LinkedIn. Kamu juga bisa menambahkan link portofolio atau media sosial jika kamu aktif.

Personal statement

Buatlah deskripsi diri yang singkat, padat dan jelas agar rekruter mendapatkan sedikit gambaran tentang dirimu. 

Pengalaman kerja

Pada bagian pengalaman kerja, cantumkan pengalaman kerja yang relevan dan diurutkan dari pengalaman yang paling terbaru. Pengalaman kerja pada CV meliputi; nama posisi, nama perusahaan, tahun kerja, maksimal 5 poin dari job description dan pencapaian, metrics yang bisa menjadi tolak ukur pencapaian kamu.

Pendidikan

Hal penting yang perlu kamu cantumkan di bagian pendidikan adalah tahun lulus, gelar dan institusi pendidikanmu. Tidak wajib untuk menyertakan IPK, kecuali, perusahaan yang kamu lamar memang mensyaratkan IPK tertentu.

Kemampuan

Cantumkan 4-8 skills yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jangan lupa untuk mengklasifikasikan soft skills dan hard skills. Lalu, berikat indikator seberapa besar kemampuan kamu. Akan lebih baik lagi, jika kamu juga memberikan bukti dari label indikator tersebut.

Contohnya: 
SEO - Expert
Menaikkan traffic organic sebanyak 50% dalam 6 bulan.

Cara membuat CV kreatif

cara membuat cv kreatif - EKRUT
Tarik perhatian rekruter dengan CV kreatif dalam waktu singkat - EKRUT

Supaya CV kreatif kamu benar-benar terlihat menarik di mata rekruter, kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut dalam pembuatannya;

Pastikan CV kreatif cocok untuk pekerjaan yang kamu lamar

Tidak semua pekerjaan membutuhkan CV kreatif. Bagi kamu yang ingin bekerja di bidang kreatif, tentunya CV semacam ini akan dibutuhkan.

Sebaliknya, jika kamu melamar pekerjaan di posisi admin atau customer service, belum tentu CV kreatif akan menarik bagi rekruter. Nah, jika posisi yang kamu lamar tidak memungkinkan untuk CV kreatif, kamu bisa fokus pada konten CV, seperti pengalaman kerja dan pencapaian.

Gunakan font yang sesuai

Pikirkan dengan matang font yang enak dilihat dan cocok dengan karakter CV yang ingin kamu sampaikan. Terlebih jika kamu memang bekerja di bidang kreatif, misalnya sebagai desainer, kamu bisa menarik perhatian rekruter dengan memakai font yang sedang trend. Jangan lupa, pastikan font terbaca dan simple.

Merancang konten CV

Tentunya, CV kreatif bukan jaminan untuk kamu lolos ke tahap selanjutnya. Konten CV tetap berperan penting! Nah, sebaiknya, kamu kumpulkan dulu berbagai elemen seperti pengalaman, penghargaan, personal statement dan lainnya. Lalu, petakan bagaimana agar mereka menarik secara visual.

Menyesuaikan warna

Secara tidak langsung, warna dapat memberikan gambaran tentang kepribadian kamu. Selain itu, sentuhan warna juga dapat menimbulkan ketertarikan secara lebih personal. Jadi, pilihlah warna-warna dengan bijak. Kamu juga bisa mempelajari psikologi warna supaya lebih yakin.

Letakkan hal-hal yang penting di bagian atas

Bagian atas CV merupakan bagian pertama yang paling mungkin dibaca oleh rekruter. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Buatlah kalimat yang menarik dan letakkan susun pada bagian atas format CV.

Hati-hati dalam membuat CV yang “out of the box”

Kamu mungkin sering melihat berbagai contoh CV kreatif yang unik seperti dengan menggunakan kartu, poster atau benda unik lainnya. Nah, sebelum memutuskan membuat CV kreatif semacam ini, pastikan kamu tidak terlihat berlebihan. 

Kamu juga bisa mencari tahu dulu, siapa yang kira-kira akan menerima CV kamu supaya bisa mengetahui selera mereka.

5 Contoh CV kreatif

contoh membuat cv kreatif - EKRUT
Pilih CV kreatif yang sesuai dengan kebutuhanmu - EKRUT

Ada berbagai tipe CV kreatif yang bisa kamu coba sesuai kebutuhan dan ketentuan pekerjaan yang kamu lamar. Berikut beberapa contohnya;

Contoh CV kreatif 1

Kamu bisa mencoba tipe CV infografis. Dalam satu halaman, kamu bisa menjelaskan diri kamu dengan desain infografis yang menarik.

Contoh CV kreatif 2

Kamu bisa mencoba CV kreatif yang lebih clean dan simple seperti menggunakan warna hitam dan putih. Walaupun minimal dalam warna, tapi tatanan layout yang tepat dapat membuat CV kamu menarik.

Baca juga: 9 Website untuk membuat CV yang menarik 

Contoh CV kreatif 3

Supaya lebih menarik, kamu juga bisa mencoba tipe CV kreatif seperti video. Kamu cukup merekam diri kamu dan menjelaskannya semenarik mungkin. Pada kesempatan kali ini, kemampuan pitching kamu juga bisa dipakai.

Contoh CV kreatif 4

Untuk kamu yang melamar pekerjaan sebagai software engineer atau yang berhubungan dengan desain, contoh CV kreatif berupa website seperti ini juga bisa kamu coba.

Contoh CV kreatif 5

Nah, selain itu, kamu juga bisa mencoba CV yang unik seperti menggunakan benda tertentu. 

Bsca juga: 5 Cara membuat CV di Canva dengan mudah

Setelah memahami cara dan contoh-contoh di atas, sekarang saatnya kamu mulai membuat CV kreatif sesuai kemampuan dan bidang yang kamu lamar. Untuk menambah informasi kamu terkait tips pembuatan CV, kamu juga bisa menonton video pada tautan berikut. 

Semoga berhasil!

Sumber: 

  • medium.com
  • creativeblog.com
  • zety.com

Tags

Share