Published on

Careers

12 Website membuat CV yang menarik dan profesional 2021

Maria Tri Handayani

membuat-cv-yang-menarik---EKRUT.jpg

Tidak bisa dipungkiri, membuat CV yang menarik menjadi salah satu cara jitu yang bisa kamu lakukan agar dilirik perekrut. 

Pasalnya, karena banyaknya lamaran pekerjaan yang diterima, perekrut terkadang hanya dapat memindai CV secara singkat. Itu sebabnya penting bagi kamu untuk membuat CV yang dapat langsung menarik perhatian perekrut sejak kali pertama dilihat.

Lagipula, dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, membuat CV yang menarik tidak sesusah dulu karena ada beragam situs yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat CV yang menarik seperti deretan situs berikut ini. 

Baca juga: Kesalahan membuat portofolio yang harus dihindari

Pentingnya CV dalam proses melamar pekerjaan

Pentingnya CV dalam proses melamar pekerjaan
Membuat CV yang menarik dilakukan secara jelas dan ringkas.

CV adalah salah satu dokumen primer yang menjadi persyaratan dalam proses rekrutmen pekerjaan. CV digunakan perekrut untuk menyaring kandidat dengan kualifikasi sesuai posisi yang dibutuhkan. Mengingat pentingnya peran CV, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar dapat membuat CV yang menarik perekrut.

Beberapa informasi penting yang perusahaan dapat diketahui melalui CV kandidat meliputi kelebihan dan potensi masing-masing kandidat, menjelaskan dan menunjukkan profesionalisme kandidat melalui pengalaman kerja, serta memperlihatkan ketertarikan dalam suatu bidang baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun diluar pekerjaan.

Informasi-informasi penting di atas sebaiknya ditampilkan secara ringkas dan menarik. Membuat CV yang menarik bagi sebagian orang dianggap tidak mudah, namun juga sebenarnya tidak terlalu susah. Saat ini ada beberapa situs yang menawarkan fasilitas download template CV secara gratis maupun berbayar. Untuk mengetahui website untuk membuat CV yang menarik terbaik 2021, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: 6 Cara membuat portofolio yang mengesankan

12 Website membuat CV terbaik 2021

12 Website membuat CV terbaik 2021
Membuat CV yang menarik dilakukan melalui website yang menyediakan template online.

Bagi kamu yang sedang bingung bagaimana cara membuat CV yang menarik, ada beberapa solusi praktis yang bisa dicoba. Salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas membuat CV yang menarik dengan template yang telah disediakan oleh beberapa situs. Dibawah ini merupakan beberapa situs yang menyediakan fasilitas membuat CV yang menarik secara gratis maupun berbayar. Kamu bisa mulai memperbaiki CV dengan beragam pilihan sesuai dengan preferensi dan bidang pekerjaanmu. Simak 12 website membuat CV terbaik 2021 berikut ini.

1. VisualCV 

membuat cv yang menarik - EKRUT
VisualCV memiliki fitur yang memastikan data dalam CV aman - EKRUT

Tidak hanya dapat menggunakan template atau contoh CV yang ada, pengguna dapat membuat sendiri CV kreatif yang mereka inginkan di website ini. Ada beberapa fitur penunjang lainnya seperti analisis untuk melihat siapa saja yang mengunduh CV kamu, serta fitur feedback yang memungkinkan teman atau mitra kamu memberikan komentar atas CV yang kamu buat. 

VisualCV juga menawarkan opsi privasi yang memastikan data-data dalam CV tetap aman. Meski begitu perlu diingat, ada batasan penggunaan fitur di website ini berdasarkan versi berbayar atau gratis. Misalnya untuk penggunaan secara gratis kamu hanya bisa membuat dan mengunduh CV sebanyak satu kali. Sementara versi berbayar kamu bisa membuat, dan mengunduh CV tanpa batas.

2. Enhancv 

membuat cv yang menarik - EKRUT
Beberapa situs pembuat CV juga menyediakan fitur untuk membuat portofolio - EKRUT

Dengan antarmuka yang intuitif kamu bisa langsung merancang CV yang bisa dipersonalisasi sendiri di Enhancv. Selain membuat CV kreatif, kamu juga bisa menggunakan fitur yang tersedia untuk mendapatkan masukan dari teman-teman. Keunggulan lain dari website ini adalah kamu dapat mendapatkan tips dan contoh untuk membuat desain CV menjadi lebih mudah. 

Enhancv sendiri adalah website membuat CV yang berbayar, ya. Kamu dapat menguji fiturnya secara gratis selama 7 hari namun setelah itu kamu diharuskan membayar untuk berlangganan. 

Baca juga: Mitos dan tips cara membuat CV yang menarik

3. Canva

membuat CV yang menarik - EKRUT
Meskipun tersedia template CV, ada baiknya kamu tetap memberikan penyesuaian kembali - EKRUT

Tidak hanya sebagai tools desain grafis, Canva juga dikenal sebagai website yang dapat digunakan untuk membuat CV yang menarik. Pada situs ini kamu dapat memilih template CV yang ada lalu menggantinya dengan informasi yang kamu inginkan. Selain menyediakan template CV, Canva juga memungkinkan penggunanya untuk membuat CV kreatif berdasarkan selera masing-masing dengan menambahkan elemen lain ke dalam CV seperti bentuk dan gambar khusus lain.

Meskipun untuk menggunakan semua fitur secara maksimal kamu harus berlangganan, namun versi gratis dari Canva sudah sangat cukup untuk kamu manfaatkan dalam membuat CV kreatif yang kamu mau. 

4. Resumonk 

membuat cv yang menarik - EKRUT
Dengan menggunakan situs-situs ini membuat CV dapat dilakukan dengan cepat - EKRUT

CV yang menarik tidak harus selalu ramai dan penuh warna. Bila kamu termasuk orang yang sependapat dengan pernyataan tersebut, maka website ini cocok untuk kamu coba.Situs ini menawarkan kemudahan dalam membuat CV. Kamu hanya cukup memilih template yang diinginkan lalu masukan detail informasi yang benar ke dalamnya.   

Membuat CV di Resumonk terbilang cepat. Kamu dapat menghubungkan profil LinkedIn sehingga informasi penting terkait latar belakang pekerjaan dapat langsung terisi.  Meski begitu jika ingin mendapat akses tak terbatas ke koleksi template CV profesional yang mereka punya kamu tetap dapat membeli akses berlangganan sebelumnya. 

5. Zety

membuat cv yang menarik - EKRUT
Ubahlah font, warna hingga format agar cv lebih menarik - EKRUT

Zety adalah website untuk membuat CV lainnya yang bisa kamu coba. Meski jumlah template yang ditawarkan pada versi gratisnya terbatas, namun kamu dapat menyesuaikan CV tersebut sesuai selera. Kamu dapat mengubah font, warna, hingga format lebih mudah. Setelah membuat CV kreatif sesuai selera di Zety, kamu dapat mengunduhnya atau membuat URL unik agar CV tersebut tersedia secara online.

Baca juga: 6 Rekomendasi website membuat portofolio online

6ResumeGenius 

membuat cv yang menarik - EKRUT
Pada beberapa situs, informasi pada CV akan otomatis terisi setelah menjawab beberapa pertanyaan - EKRUT

Jika kamu ingin membuat CV yang menarik dengan cepat, maka ResumeGenius bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu coba. Kamu hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan dan informasi tersebut akan langsung ditambahkan secara otomatis ke CV tersebut. Situs ini juga terbilang ramah pengguna sehingga mudah digunakan..

7. KickResume

membuat cv yang menarik - EKRUT
Menggunakan template CV akan membantu terutama bila kamu baru pertama kali membuat CV - EKRUT

Kick Resume adalah situs pembuat CV lainnya yang menawarkan versi gratis dan berbayar. Apapun versi yang akan kamu gunakan, kamu tetap harus membuat akun terlebih dahulu agar dapat menggunakan fiturnya dalam membuat CV. Website ini cocok digunakan terutama bila kamu baru pertama kali membuat CV karena banyak template dari CV orang-orang yang bisa kamu coba berdasarkan industri pekerjaan yang beragam. 

Selain ada template CV, kamu juga dapat menemukan template untuk surat pengantar hingga resume pada situs ini. Tentunya akan ada lebih banyak template yang bisa kamu jadikan inspirasi bila menggunakan versi berbayar. 

Baca juga: Fresh Grads, ayo buat CV pertama Anda!

8. CakeResume 

membuat cv yang menarik - EKRUT
Perhatikan tata letak isi dari CV kamu - EKRUT

Situs yang satu ini juga menawarkan kemudahan untuk kamu yang ingin membuat CV yang menarik lewat antarmuka yang ramah pengguna. Kamu dapat menyesuaikan tata letak CV dengan cara yang kamu inginkan. Ada pula beberapa desain template yang bisa kamu gunakan, mulai dari yang kreatif hingga yang profesional. Kamu juga dapat langsung membagikan CV yang kamu buat di situs ini langsung secara online. 

Agar kamu dapat membuat CV lebih dari satu jenis, kamu harus memilih paket yang berbayar. Dalam paket berbayar kamu juga dapat melacak CV tersebut via Google Analytics ketika menaruhnya pada situs pribadi. 

9. Novoresume

membuat cv yang menarik - EKRUT
Optimalkan CV yang kamu buat dengan memperhatikan kualitas isi dan desain yang menarik - EKRUT

Novoresume dapat kamu gunakan bila ingin membuat CV secara optimal. Selain itu website ini cocok digunakan untuk kamu yang baru memulai mencari kerja pertama kali atau sedang mencari pekerjaan dengan cepat. Novoresume menyediakan template online yang secara otomatis akan mengoptimalkan semua konten CV agar selaras dan terorganisir. 

Saat CV kamu dianggap belum optimal, maka  fitur pada website ini adalah memberikan revisi yang disarankan untuk meningkatkan kualitas CV yang sedang kamu buat. Selain itu kelebihan dari website ini adalah  desain template yang ditawarkan di dalamnya sudah disesaikan dengan jenis pekerjaan yang berbeda. 

Baca juga: 4 Alasan kenapa mencari kerja dengan kirim CV tidak efektif lagi

10. Resume.com

Resume.com
Cara membuat CV yang menarik dapat dilakukan melalui situs Resume.com - EKRUT

Situs berikutnya adalah Resume.com yang menyediakan beragam template untuk membuat CV yang menarik. Pengguna dapat mengedit dan membuat CV yang menarik secara online dan dapat diunduh dengan beragam format dokumen. Beberapa contoh template CV yang disediakan meliputi template CV standar atau basic, profesional, hingga CV untuk bidang kreatif.

Kelebihan lain dari situs ini adalah selain menyediakan template CV, disini kamu juga dapat menemukan referensi membuat dokumen lain sebagai penunjang melamar pekerjaan seperti cover letter. Selain itu, terdapat beberapa tips seperti bagaimana melakukan interview yang baik hingga tips mendapatkan pekerjaan lainnya.

11. Indeed

Indeed
Portal pencari kerja Indeed juga menyediakan fasilitas membuat CV yang menarik - EKRUT

Sebagai salah satu portal pencarian kerja, Indeed juga menyediakan fasilitas untuk membuat CV yang menarik. Dalam situsnya, kamu bisa memilih beragam template CV yang tersedia mulai dari CV profesional hingga CV untuk bidang pekerjaan kreatif.

Cara membuat CV yang menarik melalui Indeed juga cukup mudah. Pertama kamu diharuskan memilih template CV yang disukai, kemudian ikuti instruksi berikutnya dimana kamu dapat memasukkan beragam informasi seperti pengalaman kerja hingga kontak pribadi. Jika sudah selesai, kamu bisa mendownloadnya dengan beragam jenis tipe dokumen.

12. Coolfreecv.com

Coolfreecv.com
Template CV dari Coolfreecv.com dapat digunakan secara gratis - EKRUT

Situs terakhir adalah Coolfreecv.com yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV yang profesional. Situs ini cukup sederhana namun menyediakan beragam template jenis CV yang menarik. Berbeda dengan situs lain yang proses pembuatannya dilakukan secara online, Coolfreecv.com hanya menyediakan template CV yang dapat diedit secara offline. Setelah mengunduh template CV, kamu bisa langsung mengeditnya melalui aplikasi edit dokumen seperti Microsoft word. Template CV di situs ini dapat diunduh tanpa perlu mendaftar dan tersedia secara gratis.

Tips membuat CV yang menarik

Tips membuat CV yang menarik
Gunakan font yang profesional untuk membuat CV yang menarik - EKRUT

Saat ini sudah sangat banyak informasi terkait cara membuat CV yang menarik yang bisa kamu temukan di Internet. Namun banyaknya informasi ini, biasanya menjadikan kamu bingung dan ingin mengaplikasikan semua tips tersebut ke CV yang dibuat. Padahal membuat CV yang menarik perlu disesuaikan dengan latar belakang dan jenis pekerjaan yang akan kamu lamar. Jadi tips pertama membuat CV yang menarik adalah personalisasikan CV sesuai bidang pekerjaan dan lowongan yang kamu lamar.

Tips berikutnya adalah pastikan informasi yang akan dijelaskan di CV seperti pengalaman kerja, kualifikasi, dan pencapaian sebelumnya disajikan secara jelas dan ringkas. Hindari membuat CV yang penuh dengan kalimat dan penjelasan yang panjang dan tidak efisien. Salah satu cara agar CV terlihat lebih ringkas dan jelas, cantumkan pengalaman yang relevan dan terbaru. Tips ini bisa diaplikasikan bagi para kandidat yang telah memiliki banyak pengalaman kerja.

Selain isi dari CV, elemen penting lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis dan ukuran font, serta desain dari CV. Jika kamu berencana melamar pekerjaan diluar bidang kreatif, pilihlah jenis font yang umum dan profesional digunakan seperti Arial, Calibri, Georgia, dan beberapa font lain yang mudah dibaca. Ukuran font juga jangan terlalu kecil maupun besar, ukuran font yang dianjurkan antara 10-12 points. Sedangkan untuk desain, sebaiknya memilih warna yang netral seperti putih dan turunan warna yang tidak terlalu vibran.

Itu dia 9 website untuk membuat CV yang menarik. Meski keberadaan situs-situs ini akan memudahkanmu dalam membuat CV, pastikan agar CV yang kamu buat tidak sekedar cantik dipandang mata. Kamu harus tetap menerapkan cara membuat CV yang menarik dengan memperhatikan kualitas konten yang ada di dalamnya. 

Bila kamu tidak ingin repot, kamu juga bisa mendaftarkan diri seperti talent marketplace seperti EKRUT. Alasannya, di EKRUT kamu dapat mendapatkan pekerjaan yang diimpikan tanpa perlu menyebarkan resume atau CV. 

sign up EKRUT

Tags

Share