Lainnya

Contoh Motto Hidup beserta Penjelasannya yang Bisa Menginspirasimu

Published on
Min read
6 min read
time-icon
pexels-sergey-zhumaev-2577706.jpg

Hidup adalah anugerah dari Sang Pencipta terhadap manusia. Dalam menjalani hidup mungkin kamu pernah merasakan semangat yang naik turun, bahkan mungkin juga pernah merasa kehilangan arah dalam hidup. Apalagi di usia yang beranjak dewasa, ketika kita harus memutuskan jalan hidup sendiri dan tidak bergantung lagi dengan orang tua.

Maka dari itu, kamu perlu memiliki sebuah prinsip yang akan menjadi peganganmu dalam menjalani hidup. Prinsip tersebut dinamakan motto hidup. Lalu, seperti apa contoh motto hidup itu? Pada artikel kali ini akan dibahas tentang motto hidup, mulai dari pengertian, alasan kamu perlu motto hidup, hingga contohnya. Jadi, mari simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu motto hidup?


Motto hidup adalah sebuah ungkapan yang menggambarkan pedoman hidup seseorang (sumber: pexels)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, moto atau motto adalah kalimat, frasa, atau kata yang digunakan sebagai semboyan, pedoman, atau prinsip. Motto hidup berarti sebuah ungkapan, baik dalam kata, frasa, atau kalimat, yang menggambarkan pedoman hidup seseorang.

Pada pengertian lain, motto hidup adalah kata-kata yang memberimu arti tentang arah hidup, identitasi, dan tujuan hidup. Motto hidup harus beresonansi dengan keyakinan hidupmu dan harus memberikan semangat ketika kamu membacanya. Biasanya, motto hidup dibuat dalam kalimat singkat agar mudah diingat dan dipahami.

Baca juga: 12 Mindset orang sukses yang menginspirasi dan perlu kamu miliki

Alasan mengapa kamu perlu motto hidup


Salah satu alasan harus punya motto hidup adalah bisa menenangkan hidup (sumber: pexels)

Motto hidup bukan hanya sekadar kata-kata indah yang dirangkai sedemikian rupa. Ketika kamu sudah meyakini dan berpegang pada motto hidupmu itu, ia akan memberikan kekuatan dan motivasi pada dirimu. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa kamu perlu memiliki motto hidup, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Motto hidup dapat menggantikan pemikiran destruktif dengan self-talk yang sehat. Misalnya, kita kamu sudah merasa bahwa kamu tidak bisa menyelesaikan tanggung jawabmu, maka dengan mengingat kembali motto hidupmu, kamu akan kembali berusaha semaksimal mungkin.
  • Motto hidup bisa mengubah kebiasaanmu. Misalnya, ketika kamu memiliki motto hidup untuk hidup sehat di usia tua nanti, secara tidak langsung akan men-trigger-mu untuk menjalankan pola hidup yang sehat sejak muda.
  • Motto hidup bisa mengingatkanmu tentang siapa dirimu dan apa yang diperjuangkan, sehingga apa pun yang akan kamu kerjakan, kamu tidak akan kehilangan arah dan sekadar mengikuti arus.
  • Motto hidup dapat menggerakkan hati nuranimu, mengingatkanmu terhadap nilai-nilaimu, dan bahkan mengajarkan kekuatan karakter.
  • Motto hidup dapat memberikan suntikan inspirasi yang menguatkan. Misalnya, ketika kamu sedang terpuruk, motto hidup yang kamu miliki dapat menguatkanmu dan tetap berjuang untuk bertahap.
  • Motto hidup bisa menenangkan pikiranmu. Terkadang, mungkin kamu merasa insecure dan overthinking dengan kehidupanmu, tetapi berpegang teguh pada motto hidup bisa mengurangi perasaan-perasaan itu.
  • Motto hidup bisa meningkatkan produktivitasmu, karena bisa menjadi motivasi dalam menjalani hidup.
  • Motto hidup dapat menambahkan kesenangan, kegembiraan, dan humor dalam hidup.

Baca juga: 9 Motivasi Kerja Ini Dapat Membantu Kamu Kembali Produktif dan Menginspirasi

20 Contoh motto hidup beserta penjelasannya


Banyak contoh motto hidup dari orang-orang terkenal yang bisa dipegang (sumber: pexels)

Motto hidup bisa dibuat sendiri karena itu bersifat personal dan menggambarkan prinsip pribadi. Namun, tidak ada salahnya jika kita melihat dan terinspirasi oleh motto hidup orang lain, apalagi jika mereka adalah orang-orang besar dan sukses. Berikut ini 20 contoh motto hidup beserta penjelasannya yang bisa menginspirasi.

1. “No one can make you feel inferior without your consent.” —Eleanor Roosevelt

Motto hidup dari mantan ibu negara Amerika Serikat itu dalam bahasa Indonesia berarti “Tidak ada yang bisa membuatmu merasa rendah diri tanpa persetujuanmu.” Artinya, orang lain tidak bisa membuatmu merasa rendah diri, kecuali jika dirimu sendiri yang merasa rendah diri. Dengan kata lain, kamu tidak akan terpengaruh oleh ucapan orang lain.

2. “The woman who follows the crowd will usually go no further than the crowd. The woman who walks alone is likely to find herself in places no one has been before.” —Albert Einstein

Motto hidup dari Albert Einstein ini ditujukan untuk para wanita yang berarti “Wanita yang mengikuti orang banyak biasanya tidak akan melangkah lebih jauh dari mereka. Wanita yang berjalan sendirian kemungkinan akan menemukan dirinya di tempat yang belum pernah dikunjungi siapapun.” Motto tersebut bermakna bagi wanita untuk menjadi seseorang yang independen dan mandiri.

3. “The truth will set you free, but first it will piss you off.” —Gloria Steinem

Motto hidup dari seorang jurnalis asal Amerika yang berarti “Kebenaran akan membebaskanmu, tetapi pertama-tama itu akan membuatmu kesal.” Motto tersebut bermakna untuk tetap teguh menyampaikan kebenaran, meskipun awalnya akan membuat kesal atau sulit untuk diungkapkan.

4. “Life’s too mysterious to take too serious.” —Mary Engelbreit

Motto hidup dari seorang artis asal Amerika Serikat tersebut berarti “Hidup terlalu misterius untuk dianggap terlalu serius.” Motto hidup tersebut bermakna untuk tidak terlalu serius dan menganggap beban dalam menjalani kehidupan yang misterius ini, hingga kamu lupa untuk bahagia dan menikmati hidup.

5. “Love all, trust a few, do wrong to none.” —William Shakespare

Motto hidup selanjutnya dari seorang dramawan Inggris yang berarti “Cintai semua, percaya sedikit, jangan lakukan kesalahan pada siapapun.” Artinya, motto hidup Shakespeare adalah bisa mencintai semua hal, semua orang, tanpa membencinya, tetapi sedikit percaya terhadap sesuatu agar tidak banyak kecewa.

6. “Now that I knew fear, I also knew it was not permanent. As powerful as it was, its grip on me would loosen. It would pass." —Louise Erdrich, The Round House

Motto hidup dari seorang penulis novel, Louise Erdrich ini berarti “Sekarang setelah aku tahu rasa takut, aku juga tahu itu tidak permanen. Sekuat apapun cengkramannya padaku, ia akan mengendur.” Artinya, apa pun yang kamu takutkan, itu tidak abadi. Maka dari itu, kamu harus berani melawannya, karena cepat atau lambat, ketakutanmu akan hilang.

7. “It is possible to commit no mistakes and still lose. That is not a weakness. That is life.” —David Kemper, Star Trek: The Next Generation

Selanjutnya adalah motto hidup dari seorang screenwriter, bernama David Kemper yang artinya “Adalah mungkin untuk melakukan kesalahan dan tetap kalah. Itu bukan kelemahan. Itulah hidup.” Motto ini menggambarkan untuk tidak apa-apa jika kamu tetap kalah atau gagal setelah melakukan semua hal tanpa kesalahan, karena itu semua mungkin dalam kehidupan dan kita tidak akan selalu menang.

8. “Comparison is the thief of joy.” —Theodore Roosevelt

Motto hidup dari presiden Amerika Serikat ke-26 ini berarti “Perbandingan adalah pencuri kebahagiaan.” Motto hidup ini berarti bahwa kamu tidak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain, karena itu hanya akan membuatmu tidak bahagia dan insecure.

9. “You can be the ripest, juiciest peach in the world and there's still going to be someone who hates peaches.” —Dita Von Teese

Motto hidup dari seorang aktris bernama Dita Von Teese ini berarti “Kamu bisa menjadi buah persik yang paling matang dan paling berair di dunia dan masih akan ada seseorang yang membenci buah persik.” Motto hidup ini menunjukkan bahwa kamu tidak akan pernah disukai semua orang, meskipun kamu berprestasi secemerlang apa pun. Jadi, jangan berusaha untuk membahagiakan semua orang, tetapi lakukan saja semaksimal yang kamu bisa dan tetap buat dirimu bahagia.

10. “You may not control all the events that happen to you, but you can decide not to be reduced by them.” —Maya Angelou

Selanjutnya adalah motto hidup dari aktivis HAM beranam Maya Angelou yang artinya “Kamu mungkin tidak bisa mengontrol semua peristiwa yang terjadi padamu, tetapi kamu bisa memutuskan untuk tidak dikurangi olehnya.” Maksudnya adalah bahwa kamu tidak akan bisa mengontrol faktor eksternal yang terjadi padamu, yang bisa kamu lakukan adalah memutuskan bahwa itu akan berpengaruh atau tidak pada hidupmu.

Baca juga: 7 Rekomendasi buku motivasi yang bikin semangat

11. “Be happy for this moment. This moment is your life.” —Omar Khayyam

Motto hidup selanjutnya adalah dari seorang Matematikawan Muslim, Omar Khayyam. Artinya, “Berbahagialah untuk saat ini. Saat ini adalah hidupmu.” Motto hidup tersebut bermakna untuk menikmati masa sekarang, karena kamu hidup dan terjadi adalah masa sekarang, bukan masa lalu atau masa depan, sehingga kamu perlu menikmatinya dengan bahagia.

12. “We have a choice...to live or to exist.” —Harry Styles

Selanjutnya motto hidup dari seorang penyanyi bernama Harry Styles yang artinya “Kita punya pilihan…untuk hidup atau ada.” Motto hidup tersebut memberi makna bahwa selalu ada alasan agar kamu tetap hidup, seberat apapun cobaan yang diterima, kamu tetap pantas untuk hidup.

13. “Life is what happens to you while you're busy making other plans.” —John Lennon

Selanjutnya adalah motto hidup dari vokalis band The Beatles, John Lennon, yang berarti “Hidup adalah apa yang terjadi padamu saat kamu sibuk membuat rencana lain.” Motto hidup tersebut bermakna bahwa kamu tidak boleh terlalu fokus dengan rencana di masa depan, sedangkan hidup yang berjalan saat ini tidak dinikmati.

14. “We accept the love we think we deserve.” —Stephen Chbosky, The Perks of Being a Wallflower

Motto hidup selanjutnya adalah dari Stephen Chbosky, seorang screenwriter, yang artinya “Kita menerima cinta yang menurut kita, kita layak mendapatkannya.” Motto hidup itu bermakna bahwa kamu akan mendapatkan cinta dan kasih sayang ketika kamu layak mendapatkannya, sehingga kamu akan berusaha menjadi pantas untuk mendapatkannya.

15. “There is no sadder sight than a young pessimist.” —Mark Twain

Motto hidup selanjutnya berasal dari seorang penulis bernama Mark Twain, yang artinya “Tidak ada pemandangan yang lebih menyedihkan daripada seorang pesimis muda.” Motto hidup tersebut bermakna bahwa sebagai seorang pemuda, kamu harus memiliki rasa optimis yang tinggi, karena jika tidak, itu ada hal yang menyedihkan.

16. “Ever tried. Ever failed. No matter. Try again. Fail again. Fail better.” —Samuel Beckett, Worstward Ho

Selanjutnya motto hidup dari seorang penulis bernama Samuel Beckett, yang artinya “Pernah mencoba. Pernah gagal. Tidak masalah. Coba lagi. Gagal lagi. Gagal lebih baik.” Motto hidup itu berarti bahwa tidak apa-apa gagal ketika mencoba sesuatu, karena lebih baik gagal daripada tidak pernah mencoba sama sekali.

17. “Doubt kills more dreams than failure ever will.” —Suzy Kassem, Rise Up and Salute the Sun

Selanjutnya motto hidup dari seorang penulis, bernama Suzy Kassem yang berarti “Keraguan membunuh lebih banyak mimpi daripada kegagalan.” Motto hidup ini bermakna bahwa kamu harus berani untuk meraih mimpimu. Tidak apa-apa jika hasilnya gagal, daripada ragu untuk tidak pernah mencobanya sama sekali.

18. “Be fearless in the pursuit of what sets your soul on fire.” —Jennifer Lee

Motto hidup selanjutnya dari seorang filmmaker bernama Jennifer Lee yang artinya “Jangan takut dalam mengejar apa yang membuat jiwamu terbakar.” Motto hidup itu bermakna bahwa kamu harus berani untuk mengejar mimpimu, jangan takut untuk mencobanya.

19. “Tomorrow is always fresh, with no mistakes in it yet.” —L. M. Montgomery, Anne of Green Gables

Selanjutnya adalah motto hidup dari seorang penulis, L. M. Montgomery yang artinya “besok selalu segar, belum ada kesalahan di dalamnya.” Motto hidup ini berarti bahwa kamu harus selalu optimis dengan hari esok, karena hari esok selalu menjadi hari baru yang tidak ada kesalahan di dalamnya.

20. “We are what we repeatedly do. Excellence, then, is not an act, but a habit.” —Aristotle

Contoh motto hidup yang terakhir adalah dari filsuf legendaris bernama Aristoteles, yang artinya “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali. Jadi, keunggulan bukanlah tindakan, tetapi kebiasaan.” Motto hidup ini menunjukkan bahwa keunggulan yang kamu miliki saat ini berasal dari kebiasaan, bukan sekadar tindakan. Jadi, jika kamu ingin unggul dalam suatu hal, jadikan itu sebagai kebiasaan.

Baca juga: Kumpulan quotes inspirasi karir untuk motivasi diri

Itulah pembahasan tentang motto hidup, mulai dari pengertian, pentingnya, hingga contoh motto hidup. Motto hidup merupakan hal yang penting dalam hidup, karena dapat menjadi pegangan dan motivasi dalam menjalani hidup. Jadi, tetap berpegang teguhlah pada motto hidup yang sudah kamu miliki.

Demikian artikel EKRUT Media, dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • buzzfeed.com
  • minimalism.com
  • psychologytoday.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video