Published on

jobs

Jangan bingung, Ini contoh press release yang baik dan benar

Nur Lella Junaedi

contoh-press-release-EKRUT.jpg

Bingung dalam cara membuat press release sering dialami oleh staf public relation ketika harus menyiarkan informasi tentang perusahaan kepada media atau jurnalis.

Bila kamu pun demikian, kamu bisa melihat contoh press release perusahaan ini sebagai gambaran bagaimana pembuatan siaran pers yang baik dan benar. 

Piramida terbalik dalam penulisan press release 

contoh press release EKRUT 
Umumnya pembuatan press release menggunakan struktur piramida terbalik - EKRUT

Sebelum kamu membuat press release, ketahui dulu bahwa umumnya proses pembuatan press release menggunakan struktur piramida terbalik. 

Piramida terbalik dalam penulisan press release adalah ketika kamu menyampaikan informasi penting di awal paragraf. Lalu menaruh informasi tambahan di paragraf berikutnya dan di paragraf terakhir tinggal menaruh informasi yang dianggap kurang penting.

Kenapa harus piramida terbalik? Sebab informasi siaran pers itu akan kamu berikan kepada jurnalis, di mana mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membaca semua informasi yang kamu berikan. 

Oleh karenanya, untuk menyampaikan esensi dari siaran pers tersebut maka digunakanlah format piramida terbalik ini. Selain itu, format seperti ini juga telah banyak dipakai oleh jurnalis dalam pembuatan berita. 

Apalagi bila melihat hasil riset menunjukkan hanya 10 persen saja pembaca yang membaca berita hingga paragraf terakhir dan kebanyakan 70 persennya membaca paragraf pertama. 

Adapun penjelasan tentang informasi press release dengan struktur piramida terbalik ini yaitu: 

  • Paragraf awal harus melingkupi informasi penting tentang 5W+1H (What, When, Where, Why, Who dan How) yang akan diberitahukan oleh perusahaan kepada jurnalis. 
  • Paragraf kedua, bila tidak semua unsur 5W+1H tersampaikan di paragraf awal, maka sebagiannya lagi bisa kamu masukkan di paragraf kedua disertai dengan kutipan sebagai pendukung press release tersebut.
  • Paragraf ketiga, jelaskan tentang detail produk, fitur produk, keunggulan produk  atau kutipan dari seseorang di perusahaan yang memiliki pengetahuan tentang produk tersebut. 
  • Paragraf keempat, berisi tentang deskripsi bisnis, visi misi bisnis serta dilengkapi dengan informasi kontak media perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga: Begini cara membuat visi misi perusahaan dan contohnya

Contoh press release produk 

contoh press release EKRUT 
Salah satu contoh press release produk adalah saat perusahaan meluncurkan produk baru - EKRUT

Press release produk atau disebut siaran pers peluncuran produk harus menekankan hal yang inovatif dalam produk tersebut. Pasalnya tanpa adanya inovasi akan kurang menarik bagi jurnalis untuk mengangkat press release itu menjadi berita.

Format untuk penulisan press release produk sebenarnya masih sama dengan format siaran pers lainnya. Adapun format press release peluncuran produk adalah sebagai berikut: 

  • Foto atau video produk yang menarik memperlihatkan sisi positif dan keunggulan dari produk tersebut. Bila perlu tambahkan animasi yang relevan sebagai pemanis foto.
  • Judul, yang isinya dibuat semenarik mungkin sehingga menarik perhatian tentang produk yang akan diluncurkan.
  • Dateline, menyertakan tanggal, bulan, dan tahun untuk memberitahukan kepada audiens bahwa produk memang baru. 
  • Lead, berisi tentang gambaran singkat produk termasuk di dalamnya menjawab pertanyaan tentang 5W+1H (What, when, who, where, why dan how). 
  • Isi, menjelaskan informasi tentang produk bagaimana gambaran detailnya, keunggulannya, fiturnya yang dijelaskan dalam bahasa yang padat. 
  • Informasi perusahaan, memberikan informasi tentang perusahaan dan produknya supaya mempermudah jurnalis memahami bidang bisnis perusahaan. 
  • Kontak, berisi tentang nomor kontak bagian public relations perusahaan yang sekiranya bisa dihubungi oleh jurnalis untuk meminta informasi lebih lengkap bila diperlukan. 

Adapun contoh press release produk bisa kamu lihat formatnya di bawah ini: 

XYZ Otomonia hadirkan new City Car 2020 yang makin sporty dan keren 

Jakarta (25/12) - PT XYZ Otomania makin memperkuat posisi ranah otomotif, dengan menghadirkan produk terbaru New City Car yang tampil dengan sporty dan dilengkapi dengan advance features disesuaikan dengan pelanggan di masa kini. 

“New City Car 2020 menjadi salah satu produk penting bagi PT XYZ Otomania karena ini menjadi komitmen untuk menghadirkan varian yang terbaik bagi pelanggan. Kami berharap dengan adanya New City Car 2020 ini semakin mempermudah mobilitas pelanggan di masa kini dan semakin modern mengikuti perkembangan zaman,” ucap VP Director PT XYZ Otomania Agus Sasongko. 

Tampilan sporty City Car 2020 didukung dengan fitur-fitur terbaru yang mengutamakan kenyamanan pelanggan. Terdapat perubahan pada mobil varian ini yang bisa dilihat pada bagian eksterior dengan tambahan New Impressive Design Rear Lamp, New Side Body Moulding, New Front Bumper and Grille Design with Black Chrome Element, New Sporty Alloy Wheel Design dan New Black Paint for Elegant Headlamp with LED Guide. 

Di sisi interior dan fungsi advance feature-nya dilengkapi dengan New AC Central Cluster digital dan memungkinkan New Touch Screen Head Unit yang lebih terasa modern dan compact. 

“Pada dasarnya desain New City Car 2020 ini menjadi jawaban bagaimana kami dari sisi perusahaan ingin menghadirkan produk yang bisa memenuhi mobilitas anak muda serta memberikan kemudahan setiap fitur mobil yang kami hadirkan,” Marketing Director PT XYZ Otomania Daniel Winanta. 

Tentang PT XYZ Otomania
PT XYZ Otomania merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. Dengan memilih jumlah konsumen sebanyak 20 juta pelanggan di Indonesia. Diperkenalkan pada 2010, kini PT XYZ Otomania menjadi pionir industri otomotif di tanah air yang paling inovatif. 

Media Contact 
Danang Gumilang 
Head of Communication PT XYZ Otomania 
Email: danang@xyzotomania.com
Phone: 081234567890

Baca juga: Sering keliru, ternyata ini yang membuat press release menarik

Contoh press release kegiatan 

contoh press release EKRUT 
Dalam press release kegiatan ada beberapa jenis tujuan press release bentuk ini - EKRUT

Meskipun masih termasuk siaran pers, tetapi tujuan dari press release kegiatan ini berbeda dengan press release peluncuran. Ada sekitar empat jenis tujuan press release kegiatan yang harus kamu tahu di antaranya: 

  • Press release kegiatan terbuka yang akan datang dan perusahaan bermaksud mengundang media untuk menjadi audiens. 
  • Press release kegiatan terbuka yang telah terjadi. 
  • Press release kegiatan tertutup yang akan datang dan perusahaan bermaksud mengundang jurnalis atau hanya mengumumkan akan berlangsung saja.
  • Press release kegiatan tertutup yang telah terjadi. 

 Format press release kegiatan hampir sama dengan format contoh press release peluncuran produk di atas. 

Untuk mengetahui contoh press release kegiatan, kamu bisa melihat contohnya di bawah ini dan termasuk dalam jenis press release kegiatan terbuka yang telah terjadi. 

30 Universitas di Prancis hadiri pameran Eduka Fair 2020 yang diadakan oleh Education One di Jakarta 

Jakarta, 24 Desember 2020 - Education One kembali menyelenggarakan pameran Eduka Fair 2020 dan telah bekerja sama dengan 30 Institusi pendidikan terkemuka di Prancis yang bertempat di Smesco Building. Melalui acara ini ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari Jabodetabek antusias mengikuti pameran Eduka Fair 2020 ini.

Banyak pelajar berkonsultasi dengan konsultan pendidikan untuk mengetahui seputar informasi dan persiapan study di Prancis. Selain itu, selama acara berlangsung pelajar dan orang tua juga berkesempatan untuk mengikuti sesi seminar dan workshop dengan tema yang beragam seperti tips mendapatkan beasiswa di Erasmus, tembus beasiswa LPDP BPI hingga cara mendapat Beasiswa Eiffel Excellence Programme. 

Adapun tujuan dari adanya Eduka Fair 2020 ini adalah untuk menjadi sarana bagi pelajar dan orang tua agar mengetahui tentang seluk beluk pendidikan di Prancis yang merupakan salah satu negara dengan tujuan pendidikan paling populer bagi masyarakat Indonesia.

“Kami senang bisa menjadi penghubung antara pelajar Indonesia dengan institusi pendidikan di Prancis melalui Eduka Fair 2020. Dengan ini para pelajar bisa mendapat gambaran tentang pendidikan di Prancis, beasiswa, program study dan biaya hidup di Prancis langsung dari ahlinya. Semoga kegiatan ini bisa terus kami lakukan agar tetap bisa berkontribusi bagi pendidikan Indonesia,” ucap Camille Demitri Direktur Education One. 

Tentang Education One 
Education One merupakan lembaga pendidikan internasional yang memberikan informasi seputar pendidikan di luar negeri bagi para pelajar. Sejak berdiri pada 2010 lalu, Education One telah bekerja sama dengan 110 institusi pendidikan di Eropa dan secara aktif terus mengadakan pameran pendidikan secara rutin bagi para pelajar. 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses website kami di www.educationone.com atau melalui Instagram di @EducationOne. 

Media Kontak 
Shafira Umm
Communication Manager Education One
Email: shafira_umm@educationone.com 
Phone: 081111355500

Jangan lupa untuk menambahkan foto atau video kegiatan dalam press release mu lantaran ini sangat penting sebagai gambar dari berita yang akan dimuat oleh pihak media. 

Nah, melihat contoh press release di atas kini kamu sudah paham membuat press release, kan? Berpedoman pada format atau struktur piramida terbalik tadi, akan memudahkanmu dalam pembuatan press release ini. 

Selamat mencoba.  

contoh press release EKRUT

Sumber: 

  • newswire
  • prowly

Tags

Share