Published on

Careers

12 Mindset orang sukses yang menginspirasi dan perlu kamu miliki

Natasya Primatyassari

mindset-orang-sukses---EKRUT.jpg

Jika ingin mencapai kesuksesan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki dan mengembangkan mindset atau pola pikir yang tepat. Pasalnya, pola pikir yang tepat tidak hanya mempengaruhi caramu melihat dunia, tapi juga membentuk respon dan tindakan bahkan yang tidak kamu sadari. Agar kamu dapat mengembangkan pola pikir yang tepat, kenali dan kembangkan deretan mindset orang sukses berikut ini.

1. Growth mindset

mindset orang sukses - EKRUT
Growth mindset akan membantumu untuk terus mengembangkan diri - EKRUT

Salah satu mindset orang sukses yang harus kamu kembangkan adalah growth mindsetGrowth mindset adalah pola pikir yang didasarkan pada gagasan bahwa kualitas diri dapat dikembangkan sesuai dengan upaya yang kamu keluarkan. Artinya kamu bisa terus bertumbuh melalui pengalaman dan latihan. Mindset orang sukses ini memungkinkan kamu untuk bermimpi besar dan mendorong batas-batas ide ke tingkat yang baru. Beberapa cara untuk menumbuhkan dan mengembangkan growth mindset adalah:

  • Mengakui kegagalan. Alih-alih melihat kegagalan ini sebagai hal yang negatif, kamu harus menganggapnya sebagai hal yang positif dan bahan pembelanjaran. Lihatlah bahwa setiap orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan dalam perjalanannya.
  • Teruslah belajar. Orang-orang dengan growth mindset akan aktif mencari peluang belajar yang dapat mendukungnya mencapai kesuksesan yang diinginkan.
  • Cari tantangan. Tantangan adalah peluang yang mendorong kamu tumbuh dan maju menuju tujuan.
  • Lampaui batas. Dorong diri melampaui apa yang selama ini kamu pikir dapat lakukan.
  • Minta umpan balik. Kritik bukanlah hal yang harus dihindari. Orang dengan growth mindset akan terbuka dan menghargai setiap umpan balik yang diterima. Ingat, tujuan utama mindset orang sukses ini adalah pengembangan diri.

2. Visioner

mindset orang sukses - EKRUT
Mengetahui tujuan jangka panjang akan membantumu menentukan langkah - EKRUT

Kamu akan kesulitan mencapai tujuan jika tidak mengetahui arah yang ingin kamu capai. Itu sebabnya salah satu mindset orang sukses yang harus kamu miliki adalah menjadi visioner. Tentukan visi kesuksesan jangka panjang, baru tetapkan strategi dan tujuan jangka pendek. Dengan menumbuhkan pola pikir visioner, kamu dapat menjaga motivasi dan upaya yang diberikan agar tetap selaras dengan tujuan.

Baca juga: 7 Tips sukses merancang rencana karier untuk masa depanmu

3. Berpikir positif

mindset orang sukses - EKRUT
Pola pikir positif akan memandumu memaknai kesuksesan - EKRUT

Orang yang optimis terbukti lebih bahagia dan lebih sukses dibanding mereka yang pesimis. Itu sebabnya cobalah untuk membangun cara berpikir positif sebagai salah satu mindset orang sukses. Perhatikan bahwa berpikir positif disini juga berarti kamu tetap realistis akan tujuan dan hasil, ya. Cara berpikir positif akan memandumu dalam segala hal termasuk memaknai kesuksesan. Sebab, kesuksesan tidak otomatis membawa kebahagiaan. Perlu cara berpikir positif agar kamu bisa merasa bahagia dan terpenuhi.

4. Berani mengambil risiko 

mindset orang sukses - EKRUT
Berani mengambil risiko berarti kamu siap menghadapi kemungkinan kegagalan - EKRUT

Berani mengambil risiko adalah contoh mindset orang sukses lainnya yang perlu kamu miliki. Dengan memiliki pola pikir ini, kamu pun membuka potensi dan peluang untuk mendorong karier ke arah kesuksesan. Sebab, tidak ada yang tahu sejauh mana kamu bisa melangkah jika kamu tidak berani mengambil risiko melangkah, kan? Berani mengambil risiko juga berarti bahwa kamu akan siap mengadapi kemungkinan kegagalan yang bisa jadi kamu temui di tengah jalan.

5. Gigih

mindset orang sukses - EKRUT
Kegigihan menjadi kunci kesuksesan banyak orang - EKRUT

Memiliki kemampuan saja tidak cukup untuk mencapai kesuksesan. Kamu juga harus memiliki mindset untuk selalu gigih.  
Kunci dari kegigihan atau keteguhan adalah dengan memiliki misi dan nilai yang kamu pegang kuat. Kegigihan terbukti menjadi salah satu kualitas yang mendorong kesukesan seseorang. Lihat bagaimana kisah-kisah orang sukses dunia menunjukkan kegigihan mereka membangun kesuksesan dari nol.

Baca juga: 8 Tips pengembangan karir untuk kesuksesan di masa depan

6. Rasa ingin tahu

mindset orang sukses - EKRUT
Rasa ingin tahu untuk selalu belajar akan membantumu meraih kesuksesan - EKRUT

Mindset orang sukses lainnya yang harus kamu tiru adalah rasa ingin tahu. Dengan memiliki rasa ingin tahu kamu akan selalu haus untuk belajar. Pola pikir ini akan menjadi kunci agar kamu bisa terus berkembang dan melampaui hambatan dalam diri.

7. Mengenal dan menjadi diri sendiri

mindset orang sukses - EKRUT
Mengenali kemampuan diri menjadi hal yang penting bagi kesuksesanmu - EKRUT

Orang-orang sukses mengerti siapa mereka. Mereka tahu tujuan dan impian mereka, begitu pula nilai yang mereka junjung, serta kemampuan yang mereka miliki. Mereka tidak akan mencoba menjadi seseorang yang bukan mereka. Menerapkan mindset orang sukses ini akan membantumu lebih bahagia dan puas.

8. Memiliki target dan mengejarnya


Mindset orang sukses tidak hanya menetapkan tujuan, tetapi juga cara mencapainya - Unsplash

Tak hanya menetapkan tujuan, mindset orang sukses juga dipenuhi dengan cara mewujudkan tujuan tersebut. Mereka terus-menerus bekerja dan membuat perubahan yang mendekatkan dengan mimpinya. Memiliki target tertentu juga dapat menuntun kamu untuk berefleksi setiap hari, “Apa yang ingin saya capai? Apa yang dapat saya lakukan untuk menggerakkan saya menuju target yang saya inginkan?”.

9. Mengapresiasi kesuksesan orang lain


Tumbuhkan rasa syukur dan belajar mengapresiasi keberhasilan orang lain - Pexels

Memelihara perasaan benci atau kesal dengan kesuksesan orang lain hanya menghambatmu mencapai tingkat kesuksesan yang diinginkan. Dengan menumbuhkan rasa syukur, juga mengakui dan mengapresiasi kesuksesan orang lain akan membantu kamu menghindari perasaan iri, dendam, dan memungkinkan kamu untuk fokus pada hal-hal positif yang telah dicapai.

10. Berani mengambil keputusan


Orang sukses berani mengambil keputusan dan berkomitmen dengan pilihan yang diambil - Pexels

Orang sukses mampu membuat keputusan dengan cekatan. Mereka tidak berasumsi atau menebak-nebak dengan pikirannya sendiri. Mereka mengambil informasi yang dibutuhkan, kemudian menjernihkan pikiran mereka dan memilih opsi terbaik berdasarkan apa yang mereka ketahui. Jika ternyata salah, mereka dapat belajar dari hal tersebut.

11. Mendengarkan intuisi


Mendengarkan intuisi dapat membantumu menemukan petunjuk - Pexels

Jika kamu terus menebak-nebak setiap keputusan yang dibuat, kamu tidak akan pernah menyelesaikan apa pun. Terlalu banyak berpikir justru dapat mengakibatkan proses destruktif dan berpotensi menghancurkan karier karena selalu mengingat masa lalu. Berhentilah membiarkan otakmu mengendalikan pikiran dan tindakan. Ambil alih dan mulailah bertindak berdasarkan naluri. Dalam kebanyakan kasus, mendengarkan intuisi dapat membantu menunjukkan arah yang benar.

12. Melihat kegagalan sebagai langkah kesuksesan


Mindset orang sukses melihat kegagalan sebagai langkah menuju keberhasilan - Freepik

Mindset orang sukses tidak akan berlarut-larut dalam kegagalan. Mereka melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk memulai lagi dengan lebih cerdas. Mereka tahu bahwa kegagalan bukanlah satu-satunya peristiwa yang menentukan dan mereka tidak memperlakukannya sebagai masalah. Mereka menyikapi keberhasilan seolah-olah sudah terbiasa dan menganggap kegagalan seolah-olah sedang menikmati tantangan.

Itulah beberapa contoh mindset orang sukses yang bisa kamu tiru dan terapkan dalam diri. Ingatlah bahwa pola pikir yang tepat akan membantumu melewati tantangan dalam mencapai kesuksesan yang kamu inginkan. Untuk mendapatkan informasi penting lainnya seputar dunia kerja, kamu bisa mengakses laman dan sign up di EKRUT. Selain itu, kamu juga bisa dihubungkan dengan berbagai perusahaan jika melakukan registrasi, lho.

sign up EKRUT

Sumber:

  • forbes.com
  • entrepreneur.com
  • thriveglobal.com
  • inc.com 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    h1_a.jpg

    Careers

    Pengertian Kalimat Transitif dan Intransitif beserta Perbedaan dan Contohnya

    Tio Derma

    12 August 2022
    5 min read
    H1_relationship_manager_adalah.jpg

    Careers

    Relationship Manager: Definisi, Tugas, Tanggung Jawab, Skill-set, dan Jenisnya [2022]

    Alvina Vivian

    11 August 2022
    7 min read
    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    11 August 2022
    6 min read

    Video