Published on

Careers

7 Mindset orang sukses yang harus kamu miliki

Maria Tri Handayani

mindset-orang-sukses---EKRUT.jpg

Jika ingin mencapai kesuksesan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki dan mengembangkan mindset atau pola pikir yang tepat. Pasalnya, pola pikir yang tepat tidak hanya mempengaruhi caramu melihat dunia, tapi juga membentuk respon dan tindakan bahkan yang tidak kamu sadari. 

Agar kamu dapat mengembangkan pola pikir yang tepat, kenali dan kembangkan deretan mindset orang sukses berikut ini. 

1. Growth mindset 

mindset orang sukses - EKRUT
Growth mindset akan membantumu untuk terus mengembangkan diri - EKRUT

Salah satu mindset orang sukses yang harus kamu kembangkan adalah growth mindset. 

Growth mindset adalah pola pikir yang didasarkan pada gagasan bahwa kualitas diri dapat dikembangkan sesuai dengan upaya yang kamu keluarkan. Artinya kamu bisa terus bertumbuh melalui pengalaman dan latihan. 

Mindset orang sukses ini memungkinkan kamu untuk bermimpi besar dan mendorong batas-batas ide ke tingkat yang baru. 

Beberapa cara untuk menumbuhkan dan mengembangkan growth mindset adalah:

  • Mengakui kegagalan. Alih-alih melihat kegagalan ini sebagai hal yang negatif, kamu harus menganggapnya sebagai hal yang positif dan bahan pembelanjaran. Lihatlah bahwa setiap orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan dalam perjalanannya. 
  • Teruslah belajar. Orang-orang dengan growth mindset akan aktif mencari peluang belajar yang dapat mendukungnya mencapai kesuksesan yang diinginkan. 
  • Cari tantangan. Tantangan adalah peluang yang mendorong kamu tumbuh dan maju menuju tujuan. 
  • Lampaui batas. Dorong diri melampaui apa yang selama ini kamu pikir dapat lakukan. 
  • Minta umpan balik. Kritik bukanlah hal yang harus dihindari. Orang dengan growth mindset akan terbuka dan menghargai setiap umpan balik yang diterima. Ingat, tujuan utama mindset orang sukses ini adalah pengembangan diri.

2. Visioner

mindset orang sukses - EKRUT
Mengetahui tujuan jangka panjang akan membantumu menentukan langkah - EKRUT

Kamu akan kesulitan mencapai tujuan jika tidak mengetahui arah yang ingin kamu capai. Itu sebabnya salah satu mindset orang sukses yang harus kamu miliki adalah menjadi visioner. 

Tentukan visi kesuksesan jangka panjang, baru tetapkan strategi dan tujuan jangka pendek. Dengan menumbuhkan pola pikir visioner, kamu dapat menjaga motivasi dan upaya yang diberikan agar tetap selaras dengan tujuan. 

Baca juga: 7 Tips sukses merancang rencana karier untuk masa depanmu

3. Berpikir positif 

mindset orang sukses - EKRUT
Pola pikir positif akan memandumu memaknai kesuksesan - EKRUT

Orang yang optimis terbukti lebih bahagia dan lebih sukses dibanding mereka yang pesimis. Itu sebabnya cobalah untuk membangun cara berpikir positif sebagai salah satu mindset orang sukses. Perhatikan bahwa berpikir positif disini juga berarti kamu tetap realistis akan tujuan dan hasil ya. 

Cara berpikir positif akan memandumu dalam segala hal termasuk memaknai kesuksesan. Sebab, kesuksesan tidak otomatis membawa kebahagiaan. Perlu cara berpikir positif agar kamu bisa merasa bahagia dan terpenuhi. 

4. Berani mengambil risiko 

mindset orang sukses - EKRUT
Berani mengambil risiko berarti kamu siap menghadapi kemungkinan kegagalan - EKRUT

Berani mengambil risiko adalah contoh mindset orang sukses lainnya yang perlu kamu miliki. Dengan memiliki pola pikir ini, kamu pun membuka potensi dan peluang untuk mendorong karier ke arah kesuksesan.

Sebab, tidak ada yang tahu sejauh mana kamu bisa melangkah jika kamu tidak berani mengambil risiko melangkah, kan? Berani mengambil risiko juga berarti bahwa kamu akan siap mengadapi kemungkinan kegagalan yang bisa jadi kamu temui di tengah jalan. 

5. Gigih

mindset orang sukses - EKRUT
Kegigihan menjadi kunci kesuksesan banyak orang - EKRUT

Memiliki kemampuan saja tidak cukup untuk mencapai kesuksesan. Kamu juga harus memiliki mindset untuk selalu gigih.  

Kunci dari kegigihan atau keteguhan adalah dengan memiliki misi dan nilai  yang kamu pegang kuat. Kegigihan terbukti menjadi salah satu kualitas yang mendorong kesukesan seseorang. Lihat bagaimana kisah-kisah orang sukses dunia menunjukkan kegigihan mereka membangun kesuksesan dari nol. 

Baca juga: 8 Tips pengembangan karir untuk kesuksesan di masa depan

6. Rasa ingin tahu 

mindset orang sukses - EKRUT
Rasa ingin tahu untuk selalu belajar akan membantumu meraih kesuksesan - EKRUT

Mindset orang sukses lainnya yang harus kamu tiru adalah rasa ingin tahu. Dengan memiliki rasa ingin tahu kamu akan selalu haus untuk belajar. 

Pola pikir ini akan menjadi kunci agar kamu bisa terus berkembang dan melampaui hambatan dalam diri. 

7. Mengenal dan menjadi diri sendiri 

mindset orang sukses - EKRUT
Mengenali kemampuan diri menjadi hal yang penting bagi kesuksesanmu - EKRUT

Orang-orang sukses mengerti siapa mereka. Mereka tahu tujuan dan impian mereka, begitu pula nilai yang mereka junjung, serta kemampuan yang mereka miliki. 
Mereka tidak akan mencoba menjadi seseorang yang bukan mereka. Menerapkan mindset orang sukses ini akan membantumu lebih bahagia dan puas. 

Itulah beberapa contoh mindset orang sukses yang bisa kamu tiru dan terapkan dalam diri. Ingatlah bahwa pola pikir yang tepat akan membantumu melewati tantangan dalam mencapai kesuksesan yang kamu inginkan. 

mindset orang sukses - EKRUT

Sumber:

  • Forbes.com
  • entrepreneur.com
  • thriveglobal.com


 

Tags

Share